Panduan Lengkap Mendaftar Work and Holiday Visa Australia Terbaru 2021 Dengan Mudah Dan Cepat


Program Bekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday mendorongpertukaran budaya dan hubungan  person to person  yang lebiherat dengan memungkinkan pemuda-pemudi Indonesia untuk menghabiskan liburanpanjang serta dapat melakukan pekerjaan jangka pendek di Australia.

Program Bekerja dan Berlibur merupakan hasil kerjasama yang eratantara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Australia sejak tahun 2009. Padaawal berlakunya kesepakatan, pemerintah kedua negara menyepakati kuota untukprogram ini berjumlah 100 (seratus) orang. Namun berdasarkan hasil kunjunganPresiden RI ke Australia pada bulan Juli 2012 silam, jumlah kuota untuk ProgramBekerja dan Berlibur (Visa)/Work and Holiday berjumlah 1000 (seribu) orang.

Dengan kekhususan tersebut, dan sesuai dengankesepakatan kedua negara maka diperlukan  Surat Rekomendasi (Letter of Government Support)   sebagai salah satu syarat untukmengajukan Visa ini kepada Perwakilan Australia di Indonesia. 

Surat rekomendasidapat diperoleh dengan ketentuan umum sebagai berikut:

  1. Telah berusia 18 tahun atau belum berusia 30 tahun pada saat pengajuan permohonan surat rekomendasi;
  2. Memiliki kualifikasi setingkat perguruan tinggi, atau telah menjalani pendidikan di perguruan tinggi setidak-tidaknya 2 (dua) tahun pendidikan;
  3. Belum pernah mengikuti program bekerja dan berlibur sebelumnya;
  4. Memiliki paspor yang berlaku sekurang-kurangnya 12 bulan;
  5. Memiliki tingkat kemahiran berbahasa Inggris sekurang-kurangnya tingkat fungsional;
  6. Tidak disertai oleh anak-anak di bawah umur;
  7. Memiliki sejumlah dana seharga tiket pergi-pulang dan untuk membiayai keperluan selama masa awal tinggal di Australia;
  8. Surat Rekomendasi berlaku 1 (satu) bulan sejak tanggal dikeluarkan;
  9. Permohonan Surat Rekomendasi tidak dapat diwakilkan.

Untuk mendapatkan Surat Rekomendasi, Saatdiundang untuk wawancara, anda perlu melampirkan :

  1. Form Identitas ( download di sini );
  2. Kartu Tanda Penduduk (KTP);
  3. Akte Kelahiran;
  4. Paspor dengan masa berlaku minimal  12 (dua belas) bulan ;
  5. Pendidikan minimal  Diploma III (tiga)  atau  Mahasiswa Strata 1 (satu) aktif minimal semester 5 (lima)  dibuktikan dengan surat keterangan dari kampus, Kartu Tanda Mahasiwa (KTM) dan Transkrip nilai dari semester 1 (satu) s/d 4 (empat);
  6. Memiliki sertifikat kemampuan berbahasa Inggris  IELTS  dengan minimal  score 4.5  atau sertifikat  TOEFL IBT  dengan minimal  score 12  dan  dikecualikan  kepada mahasiswa atau yang telah lulus kuliah pada universitas yang menggunakan  pengantar bahasa inggris tidak wajib  melampirkan sertifikat IELTS/TOEFL, dibuktikan dengan melampirkan  surat keterangan dari kampus ;
  7. Surat keterangan / Jaminan Bank kepemilikan dana atas nama pribadi pemohon dengan jumlah  minimal AUD $ 5000 (lima ribu Dollar Australia)  dan jika rekening tabungan tersebut  bukan atas nama pribadi pemohon  wajib melampirkan surat sponsor/jaminan dari pemilik rekening dibuktikan dengan foto copy KTP dan Kartu Keluarga;
  8. Pas foto terakhir berwarna ukuran 4 x 6 sebanyak 1 lembar, latar belakang putih.

