Jenis Dan Cara Membeli Tiket Transportasi Di Belanda 2021



Kita bahas satu persatu dari tiket atau kartu yang digunakan dalam transportasi di Belanda

1.      Tiket paper.

TIket ini di beli di stasiun melalui counter (nambah 50 cents) atau di supir bus atau tram.

Untuk bus biasanya ada tiket return. Yg bisa digunakan bolak balik selama sehari penuh dalam waktu 1 hari. Sedang untuk Trem, pada umumnya harus membeli tiket dulu (atau menggunakan OV Chipkaart), tapi bisa beli tiket one way diatas tram. Tiket biasanya valid selama 1 jam dimana bisa digunakan di Bus atau Trem itu untuk pindah bus dengan durasi 1 jam dari pembelian tiket pertama.

Jika ingin beli tiket di Bus atau Trem, silakan minta langsung ke supirnya dengan menyebutkan tujuan Turun dimana karena ada tempat yang kita harus membeli 2 tiket.

2.      OV Chipkaart:

OV Chipkaart adalah system kayak flazz (BCA) yang khusus dikeluarkan oleh dinas transportasi belanda. Ada juga namanya Syntus Chipkaart namun dikeluarkan oleh Syntus (untuk ini saya belum punya banyak keterangan).

Apa kegunaan dari OV-Chipkaart? Gunanya adalah :

-          Anda tidak perlu beli tiket di petugas tiket/sopir bus/tram lagi. Tapi anda harus ngetap untuk masuk.

-          Lebih murah daripada beli tiket di atas bus/tram untuk oneway.

Kejelekan dari OV Chipkaart:

-          Anda tdk dapat diskon bila naik bus atau trem. Kenapa ga dapet diskon? Ada beberapa daerah/kota yg menerapkan bahwa bisa menggunakan tiket biasa untuk 1 jam berikutnya kemana aja. Contohnya di Den Haag, Hertogenbosch, Volendam (sekarang khusus turis diterapkan tiket ini), Giethoorn.

-          Bila anda lupa ngetap sewaktu keluar, berarti anda siap2 kehilangan 2x lipat dari harga versi tiket biasa.

OV Chip kaart terbagi beberapa model:

a.       Anonymus OV-Chipkaart : ini bisa digunakan kapan saja dan dimana saja selama berada di Jalur Transportasi Belanda baik itu kereta, Tram dan Bus.  Harga kartunya 7.5 euro itu bisa dibeli di stasiun-stasiun di Belanda. Kalo sudah mau pulang dan masih ada sisa uang, kita bisa menukarkan tapi saya menyarankan agar disisain sampe seminimal mungkin. Kan lumayan ada kenang2an punya OV Chipkaart anonymus Belanda. Atau dijual lagi ke temen yg akan pergi ke Belanda.

Pengisiannya bisa dilakukan di stasiun2 pada mesin berwana kuning atau counter NS tapi kena charge. Itu bisa dengan uang atau dengan Chipknit atau dengan Debit Card Bank Belanda. Ada beberapa tempat yang menerima pembayaran dengan kartu kredit.

b.      OV Chipkaart dengan identitas: ini sama seperti anonymus tapi bedanya dia ada foto kita. Tidak bisa dipindahkan ke tangan orang lain.biasanya ini dipakai oleh WNI yg tinggal di Belanda utk waktu yg cukup lama.

c.       OV-Chipkaart with discount: OV ini bisa dapat diskon di jam2 tertentu yg biasanya diatas jam 9 pagi dengan diskon Antara 20-40%. Kebetulan saya menggunakan Free Weekend ticket jadi bebas naik kereta dari jam 18.00 di hari jum’at sampai dengan jam 04.00 di hari senin.Kelebihan OV Chipkaart ini adalah anda bisa beli membelikan orang lain tiket untuk orang lain hingga 4 orang berikutnya dan mendapat diskon 20-40%

3.      DagKaart (Day Card)

Dagkaart adalah kartu diskonan untuk (terutama) Kereta, Bus dan Trem di belanda. Dagkaart lebih banyak dijual untuk kereta saja. Kombinasi dagkaart gabungan yang peruntukannya sekaligus untuk kereta + Tram + Bus agak jarang keluar sehingga tidak mudah mendapatkannya.

Dagkaart di bagi 2 jenis:

1.      Dagkaart Weekend: Ini biasanya yang menjual adalah Blooker dan Kruidvart. BIasanya dijual dari harga 14-16.5 euro/tiket. Tiket ini berlaku 1 hari penuh untuk naik kereta seBelanda di Hari Sabtu dan minggu (jangan lupa baca syarat dan ketentuan yang berlaku). Dagkaart Weekend ada yang berfungsi sebagai tiket kereta api sekaligus tiket Bus. Makin mahal dagkaart, makin banyak fungsi gabungannya. Dagkaart paling mahal adalah gabungan fungsi tiket kereta api/tiket bus/tram.

2.      Dagkaart Weekdays: Ini biasanya yang menjual adalah Blooker, Hema, Albert Heijn (AH). Tiket ini harganya Antara 16-17.5 Euro. Tiket berlaku tidak saja untuk Sabtu dan MIngu all day, tapi juga untuk hari senin – jumat dimulai dari pk 9.00 Pagi. Untuk Blooker biasanya syaratnya lebih rumit karena lebih murah dari Hema dan AH. Jarang menjual yang paketan yang juga berfungsi sebagai tiket Bus/Tram. Blooker menjual TIket Kereta dan Tram jadi satu dipaketnya. 

4.      Grup Tiket

Grup TIket adalah Tiket yang bisa dibeli dengan minimal 4 orang dan maksimal 10 orang dengan tujuan yang sama dengan keberangkatan yang berbeda. Harga mulai 49 euro lalu menambah 2,5 euro/orang untuk berikutnya. Jika dihitung, harga tiket grup adalah minimal 6.4 euro - 12.25 euro/orang. Kelemahannya tiket ini yaitu hanya bisa dibeli di website ns.nl dan dibayar menggunakan Ideal (sistem pembayaran dengan Bank Belanda) dan tidak bisa digunakan untuk keliling belanda karena sudah fix akan keberangkatan dan tujuannya. Tiket ini hanya berlaku untuk kereta saja.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.