Itinerary 14 Hari Liburan Di Iran Yang Wajib Di Coba Terbaru 2021 + Biayanya

Ini itinerary saya ke Iran Tenggara di Maret 2014.

Karena saya tidak tertarik kota besar maka saya tidak mengunjungi kota2 yang biasanya menjadi tujuan wisata di Iran (Kota utama: Tehran, Shiraz, Esfahan, Yzad, dan Zeinodin)

Berikut Itinerary 14 Hari Liburan Di Iran Yang Wajib Di Coba Terbaru 2021 + Biayanya :

1. Day 1: Tiba pukul 3 di Shiraz International Airport. Imigrasi dll kemudian langsung ke hotel di tengah kota kurang lebih tiba pukul 5 pagi. Karena belum boleh check in dan saya tidak mau bayar untuk malam itu, saya titip tas kemudian istirahat di ruang tunggu. Pukul 8 saya ikut tour ke Bishapour. Pulang pukul 4 sore kemudian langsung cari SIM card Iran dan juga beli tiket bis malam ke Esfahan untuk esoknya
  2. Day 2: Pukul delapan ikut tur ke Necropolis dan Persopolis sampai pukul 1 kemudian check out dari hotel. Jalan2 di old district dan diundang makan malam oleh seorang wanita Iran yang kenalan di hotel. Pukul 1115 berangkat ke terminal bis. Pukul 1230 bis malam ke Esfahan.
  3. Day 3: Tiba pukul 7 di Esfahan. Sebelumnya beli tiket bis ke Hamedan. Naik taxi ke hotel untuk titip bagasi dan pukul 830 ikut tur ke Abyaneh dan Kashan. Balik ke hotel pukul 8 malam kemudian bertemu dengan salah satu member mountaneering club yang akan mengadakan acara ke Mesr desert di hari ke-4.
  4. Day 4: Pagi hari jalan2 di sekitar Emam Khamenei Square. Pukul 2 berangkat ke tempat berkumpul mountaneering club dan berangkat menuju Mesr. Overnight di Mesr Desert.
  5. Day 5: Trekking di Mesr dan kemudian pulang ke Esfahan. Sampai pukul 930 malam. Kalau mau, bisa langsung naik bis malam pukul 11 malam ke Hamedan tapi saya memutuskan untuk naik bis esok harinya pukul 1030 pagi supaya bisa menikmati pemandangan.
  6. Day 6: Bis ke Hamedan. Tiba pukul 7 malam langsung naik taxi ke hotel.
  7. Day 7: Sewa taxi ke Kermenshah sekaligus untuk mengunjungi lokasi2 wisata di Hamedan dan Kermanshah. Sampai di Kermanshah pukul 730 malam. Tidak ada bis dari Hamedan ke Kermanshah.
  8. Day 8 - Day 9. Rencana awal saya naix taxi ke Sanandaj kemudian sewa taxi ke daerah ini tapi saya menghubungi CS member untuk mengaturkan taxi (karena di daerah ini sulit berbahasa Inggris dan mereka berbahasa Kurdish). CS ini kemudian membantu saya mengaturkan taxi tapi di h-1 dia kemudian menghubungi saya dan bilang hendak ikut nebeng di dalam taxi bersama adiknya. Saya setuju dan bencana dimulai karena jadwal diubah oleh dia semua!
    1. Menurut saya lebih baik ikut jadwal saya semula sebelum diubah CS: Day 8: Kermanshah - Sanandaj kemudian sewa taxi ke Palangan. Overnight di Sanandaj
  9. Day 9: Sewa taxi ke Uramanat Thaght dan Zarivar Lake (sebenarnya danau ini juga tidak terlalu bagus)
    1. Sementara untuk saya lakukan karena mengikuti kehendak CS member yang tidak memberi kesempatan bagi saya untuk bersuara dengan alasan dia lebih tahu dan mempertanyakan keputusan dia berarti mempertanyakan integritas orang Kurdish! (bleh- dan taxi saya bayar penuh sendiri tanpa dia ikut bayar padahal hahaha), maka rute saya Kermanshah - Kamyaran (karena ini kampung halaman dia, jadi saya harus jemput dia, adiknya dan temannya di sini!) kemudian Palangan - Kamyaran (tinggal dengan keluarga sepupu dia). Cukup sewot saya karena supir taxi dia haruskan pulang ke Sanandaj karena tidak boleh tinggal dengan sepupu dia sebab menurut dia mungkin "kasta" kurang bagus. Saya cukup kasihan dengan sang supir, Mr. Raof, apalagi dia diharuskan si CS untuk jemput kami pukul 6 pagi esok harinya.
  10. Day 9: Kamyaran - Uramanat Thaght - Zarivar Lake - Sanandaj. Dari Sanandaj bisa naik bis malam langsung ke Tabriz pukul 930 malam sampai pukul 7 pagi tapi saya tidak keburu mengejar bis ini karena rute yang diberikan si CS mengharuskan kita melewati lokasi yang dia sukai sehingga baru tiba di Sanandaj untuk perjalanan hari itu pukul 9 malam.
  11. Day 10: Raof menawarkan harga yang cukup bagus untuk mengantar ke Tabriz karena anak2nya juga belum pernah ke sana jadi kami seperti shared petrol cost untuk perjalanan 9 jam dan anak2 Raof pandai bahasa Inggris walaupun baru berumur 9 dan 14 tahun. Berangkat dari Tabriz pukul 10 pagi sampai pukul 7 malam.
  12. Day 11: Shared cost petrol ke Jolva bersama 2 orang CS.
  13. Day 12: Ikut acara Land of Volunteers di Tabriz untuk anak2 down syndrome
  14. Day 13: Pagi hari shared cost petrol ke Kandovan bersama 2 orang CS kemudian siangnya saya naik taxi ke Rasht. Sebenarnya ada bis malam dari Tabriz ke Rasht tapi pemandangan dari Tabriz ke Rasht katanya luar biasa indah (dan betul!) sehingga saya rela mengeluarkan extra budget untuk menikmati di siang hari
  15. Day 14: Sewa taxi pagi hari ke Masouleh dan malamnya terbang dari Rasht ke Tehran. Dari bandara domestik langsung transfer ke bandara international untuk pulang di day 15 dini hari pukul 440 pagi.

