Tips Transpostasi Saat Liburan Ke Maroko Ala Backpacker Terbaru 2021(Casablanca-Marrakech-Chef Chaouen-Fez)



Berikut info transportasi dari perjalanan saya ke Maroko dengan route Casablanca-Marrakech-Chef Chaouen-Fez (Juni 2013). Ke Maroko kali ini tanpa informasi sama sekali, tidak adakenalan dan berangkat tanpa ada uang dirham. Semua informasi transportasi inisaya dapat dari tanya2 di jalan dan mempertimbangkan jawaban terbaik dariberbagai sumber (saran dari staff bus station beda dgn saran staff trainstation, beda lagi dengan saran tourist information dan beda saran dari God'senvoy : Oom Google). Untuk yang baru ke Maroko, mohon di-update informasidibawah ini.

Cara jitu bagi female travelers utk tanya ke orang di Maroko : cari gadis yangkelihatan berpendidikan. Biasanya mereka bisa bahasa Inggris (tdk cuma bahasaPerancis), dan jarang gadis2 itu cari kesempatan mengantar dgn minta bayaran.   Anak2 di tourist destinations biasanya sukamerubung dan memaksa mengantar dgn minta bayaran. Cukup bilang "Nopay!", ke mereka, dijamin ampuhnya seperti mosquito repellant : merekalangsung menghilang tak berbekas.

Selama di Maroko, karena saya pernah dapat pengalaman pahitdiperas didalam taxi di Indonesia dan Vietnam, sebagai solo female travelerrasanya lebih aman menggunakan bis daripada petite taxi, walaupun di beberapatempat terpaksa naik taxi patungan dgn backpacker lain atau penduduk lokalkarena tidak ada bis yg melayani rute tsb. Prinsipnya : saya menghindarisendirian di dalam taxi, apalagi malam hari. Big no no!

Casablanca-Marrakech


Untuk ke Marrakech, kita perlu naik satu2nya kereta api di Casablanca airportke Casa voyagers, lalu beli tiket train di Casa voyager ke Marrakech.

Casablanca - Casa Voyagers   : 40dh, + 30min

Casa Voyager-Marrakech : 120dh, 6 h

Marrakech train station - Medina Jma al Fna : Bis no. 6, 8,10; tiket 4 dhm. Tidak ada halte di Marrakech, jadi keluar dari train stationvia pintu utama lalu nyebrang, jalan lurus hingga ketemu Mc Donald. Di seberangMc Donald ada orang2 berkumpul. Nah itulah haltenya. Kalo gk ada orang ygkumpul, ya berarti lagi gk ada orang yg naik bis :) Jangan ragu tanya orang.

Marrakech - Chef Chaouen


Naik night train ke Tangier, berangkat pk 21.15 tiba pk 07.00, tiket 350 dh.Bed cushionnya lebih empuk daripada night train Dusseldorf (Jerman) - Vienna(Austria).

Dari Tangier naik bus CTM ke Chef Chaouen, tiket 70dh. Ada beberapa waktukeberangkatan, waktu keberangkatan terpagi dari Tangier ke Chef Chaouen pk08.00. Lama perjalanan 4 jam.

Dari Chef Chaouen bus station ke Medina : petite taxi 10dh

Chef Chaouen - Fez

Chef Chaouen - Fez : bus CTM, tiket 70dhm, 5 jam perjalanan. Waktukeberangkatan : 13.00, 15.00, 18.00. Seingat saya ada informasi tertera ditempat pembelian tiket, ada yg berangkat jam 10.00. Tapi info dari staff di stationtidak memberikan data pk 10.00. Jadi nanti ditanya aja begitu sampai di stasiunbis Chef Chaouen.

Fez bus station - Medina : petite taxi 50dh. Bisa saweran dgnbackpacker lain yg jg pny tujuan sama.   Mungkin ada bus, tapi kemarin blm sempat riset.

Fez medina - Fes Sais Airport : Petite taxi 120 dhm. Atau :City bus ke perempatan terdekat train station, lama perjalanan 20 mnt, tiket 4dhm. Jalan ke train station + 1 km. Dari train station naik bis no. 16ke airport, lama perjalanan 30 mnt. Kemungkinan harga tiket 4-20 dh. Tapi bisini suka ngaret datangnya, jadi siapkan uang sekitar 120 dhm ke airport dgnpetite taxi seandainya bis ngaret. Patungan aja dgn orang2 yg bertujuan sama.Usahakan patungan dgn orang lokal spy dapat harga murah, kalo patungan dgnturis2 lain akan dinaikkan harganya oleh sopir taxi. Kemarin saya terpaksa naikpetite taxi juga karena bus datang telat, dan patungan dgn sekelompok (5 org)bapak2 lokal yg akan tugas keluar negeri, tiap orang cukup bayar 10 dh.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.