Tips Solo Traveling Singapura - Malaysia, Wajib Di Coba Untuk Backpacker 2021



Critanya setelah 1 tahun buat passport, baru akhirnya bisa jalan ke luar negeri. Kebetulan lagi ada praktek kerja di batam  utk penelitian tugas akhir/skripsi kuliah. Dan pas liburan lebaran, langsung aj dengan  modal duit 800 ribu nekat berangkat ke Singapore dan Malaysia pake ferry. Walopun cuma solo-travelling, rasa takut kenapa2 bisa terkalahkan sm rasa excited nya buat melancong ke negeri orang, dengan harapan bisa belajar banyak hal-hal positif dari mereka. Beberapa hari sebelum keberangkatan, sy tukar Rp 500.000 jadi S$ 61 dan Rp 300.000 jadi RM 96. Tapi jgn lupa tetep bawa duit pegangan jg, dlm bentuk rupiah jg ok krn di sana jg bnyk money changer.

Hari Pertama. Dari Batam  sy berangkat jam 7 pagi dengan Ferry BatamFast. Harga tiket 2 way nya S$17 ditambah dengan pajak Singapore dan Batam S$7 dan S$6, jadi total utk tiket S$ 30. Waktu itu beli tiketnya di teman yg kerja di travel agent seminggu sebelumnya. Total perjalanan sekitar 1 jam menuju Singapore. Setelah tiba di Harbour Front, jangan lupa utk mengurus tanggal check out dengan menggunakan tiket yg sudah dibeli (kl memang membeli tiket 2 way seperti sy). Setelah itu sy menuju MRT Harbour Front melalui Mall Harbour Front. Begitu di MRT, langsung cari Passenger Service utk beli EZ Link seharga S$12. Barulah setelah itu sy lgsg menuju ikon Singapore, yaitu Merlion. Sy naik kereta jalur North East (NE) menuju Punggol untuk turun di MRT Dhoby Ghaut. Setelah itu sy ganti MRT di jalur North South Line menujug Marina Bay. Saya turun di MRT City Hall krn sy mau ke Merlion di dekat Esplanade. Setelah itu, sy baca petunjuk dr bukunya Claudia Kaunang “Rp 500 ribu Keliling Singapura”, yg ada panduan utk Walking Tour sekitar Singapura yg pastiny bs hemat budget.hehe.

Jadi dari City Link Mall (samping MRT City Hall), ambil jalan yang menuju Suntec City Shopping Mal, trus ambil jalan menuju Suntec City, naik ke lantai 2 Convention Centre, lalu pilih yg menuju Marina Square, kemudia keluar di pintu samping McDonald, turun tangga menuju Esplanade Theatre (kl mau, bs masuk ke dlm gedung ini krn ada toko-toko dan sering ada pertunjukan seni gratis), dan keluar ke arah Waterfront. Jangan kaget ya kl di sini sepi krn cuma tempat parkiran mobil.

Keluar ke arah Waterfront nya dengan cara masuk pintu keluar darurat trus naik tangganya sampe yg paling atas, begitu ada pintu exit, maka langsung nampak Esplanade Bridge. Kita bs jalan menyusuri itu utk menuju ke Merlion Park. Setelah sampai di Merlion Park, sy langsung hunting foto. Meski cuma solo-traveller, tetep bs kok narsis foto di depan Merlion dan Hotel Marina Bay Sands, dg cara minta tolong fotoin sm orang yg tampangnya bae & ramah tentunya. Setelah puas foto2 di sana, sy nyebrang menuju Fullerton Hotel, dan jalan terus menuju taman-taman di tengah kota. Lalu sy berjalan  menuju Chinatown, sy lupa detilnya, pokokny jgn sungkan tanya ke orang2 sekitar tp yg kira2 terpercaya spy kita ga nyasar.

