Cara Kerja TKI ke Kuwait Dan Persyaratan Visa Kerja Terbaru 2021




B. Profil Ketenagakerjaan

Peluang Kerja bagi Tenaga Kerja Asing

Jenis Jabatan yang paling dibutuhkan  :

  • Perawat, physiotherapist (sektor kesehatan)
  • Supir bis (sektor transportasi)
  • Technician, Engineer dan Programmer (Sektor Perminyakan, Konstruksi, IT & Komunikasi dan Industri Manufaktur)
  • Waiter, chef, receptionist, housekeeping, bellboy, reservation (sektor hospitality).
  • Persyaratan Jabatan

    Pada umumnya, persyaratan bekerja di Kuwait adalah harus mampu berbahasa Inggris (lebih disukai yang mampu berbahasa Inggris dan Arab), berpengalaman di bidangnya masing-masing.

    Komite tingkat tinggi Pemerintah Kuwait mengusulkan 6 (enam) rekomendasi tentang pembatasan tenaga kerja asing:

    1. Mengurangi jumlah visa pekerja rumah tangga hingga 50 persen.
    2. Mengurangi 25 persen visa untuk perusahaan keamanan yang mendapatkan kontrak pemerintah.
    3. Adanya pembatasan masa kerja antara 10 sampai 20 tahun untuk kategori pekerjaan tertentu dan tidak memberikan hak kepada pekerja asing untuk kembali bekerja di Kuwait.
    4. Mengurangi jumlah visa tenaga kerja asing dengan menerapkan sistem pembaharuan visa tahunan.
    5. Meningkatkan denda pelanggaran residensi.
    6. Ketidakseimbangan struktur penduduk di Kuwait terletak pada kasus tenaga kerja domestik yang bekerja secara illegal.
    7. HETCO Heavy and Specialized Carrier Co. WLL Kuwait membutuhkan 98 (sembilan puluh delapan) orang TKI. Dengan rincian, 5 orang senior truck pusher, 5 orang junior truck pusher, 5 orang road runner, 3 orang pulling truck pusher, 20 orang rigger/labour/swamper, 10 orang crane operator, 5 orang wheel loader operator, 20 orang heavy driver, 10 orang mechanic, 10 orang electrician, dan 5 orang safety officer. Basic salary berkisar antara KD 110 sampai dengan KD 450, dengan memperoleh berbagai fasilitas diantaranya, housing allowance, transportation to & from work site, health insurance, annual leave, air ticket to & from home country, over time dan bonus/incentive.

    Gaji dan Fasilitas

  • Untuk posisi direktur upah terendah terdapat di bidang hospitality/food/ tourism/catering sebesar KD 2500 dan upah tertinggi KD 5417 untuk kategori manajemen dan eksekutif.
  • Untuk posisi manager upah terendah sebesar KD400 untuk perusahaan jasa dan perdagangan sedangkan upah tertinggi sebesar KD 2.950 di sektor konstruksi.
  • Untuk posisi staf/operator terendah sebesar KD120 berdasarkan minimum yang ditetapkan KBRI.
  • Fasilitas yang diberikan tergantung dari kebijaksanaan masing-masing perusahaan, diantaranya free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 (dua) tahun dan memperoleh asuransi kesehatan (sumber informasi dari Brafax Perwakilan RI di Kuwait).
  • Peraturan Ketenagakerjaan 

    – Keberadaan peraturan TKA

    Komite Tingkat Tinggi Kuwait mengusulkan 6 rekomendasi sebagai berikut: mengurangi jumlah visa pekerja rumah tangga hingga 50 persen; mengurangi 25 persen visa untuk perusahaan keamanan yang mendapatkan kontrak pemerintah; pembatasan masa kerja antara 10 sampai 20 tahun untuk kategori pekerjaan tertentu dan tidak memberikan hak untuk kembali bekerja di Kuwait; mengurangi jumlah visa tenaga kerja asing dengan menerapkan sistem pembaharuan visa tahunan; dan meningkatkan denda pelanggaran residensi.

