Tips Liburan Ke Argentina : Mencari Penginapan Murah Dan Menghindari Scam Di Argentina Terbaru 2021



TIP 3: TOILET

Surprisingly, toilet umum tidak begitu mudah ditemukan di Argentina. Dan kalau di sini kita bisa mengharap menggunakan toilet yang ada di dalam mal-mal, lupakan hal itu selama di Argentina karena tidak seperti di Jakarta yang mal-mal besarnya berserakan di dalam kota, di sana hampir tidak ada mal besar, dan kalaupun ada, sangat jarang dan letaknya berjauhan dan bahkan di luar kota.

Your best bet untuk menemukan toilet kalau kepepet adalah di dalam toko besar seperti toko buku El Ateneo. Atau bisa juga menggunakan toilet yang ada di kafe-kafe atau restoran yang banyak bertebaran di mana-mana. Hanya saja, banyak kafe/resto yang memasang tanda “Toilet khusus bagi pengunjung restoran”, jadi ya kalau kepepet perlu sekali pakai toilet, ya belilah paling tidak secangkir kopi.

Satu hal lagi yang perlu diingat mengenai toilet di Argentina: SELALU BAWA TOILET PAPER SENDIRI! Toilet umum di Argentina ini sudah jarang terdapatnya, seringkali pula tidak menyediakan toilet paper. Walaupun tidak semenjengkelkan toilet-toilet umum di Melbourne yang sering sekali aku temui bekas dipakai tapi tidak disiram, ketidaktersediaan toilet paper ini bisa jadi insiden gawat nian kalau sudah terlanjur kita beraksi di situ kan... J

TIP 4: PENIPU TURIS

Sama seperti di tempat-tempat tujuan wisata di mana pun, turis menjadi incaran, menjadi sumber rejeki baik legal maupun ilegal.

Kalau kamu sedang berjalan dan tiba-tiba ada seseorang yang memanggil dan berkata, “Mas...Mas...itu di baju/rambut/punggung Mas ada kena kotoran/cat/tai burung..”, hati-hati!! 99,9% itu penipu. Biasanya mereka (dan benar “mereka” karena penipu-penipu ini bekerja berkelompok) mengincar orang yang dari tampang maupun bawaannya “turis” or at least bukan orang setempat. Satu orang akan diam-diam mencipratkan semacam lotion/cairan kental yang baunya bisa harum seperti lotion beneran sampai yang busuk seperti tai burung ke baju/rambut kita dari belakang or tanpa sepengetahuan kita, dan kemudian menghilang. Rekannya akan tiba-tiba muncul dan berperan sebagai penduduk lokal yang baik hati yang memberitahu bahwa baju/rambut kita kotor. Biasanya ia kemudian akan mengeluarkan tissue dan menawarkan untuk membersihkan/mengelap baju/jaket/rambut kita yang kotor itu. Kalau memungkinkan ia malah akan meminta kita melepas jaket/mantel/ransel yang kita pakai “untuk memudahkan membersihkannya”. Nah pada saat itulah tangannya akan bergerak terampil dan cepat ke kantong-kantong jaket/mantel kita itu, mencari dompet dan barang berharga lainnya. Setelah dapat, mereka akan pergi cepat-cepat dengan rasa terima kasih kita yang tidak tahu dan mengira mereka adalah orang yang sangat ramah yang membantu membersihkan pakaian kita, sebelum kita kaget histeris begitu tahu dompet/barang berharga kita hilang dicuri “Orang Samaria Yang Baik Hati” itu.

Aku sendiri tiga kali dikerjai seperti ini di Buenos Aires. Dan satu dari tiga kali itu mereka berhasil dengan sukses “meringankan beban saya” dengan  cara mencuri ransel saya yang berisi laptop. Menurut polisi di kantor sektor jalan Tucuman yang saya lapori, modus operandi itu sudah sangat umum dilakukan untuk menipu turis/orang asing di Buenos Aires. Jadi teman-teman, ingat dan waspada ya kalau ketemu yang model begini.

TIP 5: PENGINAPAN MURAH

Tip mengenai penginapan murah aku tulis di Note berikutnya saja ya. Ini sudah hampir tengah malam. Ngantuk, lapar, dan mata sudah berkunang-kunang karena kelamaan menatap layar laptop. Stay tuned!

jangan lupa doakan mas imanuel sehat selalu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.