Di Chinatown sy hanya melihat-lihat sekeliling saja dan jg melewati berbagai restoran seafood di sana. Ada banyak kepiting dan lobster buesarrrrr2 terpajang di aquarium depan restoran. Harganya tentu saja mahalll. Lalu sy melanjutkan perjalanan menuju Little India. Dari Chinatown, sy berjalan menuju MRT Clarke Quay sambil menikmati pemandangan sungai dan jalan lorong dg seni jalanannya. Dari sini sy menuju MRT Little India. Setelah itu, keluarlah di Exit C (Tekka Centre). Dari Tekka Centre sy menuju Serangoon Road. Jangan sungkan bertanya apabila hilang arah, Singapura termasuk negara yg aman, tp tetap hati2 jg dlm memilih org yg ditanya (intuisi jg berperan di sini^^). Kemudian ambil arah kanan menuju Dunlop Street. Di sini hampir semua toko, penjualnya adalah orang India. Dengan harum semerbak bunga2an dan rempah2 khas sy menikmati perjalanan sy di sini. Banyak sekali penjual kain2 sari India dan juga hostel2 murah di sini. Lalu sy menuju Jalan Besar sampai melihat Bencoolen Street (salah satu pusat elektronik). Tp sy tidak masuk ke dalam. Sy langsung berjalan menuju Bugis Street, yaitu dengan berjalan menuju gedung dengan tulisan cetak merah “OG”, yaitu OG Shopping Mall. Lalu sy menuju Bugis Street. Di sini sy melihat2 barang2 yg dijual seperti jajanan pasar Taiwan, jus buah variatif seharga S$1 (krn murah akhirny sy beli, dan rasanya lumayan menghilangkan dahaga setelah seharian jalan^^), gantungan2 kunci murah, kaos2 dan aksesoris lainnya.

Setelah itu sy menyebrang menuju Bugis Junction. Sebelum Bugis Junction ada belokan ke kiri. Sebenarnya waktu itu sy ingin mengunjungi Singapore Botanical Garden (krn gratis), tp sy memilih utk duduk sejenak di sekitar situ krn kaki sudah cukup pegal. Di samping sy ada seorang ibu2 sedang duduk. Karena dari raut mukanya terlihat ramah, akhirnya sy tanya dia tentang cara menuju Singapore Botanical Garden (SBG). Setelah ngobrol2 ternyata ibu2 itu TKI. Wah, betapa senangnya ketemu orang Indonesia di sini, akhirnya jd ngobrol2 sejenak deh  ttg kehidupan kerja di Singapura. Lanjut yg tentang SBG, ternyata dr MRT Bugis harus ke MRT City Hall utk naik kereta jalur East West Line ke Joo Koon lalu turun di MRT Buona Vista utk ganti ke jalur Circle Line dan turun di MRT Botanic Garden. Waktu itu udah pukul 1 siang, akhirnya sy memutuskan utk menyudahi perjalanan sy di Singapura. Tadinya sy ingin berjalan-jalan hingga malam hari, namun krn kabarnya bus dari Larkin menuju Melaka Sentral hanya ada di jam2 tertentu sj, maka sy tidak berani tiba di Larkin terlalu sore. Akhirnya dari MRT Bugis sy menuju MRT Kranji.

Setibanya di MRT Kranji, begitu selesai tap EZ Link, langsung belok kanan utk cari tulisan “Buses”. Pas udah masuk area ini, jangan lupa nyebrang ya lewat jembatan penyeberangan utk cari bus SBS 170 menuju Larkin. Bayarnya tap EZ Link aja, tp kl emang EZ Link nya udah ga ckp saldonya bs byr cash sekitar S$ 2 dan jgn lupa ambil tiketnya spy ga usah bayar lagi waktu turun2 di kantor imigrasi. Setelah naik bis, kita akan turun di kantor imigrasi Singapura utk check out dan cap passport. Lalu naiklah dengan bis yg sama dg men-tap EZ Link nanti pasti akan keluar tulisan Ride Resume (artinya ga usah bayar lagi). Waktu selesai check in di kantor imigrasi Malaysia, memang agak ribet menuju tempat pemberhentian bus SBS 170. Sy nyasar ke tempat pemberhentian bus yg lain (lumayan agak jauh dr tempat bus SBS 170). Akhirnya setelah 30 menit muter2 ga jelas nyari n tanya2 akhirny naik jg ke bus SBS 170. Begitu sampe di Terminal Larkin, waktu itu udah pukul setengah 4 sore, sy cari counter tiket bis ke Melaka Sentral. Ada beberapa counter bis seperti Causeway Link, Mayang Sari dan LKS yang menawarkan perjalanan ke Melaka Sentral pukul 4 sore seharga RM 21.