Catatan:

Untuk taxi harga adalah Riyal3500 - 4000/km. Sebaiknya gunakan taxi kuning. Demi alasan keamanan karena saya single female traveling alone, saya biasanya book dari hotel. Walaupun lebih mahal Riyal 10,000 tapi pihak hotel selalu cek setiap 2 jam sms saya sampai di sana dan juga telepon ke supir setiap jam untuk tanya lokasi.

Untuk sewa taxi/tour seharian (private) harga berkisar USD90 - 120 per taxi. Para turis bule biasanya tawar menawar sampai USD70 tapi supir biasanya akan marah2 dan tidak mau berhenti/menunggu. Karena saya hanya punya waktu sedikit dan juga single female traveling alone, saya menghindari menyinggung perasaan supir. Best for me!

Untuk hotel, saya selalu memilih lokasi di Emam Khamenei Square (tengah kota), single antara USD25 - USD35 - harga peak season karena saya datang saat Noruz tapi bisa ditawar kalau low season (July onwards). Di kota besar seperti Shiraz banyak dorm di lokasi di sekitar stasiun bis sekitar USD9 per bed.

Bis antar kota (ibukota propinsi) harga selalu per kilometer jadi untuk 6 - 7 jam perjalanan biasanya Riyal120 ribu untuk ekonomi (2+2) tanpa AC karena sedang musim dingin termasuk snack dan Riyal210 ribu untuk VIP tanpa AC (1+2) termasuk snack. Antar kota ada minibus dan angkot tanpa jadwal (jalan bila ada penumpang dan bila penuh) - harga per kilometer. Hitchhike paling realible adalah ke pangkalan truk karena selalu ada truk jalan ke tiap kota tiap malam.

Tiket masuk ke semua tempat wisata Riyal150 ribu, kecuali ada beberapa tempat di Iran tenggara yang kurang populer hanya Riyal100 ribu.

Orang Iran selalu menyebut harga dan juga price list di price tag adalah dalam Toman tapi kita akan membayar dengan Riyal (1 Toman = 10 Riyal).