    – Tentang Sistem Visa Kuwait

    1. Pengurusan Visa Kuwait adalah yang terlama dibandingkan negara GCC lainnya.
    2. Pengurusan Visa Kuwait membutuh Calling Visa Asli dari Kuwait dan proses Calling Visa tersebut membutuhkan waktu     1 – 2 bulan sendiri
    3. Pengurusan Visa dilakukan di Kedutaan Kuwait di jakarta, selain calling visa juga dibutuhkan tambahan SKCK sebagai persyaratan pengurusan Visa

    – Ketentuan Khusus

          Untuk tenaga kerja dengan posisi dan keahlian tertentu, umumnya untuk posisi insinyur, dokter, perawat, manager, dokumen berikut ini harus di terjemahkan dalam bahasa Arab dan dilegalisir di Kemenkumham, Kemlu dan Kedutaan Kuwait di Indonesia untuk dibawa ke Kuwait untuk pendaftaran lebih lanjut di Kuwait nantinya, yaitu :

    1. Ijasah Universitas
    2. Surat Tanda Registrasi (STR)

    – Prosedur Penempatan

  • Penerbitan Letter of Offer (surat penawaran kerja) dari pengguna. Setelah lulus seleksi/ test/ wawancara dan diterima oleh pengguna, pengguna akan menerbitkan surat penawaran kerja (letter of Offer). Surat penawaran kerja adalah versi singkat dari kontrak kerja yang berisi informasi dasar penawaran kerja, meliputi gaji, jam kerja, fasilitas kerja (makan, akomodasi, transportasi, asuransi), perhitungan lembur, jenis pekerjaan, lama kontrak dan ketentuan cuti. Durasi waktu adalah 1-7 hari.
  • Pengiriman persyaratan calling visa. PPTKIS mengirimkan scan berwarna paspor melalui email untuk pengurusan calling visa. Durasi waktu adalah 1 hari.
  • Pengurusan calling visa. Pengguna mengurus calling visa di imigrasi Kuwait. Durasi waktu adalah 30-60 hari
  • Pengiriman calling visa. Calling visa asli harus dikirim ke Indonesia untuk diurus visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta. Durasi waktu adalah 7-14 hari.
  • Pengurusan SKCK. Salah satu persyaratan pengurusan visa adlah SKCK. SKCK harus diterjemahkan dalam bahasa Arab, dan dilegalisir di Kemenkumham dan Kemlu. Catatan khusus: tanggal penerbitan SKCK tidak boleh mendahului tanggal penerbitan calling visa Kuwait . Biaya : + Rp. 100.000. Durasi waktu adalah 14-30 hari.
  • Pemeriksaan kesehatan GAMCA. Tenaga kerja melakukan pemeriksaan kesehatan di klinik yang ditunjuk oleh GAMCA. Khusus pemeriksaan di klinik GAMCA di wilayah Jakarta, tenaga kerja mendaftar dulu di kesekretariatan GAMCA di STIKES Binawan Jalan Kalibata untuk diberikan surat pengantar ke klinik GAMCA yang ditunjuk oleh kesekretariatan dalam rangka untuk menghindari monopoli oleh klinik tertentu. Biaya Rp. 1.000.000. Durasi waktu adalah 2-4 hari
  • Pengurusan visa. Dilakukan pengurusan visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta, dengan melengkapi persyaratan paspor asli, calling visa asli dan hasil pemeriksaan kesehatan GAMCA asli, SKCK terjemahan Arab dan terlegalisir, foto 4 x 6 (4 lembar). Biaya visa : Rp. 550.000. Biaya legalisir SKCK Rp. 275.000. Durasi waktu 1-2 hari
  • Pengurusan eKTKLN. Pengurusan KTKLN di BP3TKI/P4TKI setempat dengan membawa persyaratan : visa, letter of offer / employment contract, paspor dan surat sehat dari Puskesmas. Durasi waktu adalah 1 hari
  • Peraturan Keimigrasian

    Visa

  • Tentang Sistem Visa Kuwait
    1. Pengurusan Visa Kuwait adalah yang terlama dibandingkan negara GCC lainnya.
    2. Pengurusan Visa Kuwait membutuh Calling Visa Asli dari Kuwait dan proses Calling Visa tersebut membutuhkan waktu     1 – 2 bulan sendiri
    3. Pengurusan Visa dilakukan di Kedutaan Kuwait di jakarta, selain calling visa juga dibutuhkan tambahan SKCK sebagai persyaratan pengurusan Visa
    4. Pengiriman persyaratan calling visa. PPTKIS mengirimkan scan berwarna paspor melalui email untuk pengurusan calling visa. Durasi waktu adalah 1 hari.
    5. Pengurusan calling visa. Pengguna mengurus calling visa di imigrasi Kuwait . Durasi waktu adalah 30-60 hari
    6. Pengiriman calling visa. Calling visa asli harus dikirim ke Indonesia untuk diurus visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta. Durasi waktu adalah 7-14 hari.
    7. Pengurusan visa. Dilakukan pengurusan visa di Kedutaan Kuwait di Jakarta, dengan melengkapi persyaratan paspor asli, calling visa asli dan hasil pemeriksaan kesehatan GAMCA asli, SKCK terjemahan Arab dan terlegalisir, foto 4 x 6 (4 lembar). Biaya visa : Rp. 550.000. Biaya legalisir SKCK Rp. 275.000. Durasi waktu 1-2 hari