Pukul 4 lewat 10, bus berangkat. Kursinya sgt nyaman, bisa dipake buat tiduran. Butuh waktu 3 jam utk menuju Melaka Sentral. Waktu di jalan, sy cukup waspada, mengingat nasihat ibu sy utk hati2 di Malaysia takut ada yg nyelipin narkoba di kantong atau tas. Tar hukumnya pake syariat islam, bisa digantung lu. Emang lebay tuh mama!! Hehe. Padahal ternyata setelah ngobrol2 sm slh seorang warga di sini, hukum di Malaysia ada 2 jenis, syariat Islam utk menghukum warga muslim di sini dan hukum general (diadili di pengadilan) utk warga non muslim di sini. Di sepanjang jalan sy melihat barisan perkebunan kelapa sawit dan beberapa perkebunan karet dan sepertinya jati (kalau tidak salah lihat). Sy melihat betapa Malaysia sangat memanfaatkan lahan kosongnya untuk hal-hal yg dapat menambah devisa negara. Kalau di Indonesia, biasanya di pinggir jalan tol hanya diisi dengan pohon2 utk pemandangan saja, namun di Malaysia, lahan2 itu semua penuh dengan tanaman produktif. Katanya hasil dari kelapa sawit itu digunakan utk membuat minyak, sabun, dll dan bahkan dieskpor. Akhirnya setelah dekat dengan Melaka Sentral, pemandangan pun berubah dengan gedung2. Sempat sy melihat ada papan iklan menawarkan wisata pedesaan (tinggal di gubuk, nanem padi dan makan di saung2an). Wisata tersebut dijadikan slh 1 tawaran wisata utk visit Malaysia 2014. Wow, betapa gencarnya mereka mengiklankan pariwisata “Truly Asia”nya. Sy pikir Indonesia punya lebih banyak wisata seperti itu, namun promosinya kurang hingga ke luar negeri. Akhirnya sy tiba di terminal Melaka Sentral. Cari tempat bus domestik. Naiklah bus panorama no.17 di platform bus nomor 17. Waktu itu sy bayar RM 1.3. Lalu sy turun di Bangunan Merah.

Waktu itu, sy belum tahu sm sekali dimana sy akan menginap malam itu. Waktu sy tiba adalah Sabtu malam. Sy dengar setiap Jum’at sampai Minggu selalu ada Festival di Jonker Walk. Sy ingin sekali menikmati suasana itu, namun hati belum tenang saat sadar kl sy blm tau harus tidur dmn malam ini. Akhirnya sy buka catatan2 sy tentang alamat2 hostel beserta range harganya. Sy langsung menuju Sayang-Sayang Youth Hostel krn menawarkan Dorm Female dengan harga RM 15. Namun karena saat itu sudah jam 7 malam, pintu hostel tersebut terkunci otomatis dan hanya akan terbuka dengan Card khusus. Dan penjaganya sedang tidak ada di depan. Sy sudah ketok2, namun tidak ada yg muncul (mungkin sudah full krn wktu itu weekend). Akhirnya sy putar2 dan sekali lagi, bertanya pada orang yg menurut sy terlihat ramah dan tidak licik^^. Kebetulan waktu itu ada seorang supir India yg sedang berdiri di samping mobilnya. Sy tanya sj padanya. Dia membawa sy ke depan Sayang-Sayang Youth Hostel lagi. Namun ttp tidak ada orang di kantor depan hostel tsb. Krn sedang mengantar pelanggan (yg wkt itu sedang singgah sebentar di Hard Rock Café Melaka), akhirnya bapak itu tdk bs bantu sy menemani cari hostel lagi tp dia kasih nomor telponnya yg dpt sy hubungi di telpon umum koin klo sy blm dpt menemukan hostel utk malam ini.

