Tips Mengurus Visa Turis Korea Selatan Terbaru 2021



Paparanini hanyalah pengalaman individul dan tidak akan sama setiap aplikasi visa.Sehingga keterangan ini tidak bisa dijadikan sebagai acuan untuk semuanya.Maklumat ini hanya sebagai gambaran saja, sehingga tetap perlu untuk mengecekkembali laman web kedutaan besar Republik Korea sebagai sumber informasi yangresmi. Karena bisa saja ada perubahan regulasi yang tidak sama lagi dengan informasiyang diketikkan di bawah ini.

Dokumenyang harus disiapkan paspor, KTP, kartu keluarga, akte kelahiran, aktepernikahan, dan pas photo latar belakang putih ukuran 3,5x4,5 sebanyak 1 lembarlangsung ditempel di formulir paspor. Photo sebaiknya menggunakan kostum resmiseperti jas untuk laki-laki. Sehingga dengan penampilan formal seperti itu akanlebih memadai untuk sebuah visa. Sekaligus memberikan keseriusan dalam mengurusaplikasi visa. Semua dokumen hanya dalam bentuk salinan (photo copy). Akan lebihbaik kalau saat datang membawa permohonan dibawa juga aslinya, sehingga kalauada pertanyaan langsung dapat menunjukkan aslinya.

Sebelumnyaformulir visa sudah diisi dengan lengkap. Untuk form visa dapat iunduh diwebsite kedutaan Korea. Tidak lagi disediakan formulir visa di bagian konsuler,sehingga pemohon harus mencetak sendiri.

Satuhal lagi, perlu dibuat photo copy paspor yang terdiri atas halaman photo, halamanalamat, dan salah satu halaman yang ada visa kunjungan ke negara mana saja. Itumenjadi lampiran dalam aplikasi.

Tidaksemua aplikasi visa disetujui, ada juga yang ditolak dan perlu tambahandokumen. Pihak konsuler juga kadang untuk beberapa kondisi tertentu memintawawancara, sehingga pemohon harus datang ke konsuler sesuai dengan jam yangditentukan. Sementara, bagi yang sudah pernah berkunjung ke Amerika Serikat,Jepang, atau Australia dalam dua tahun terakhir, tidak perlu lagi menjalaniwawancara. Peluang mereka untuk mendapatkan visa Korea lebih besar.

Untukitu, walaupun tidak diminta akan lebih bagus kalau dilampirkan dokumenpendukung seperti: NPWP, SPT 2 tahun terakhir, pembayaran kartu kredit 3 bulanterakhir, surat keterangan dari tempat kerja. Jikalau menjalankan bisnissendiri, maka perlu melampirkan akte notaris dan segala perijinan, rekeningkoran perusahaan tiga bulan terakhir, dan pembayaran SPT 2 tahun terakhir, akanlebih baik kalau asli.

Kedutaantidak meminta bookingan hotel dan juga salinan tiket pesawat. Namun demikian,akan lebih baik kalau sudah merencanakan perjalanan dengan melengkapi keduadokumen tersebut. Sekaligus dengan melampirkan jadwal perjalanan. Ini untukmenunjukkan bahwa perjalanan sudah dipersiapkan dengan baik.

Pembayaranvisa per 20 Oktober sebesar Rp. 480.000,- untuk penyetoran dokumen terbukasejak 08.30 sampai 11.30, walaupun tertulis di informasi mulai jam 09.00 sampai11.00. Sementara pengambilan mulai 13.30 sampai 16.30, untuk slip penerimaantertulis 14.00 – 16.00. Waktu penyelesaian selama 7 hari tidak termasuk harimemasukkan dokumen. Tanggal pengambilan tercantum dalam slip penerimaanpembayaran. Pada saat hari pengambilan akan lebih baik jikalau menelponterlebih dahulu untuk memastikan paspor siap diambil. Sehingga pada saatdatang, paspor beserta dengan visa sudah siap. Karena kadang juga visa belumsiap saat empunya datang untuk mengambilnya.

Perubahanwaktu pengurusan visa ini berlaku sejak 1 Agustus 2014, saya baca di informasiyang ditempel di bagian pengumuman konsuler kedutaan. 2012 ketika saya mengurusvisa Korea hanya memerlukan waktu 5 hari, sementara 2 tahun sebelumnya hanya 3hari. Ini (mungkin) karena bertambahnya volume aplikasi visa. Kata petugasloket bisa mencapai 800 paspor dalam satu hari. Sebelum mengajukan visa lebihbaik mengecek lagi kembali ke kedutaan Korea karena dengan bertambahnyaaplikasi mungkin saja akan bertambah pula waktu proses pengajuan visa.

Permohonanvisa Korea dapat diwakilkan kepada travel atau perwakilan rombongan. Saya melihatnyalangsung sewaktu mengurus visa, pegawai biro perjalanan mengurus visa yangbukan miliknya. Sehingga saya berkesimpulan, bisa saja mewakilkan kepada oranglain untuk pengurusan visa.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.