    Informasi pengguna di luar negeri

    1. Dar Al Shifa Kuwait Hospital

    Membutuhkan tenaga homecare dengan gaji kurang lebih KD 200 (kurang lebih pada saat ini Rp. 9 juta), free makanan, free akomodasi, free transport dan free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan bersertifikat diploma dan mampu berbahasa Inggris.

    2. City Group Company (CGC)

    Membutuhkan bus driver untuk membawa bus penumpang untuk wisata, dengan klasifikasi gaji sebagai berikut :

  • Supir yang masih dalam   pelatihan, memperoleh gaji dasar 115 KD, uang laundry 2 KD dan total gaji 117 KD.
  • Supir yang telah mendapatkan SIM Kuwait, memperoleh gaji dasar 115 KD, uang laundry 2 KD, tunjangan kelulusan 15 KD, insentive 150 KD, total gaji 132 KD.
  • Supir yang bertugas setelah memperoleh SIM Kuwait atau setelah bertugas selam 6 bulan, memperoleh gaji dasar 115 KD, insentive diantara 80-150 KD.
  • Selain gaji, supir bis juga memperoleh fasilitas seperti akomodasi, transportasi ked an dari tempat kerja dan subsidi makan, yang disediakan di kantin.
  • 3. Express Medical Service (EMS)

    Membutuhkan nurse dan physiotherapist, dengan gaji pokok KD 180 (kini setara dengan Rp. 8.1 juta), free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan bersertifikat D3 keperawatan, mampu berbahasa Inggris, masa berlaku paspor minimum 3 tahun, pengalaman bekerja 2 tahun dan bersedia menjalani masa percobaan 100 hari.

    4. Mc Donalds, Safir Hotel & Residence, Ibis Hotel, JW Marriot Hotel, Crown Plaza Hotel, Holiday Inn, Jumeirah Hotel and Spa, Movenpick, Tariqh Alghanim Catering. Kesemuanya membutuhkan tenaga kerja, di bidang sales, waiter, chef, receptionist, housekeeping, bellboy, reservation, cook dan waiter, dengan gaji pokok untuk posisi terendah 120 KD (saat ini setara dengan Rp. 5.2 juta), free food, free akomodasi, free transport, free tiket setiap 2 tahun. Persyaratan harus menguasai Bahasa Inggris dan mempunyai pengalaman kerja.

    Informasi Asosiasi Profesi dan Ikatan Asosiasi Profesi Indonesia di negara penempatan

    Informasi Asosiasi Profesi di Indonesia

    1. Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)
    2. Asosiasi Perawat Republik Indonesia (APRI)
    3. Ikatan Perawat Indonesia (IPI)
    4. Asosiasi Perawat Indonesia (API)
    5. Ikatan Sopir Seluruh Indonesia (ISSI)
    6. Persatuan Sopir Truk Indonesia (PSTI)
    7. Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI)
    8. Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI)
    9. Asosiasi Digital Creative Indonesia (ADITIF)
    10. Bali Hotel Association

    Informasi Asosiasi Profesi di Kuwait

    1. Indonesian National Nurses Association in Kuwait (INNA-K)
    2. Emergency Medical Services Ministry of Health Kuwait (EMSIK)

     

    Biaya Hidup

    Biaya hidup di Kuwait tergantung dari gaya hidup masing masing individu. Untuk kebutuhan biaya makanan  sehari hari (makanan dan sayuran) di Kuwait untuk beberapa items memiliki perbedaan cukup jauh, tetapi untuk beberapa bagian justru harga di Kuwait lebih murah di bandingkan dengan di Indonesia.

    Untuk biaya komunikasi, kebanyakan orang memilih untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan Whatsapp atau sejenisnya karena lebih murah, dan pembayarannya hanya dengan bayaran internet bulanan bahkan bisa digunakan untuk melakukan komunikasi Internasional.

    Jika anda tinggal bersama keluarga, maka biaya hidup di Kuwait akan cukup besar dikarenakan beberapa kebutuhan lain untuk keluarga dan anak misalnya pendidikan, perpanjangan visa tahunan untuk keluarga dan tiket cuti ke Indonesia yang harganya cukup tinggi.

    Tidak ada komentar:

    Diberdayakan oleh Blogger.