Setelah cari2 tp ga ketemu hostel2 yg udah sy catet itu, akhirnya sy duduk di pinggiran sungai Melaka. Waktu duduk kebingungan, sy lihat ada Koko lagi liatin sungai jg. Dari tampangnya yg kykny orang baik2, akhirnya sy tanya apa dia tahu ada hostel murah ga di sekitar Jonker Walk atau di sekitar Melaka riverside. Thank God, koko ini baik bgt. Dia mau nemenin buat cariin hostel sampe ketemu. Akhirnya sy dpt di Cheng Ho GuestHouse. Cuma karena blm berbekal info yg cukup ttg tuh tempat, begitu tanya ke yg punyanya dibilang harga mix dorm per malam di sana RM 20, tp dia ga bilang kl itu udah termasuk breakfast. Ternyata kalo gak pake breakfast bisa Cuma RM 15, baru tau dari temen sekamar yg ternyata dari Indo juga. Begitu selesai booking, sy temuin lagi koko itu yg msh dg setia nungguin sy^^. Trus sy bilang sy msh blm cape, mau jalan2 dan minta ditemenin utk ditunjukkin jalan2 dan area wisata di sana. Tujuan saya ke Melaka bukan KL adalah sy penasaran kenapa UNESCO menetapkan Melaka sebagai World Herritage City. Sy mau bandingin sm situs2 bersejarah di Indonesia. Sy jg tertarik jajan di di Jonker Walk Festival krn katanya suasananya kyk di pasar malem Taiwan.hehe. Akhirnya koko itu ngajak sy keliling Jonker Walk Festival. Dia juga menunjukkan pada saya klenteng2 tua, kampung java, kampung Melayu, area bersejarah di sekitar Bangunan Merah. Lalu krn sy bilang sy mau bgt naik Melaka Rivercruise tp ga tau sisa ringgit yg sy punya sy selipin di tas bagian mana dan Cuma ada RM 10 di kantong celana, koko itu mau tambahin biayanya (sumpah beruntung bgt ketemu tuh koko^^). Harganya sy lupa2 inget sekitar RM 15 sampai RM 20. Sy naik sendiri sekitar 40 menitan dan koko itu tunggu sy di pinggir Melaka river. Karena saat itu sudah malam, jadinya sy ga bisa liat banyak pemandangan bagus tapi samar2 sama cahaya lampu. Sy melewati meriam, replika kapal Portugis Flor De La Mar, kafe2 di pinggir sungai, The Eye of Malaysia (kincir angin), kincir air (sy lupa namanya apa), bangunan tua di pinggir sungai, dan Kampung Morten (perkampungan tradisional Melayu). Sungainya bersih tanpa sampah.

Setelah sekitar 2 jam berjalan2, akhirnya koko itu mengantar sy ke dorm tempat sy stay. Karena koko itu ga ada fb dan email, akhirnya sy cuma minta almt rumahnya aja deh, berniat buat kirimin bingkisan ala Indonesia sbg ucapan terima kasih krn kl ga ada dia, sy ga tau deh malem itu mesti nginep dmn. Karena udah tepar sepanjang hari banyak jalan kakinya bahkan di dua negara sekaligus (Singapura & Malaysia), maka sy tidur dg nyenyak walaupun agak ga nyaman krn di kamar ada beberapa cowok dan tempat tidur sy di pinggir deket tangga dan kamar mandi (tempat yg bnyk dilaluin penghuni kamar).

Hari Kedua. Jam di Malaysia sama seperti di Singapura, beda 1 jam dengan Indonesia bagian Barat. Cuma sy pikir sepertinya jam di Indonesia lebih benar, karena jam 6 pagi di sini masih seperti jam 5 pagi di Jakarta karena masih gelap bahkan jam 7 malam di sini masih terang seperti jam 6 sore di Jakarta. Begitu matahari udah keluar yaitu jam 7 pagi, sy langsung keluar menuju area bersejarah Melaka, tempat dimana banyak museum2 utama. Setelah selesai foto2 di depan kincir angin, jam Tan Beng Swee, Melaka riverside, hotel Casa del Rio dan beberapa orang2 tua keturunan Tionghoa yg sedang ber”Taichi”, akhirnya sy ke kantor tourism Melaka utk minta peta wisata Melaka di sana. Di peta tersebut di area yg berada di warna kuning adalah “core zone” world heritage Melaka versi UNESCO. Sy pun langsung menuju tempat itu.

Beberapa museum di sini tutup hari Minggu dan ada yg belum buka. Akhirnya sy hanya berkeliling2 saja. Waktu lagi jalan, sy lihat St.Paul’s Hill gerbangnya terbuka, maka saya masuk saja ke dalamnya. Dan ternyata harus naik tangga cukup banyak juga. Tapi begitu tiba di atas, pemandangan di sini bagus sekali. Bahkan sy bisa melihat Selat Malaka dari sini. Sy langsung berimajinasi bagaimana suasana ramainya selat tsb waktu zaman dulu dimana banyak pedagang dari berbagai belahan dunia membawa kapalnya dan singgah di pantai Melaka. Di sini ada banyak batu2 pahat yg isinya tulisan dlm bahasa antara Belanda atau Portugis (sy ga terlalu ngerti^^’). Di sini sy lihat ada ibu2 tua sedang ber”Taichi”. Sy pun akhirnya penasaran dengan bagaimana melakukan Taichi dan minta ibu2 itu mengajarkan beberapa gerakan dasarnya. Dan intinya gerakan2nya itu utk mengumpulkan energi ke dalam tubuh dengan gerakan tangan dan kaki sederhana dan beralur lambat. Lalu sy menuju Replika Istana Sultan Melaka. Utk masuk harga tiketnya RM 2. Di dalamnya, dipajang tentang replika suasana kerajaan Melaka saat rapat, replika baju adat Malaysia, cerita rakyat Malaysia, alat musik, senjata dan manikin pedagang2 dari berbagai negara termasuk dari Jawa, Indonesia. Ada pula berbagai cerita rakyat Melaka, yang paling terkenal adalah cerita tentang Hang Tuah. Dan lagi, yang saya heran kenapa ya baju adat dan rumah adat Minangkabau, Sumatera Barat bisa dipajang di sini ya?

Karena haus, sy pun beli es cendol di The Kappan Restaurant deket Cheng Ho Guesthouse. Es cendol di sini, ga ada airnya, cuma pake es serut doang. Trus isinya dikasih kacang merah dan cairan gula merah jawa (tapi mereka sebutnya gula merah Melaka), sm dikasih sedikit durian di cairan gula merahnya. Harganya RM 3. Okelah di saat cuaca panas. Abis itu sy jalan deh ke Little India Melaka. Tapi kawasan Little India di sini gak serame yg di Singapura. Malahan kayak bukan kawasan India krn gak ada banyak penjual pernak-pernik India. Setelah capek berjalan2, akhirnya sy balik ke dorm tempat sy stay. Ternyata dorm itu ada di gang toko baju “orang utan” yg katanya sudah terkenal dari belasan tahun yg lalu. Waktu masuk liat2 kaosnya, ternyata biasa aja tp mahal harganya RM 30 ke atas. Desainnya juga menurut sy cuma itu2 sj, yaitu gambar orang utan versi clipart. Menurut sy jg lebih bagusan  kaos2 dari daerah Indonesia kayak dari Jogja, Toraja, SumUt, dll. Lalu sy menuju Dorm. Sy baru tahu kalau ternyata ibu2 tukang bersih2 di guesthouse ini adalah TKI. Sy sempat ngobrol2 dengan ibu ini. Sudah 14 tahun dia dan suaminya bekerja di Malaysia sebagai tukang bersih2 di guesthouse. Sebelumnya ia bekerja sebagai guru honorer di sekolah negeri di Jawa Tengah. Namun gajinya tidak mencukupi. Ibu ini bilang katanya gajinya selama jadi TKI di Malaysia sanggup membiayai anaknya masuk di Kepolisian hingga kuliah lagi ambil Sarjana Hukum serta seorang anaknya lagi di UGM. Wow!!!! Pantas saja banyak orang Indonesia yg mau jadi TKI, ternyata gajinya lebih menjanjikan daripada guru honorer (pahlawan tanpa tanda jasa^^).

Akhirnya waktu senja pun tiba, sy bergegas menyusuri dan jajan di Jonker Walk Festival. Sy membeli kuih Lobak di sini. Komponennya mirip seperti Carrot Cake. Lobaknya dibuat seperti lontong terus dimasak dengan sambal terasi, kecap dan wijen dicampur dengan rebung. Jujur, sy ga abis makannya krn rasanya kayak makan lontong digoreng. Sy cuma comotin rebungnya aja krn rasanya enak. Untung Cuma RM 3 (kalo yg ga pake telor). Malemnya sy msh stay di hostel yg sm.

Hari Ketiga. Jam setengah8 pagi waktu Malaysia, sy langsung bergegas dari dorm ke depan Bangunan Merah utk menunggu bus panorama no.17 jurusan Melaka Sentral. Ada cukup banyak turis yg ternyata ingin melanjutkan perjalanan ke tempat lain setelah dari sini. Waktu di Melaka Sentral, sy menuju loket tiket bus. Sy beli tiket bus Mayang Sari dengan tujuan Larkin jam 9pagi seharga RM 20.90. Sy pun tiba di Larkin pukul setengah 1. Dari Larkin sy naik bus SBS 170 seharga RM 1.90 tujuan MRT Kranji. Sy tidak menggunakan EZ Link krn saldonya tidak cukup. Untung waktu itu sy masih punya ringgit. Saran saya, sebelum tiba Singapura, sediakan minimal RM 10 di kantong kita untuk berjaga-jaga siapa tahu ongkos di luar dugaan atau saldo EZ Link tidak cukup. Waktu masuk imigrasi Singapura utk check in, jgn lupa utk mengisi formulir dulu sebelum menuju petugas.

Sesampainya di MRT Kranji yaitu sekitar pukul stgh 2, sy lgsg isi saldo EZ Link sy S$ 10. Sy langsung menuju MRT Marina Bay krn ingin menuju Marina Barrage. Karena sy sebenarnya dr awal ingin ke Singapura utk wisata edukasi, namun sy penasaran dg tempat2 yg biasanya dikunjungi di sini. Sehingga sy hanya walking tour saja, dan krn kali ini msh ada wkt sblm naik ferry jam 6, maka sy langsung sj ke Marina Barrage. Dari MRT Marina Bay, sy naik bus SBS 400 dan bayar dg EZ Link. Sebenarnya ada free shuttle bus menuju Marina Barrage, namun hanya sampai jam 2 siang. Sedangkan sy wktu itu tiba sudah pukul setengah 4 sore. Di Marina Barrage ada galeri pengolahan air di Singapura. Ada tur gratis di sini, namun sebelumnya ketika sy mengecek di web nya, hari itu tur gratisnya belum dimulai, baru dimulai esok harinya. Sehingga sy hanya tur sendiri sj melihat2. Pertama sy lihat dari dekat Water Playground nya dan ternyata lagi ada shooting di area itu. Seru melihat air yang tiba2 naik dan turun.

Lalu sy menuju Gallery nya. Di situ dijelaskan sejarah sebelum diciptakannya teknologi penyulingan air di Singapura.  Dan juga dijelaskan bagaimana proses penyulingan air utk pasokan sehari-hari warga/kehidupan Singapura. Singapura memiliki dam seperti di Belanda. Hanya kalau di Belanda digunakan untuk menahan air laut agar tidak menenggelamkan daratan, kalau di Singapura digunakan untuk memisahkan air laut dan air tawar (freshwater). Galeri ini bukan seperti museum pada umumnya yang hanya menyajikan informasi begitu saja di dinding. Namun terdapat media interaktif dan pemajangan informasinya pun dirancang begitu artistic dan high-tech. Jadi inget artikel berbagai penelitian yg mendiskusikan tentang “science and art are better together”. Sepertinya benar^^.

Sangat berbeda dengan museum di Melaka dan Indonesia tentunya.hehe. Nanti ketika berkunjung ke Singapura lagi sy ingin sekali mengunjungi National Museum of Singapore, NEWater, Singapore Art Museum, Garden Bay, Singapore Science Center, Zoo serta Song of The Sea di Sentosa Island, untuk melihat keahlian Singapura mengemas wahana edukatif yang ditampilkan dalam bentuk artistik yang atraktif dan high-tech. Aminnnn.

Begitu selesai mengunjungi Marina Barrage, sy kembali ke MRT Marina Bay dg bis SBS no.400 utk menuju MRT Harbour Front. Sy turun di MRT Raffles Place menuju MRT Joo Koon utk turun di MRT Outram Park. Lalu ganti kereta utk ke MRT Harbour Front. Dari sini sy menuju Vivo City untuk mencari makanan yg dlm buku Claudia Kaunang tsb enak, yaitu Carrot Cake. Sy masuk ke area Kopitiam 24 jam. Dengan harga S$ 4 saya beli Carrot Cake di sana. Rasanya lumayan enak, sambal terasinya tidak seperti sambal di Indonesia (enakan sambal Indonesia, pastinya!!!!!!^^b). Di luarnya seperti telur dadar, tapi di dalamnya ada potongan dadu  kecil seperti lontong tapi rasanya seperti kuih lobak yg kemarin sy coba di Melaka. Mungkin namanya Carrot Cake krn terbuat dari Lobak (yg bentuknya mirip wortel/carrot).hehe. Lama kelamaan pas makan carrot cake nya sy jadi eneg, apalagi itu ada 3 potong besar. Sy harus habisin makanannya krn ternyata harganya lumayan mahal jg kalo dirupiahin.hehe.Trus sy ke Harbour Front utk check in departure 1 jam sblm keberangkatan. Tiba di Batam pukul setengah 7mlm.

Pelajaran yang saya pelajari dari perjalanan ini:

Sangat penting bagi kita untuk secara kreatif menyusun media pembelajaran (memasang informasi/pengetahuan/ajakan/iklan) secara kreatif, atraktif dan dengan teknologi yg baik secara visual agar orang yang melihat tidak bosan dan  isi dari pembelajarannya boleh diserap dengan baik (seperti galeri dan museum di Singapura).

Seni patut dihargai, seperti halnya di Singapura. Karya anak sekolahan pun dipajang di MRT. Bahkan museum2 dan galeri2 di singapura terintegrasi dengan art sehingga museum bukanlah tempat yang membosankan, melainkan tempat yg asik utk bljr.

Seharusnya kalau mau study banding, ada lebih baiknya bila anggota DPR mengunjungi Malaysia saja utk melihat bagaimana Malaysia dapat memanfaatkan sumber daya yang mereka miliki dengan baik dan bertanggung jawab (e.g. memanfaatkan lahan kosong utk ditanami tanaman produktif bahkan di pinggir jalan tol; di Melaka semua museum ditata dengan sistematis, variatif dan berdekatan dalam 1 area; mempromosikan secara aktif lokasi pariwisata lokal ke dunia internasional seperti wisata pedesaan, kaos2 daerah).

Sejarah, seni dan teknologi adalah hal yang harus dihargai dan diintegrasikan dengan baik di negara kita ini. Mungkin Kota Tua Jakarta dapat menggunakan integrasi tersebut agar lebih menarik wisatawan asing dan bahkan status World Herritage dari UNESCO bisa pindah ke Indonesia.hehe. Secara bangsa yg pernah masuk ke Indonesia wkt dulu dari yg mulai ngadain perjanjian dagang sampai menjajah ada banyak yaitu Belanda selama 350 tahun, Jepang 3,5 tahun serta beberapa tahun oleh Portugis (di Maluku dan Pajajaran), Inggris (di Pulau Jawa) dan Spanyol (di Maluku). Membuktikan betapa kayanya negara kita hingga banyak sekali negara yg singgah dan mau menguasainya. Negara yg penuh dg sejarah mengharukan.hehe. Mari kita bangun Indonesia yang lebih baik! Sy akan didik murid-murid sy utk dpt menghargai negaranya sendiri dan bersumbangsih dalam membangun kemajuan negara ini (cie, mentang2 calon guru.wkwk).

NB: Rincian biaya selama jalan-jalan (Ada bbrp yg sy bulatkan):

 

Tiket 2 way ferry Batam-Singapore-Batam + Pajak S$ 30

EZ Link S$ 12

Jajan Juice Buah di Bugis Street S$ 1

Bus SBS No.170 ke Larkin S$ 2 (saya bayar pake EZ Link)

Bus dari Larkin ke Melaka Sentral RM 21, 2 way jadi totalnya RM 42

Bus Panorama No.17 ke Bangunan Merah RM 2, 2 way jadi totalnya RM 4

Cheng Ho Guesthouse (sy pilih di Mix Dormnya) RM 20, 2 hari jadi totalnya RM 40

Jajan & makan sekitar Jonker RM 10

Top up EZ Link S$ 10 (akhirnya sisa sekitar S$8)

Makan Carrot Cake S$ 4

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.