Catatan:

  1. Pada saat wawancara untuk membawa seluruh persyaratan asli dan fotokopi ;
  2. Berkas fotokopi dimasukkan dalam  map warna biru  dengan urutan seperti di atas;
  3. Tidak dipungut biaya  selama proses pengeluaran surat rekomendasi;
  4. Sertifikat bahasa Inggris dalam bentuk prediction TIDAK DITERIMA .

Persayaratanapa yang umumnya berat buat para pelamar?

1.       Uang jaminan senilai kuranglebih Rp. 50 juta. Uang ini sama sekali tidak akan berpindah tangan ke oranglain. Bukan untuk membayar apapun, jadi jangan khawatir. Untuk menunjukan buktikeuangan, bisa menggunakan tabungan orang tua, diri sendiri atau anggotakeluarga yang masih dalam satu kartu keluarga dengan dibuktikan melampirkanphotocopy kartu keluarga.

Jikamerasa keluarga tidak memiliki atau kamu memiliki alasan lain tidak memilikidana. Bisa dengan meminjam kepada orang-orang, misalnya teman baik, saudaraatau siapapun.

Apakahuangnya harus mengendap selama 3 bulan seperti apply visa turis?

Sebenarnyadari membaca beberapa pengalaman orang lain, hal ini tidak terlalu menjadimasalah.

Apayang harus dilampirkan?

a.        Photocopy buku tabungan jugasudah cukup

b.       Rekening Koran

c.        Bank statement, cara ini banyakdigunakan oleh para pelamar, karena merasa lebih simple. Bank statement hanyaberbentuk kertas selembar yang berisi pernyataan bahwa kita memiliki danasekitar Rp. 50 juta. Contoh yang slightly tricky. Si A pinjam ke si B uang, siA pergi ke Bank untuk membuat bank statement, setelah urusan visa kelar uangdikembalikan, atau setelah bank statement terprinted out, uang segeradikembalikan.

2.       IELTS

KemampuanBahasa inggri yang diminta adalah ielts. Untuk melakukan tesnya diperlukan danasekatar Rp 2,8 juta. Banyak yang takut tidak lulus karena uang cukup besar bisahangus, ada juga yang meragukan kemampuan Bahasa inggrisnya. Padahalpersayaratan yang diminta hanyalah 4,5 poin saja. Poin sebesar itu sangatmemungkinkan sekali didapatkan bagi yang memiliki kemampuan berbahasa inggrisbasic sekalipun.

Dalamtes ini terdapat 4 sections.

a.        Listening

Dalam listening terdapat40 soal. Ielts memang unik. Untuk belajar listening bisa dengan berlatihmenggunakan youtube. Masukan keyword “listening test ielts Cambridge.” Nanti akankeluar banyak sekali contoh soal dari Cambridge dan key answernya. Kamu akantahu bagaimana cara menjawab tes ini.

Ielts memang unik dan inibenar-benar bisa mendeskripsikan secara jelas kemampuan berbahasa inggris.Memang agak kesal dalam ielts, misalnya gini. Kadang kesalahan karena kurangdetil, misalnya jawaban yang dimasukan ternyata harus plural (hanya karenakurang nulis hurup s dibelakang kata benda plural itu bisa salah). Contohlainya ada kata-kata yang disambung dengan tanda strip, misalnya kita jawab carpark, ternyata jawaban ini salah, mestinya car-park. Ini yang kadang bikin BT.

Tapi kuncinya adalahterus berlatih, agar kita terbiasa dan tahu nantinya.

Cara untuk membiasakanpendengaran, bisa dengan mendengarkan lagu barat atau radio. Untuk radio bisamenggunakan podcast atau bisa juga dengan install aplikasi BBC news dan disituada fasilitas live radio 24 hours.

b.       Reading

Materi untuk reading inimemang sangat sedikit, tapi kadang susah sekali untuk mengerti. Jika kamuterbiasa membaca buku Bahasa inggris, mungkin bisa membantu banyak. Yang palingsering ditemukan adalah paraprashing kata. Yaitu banyak kata-kata yangdigunakan jarang kita dengar tapi memiliki arti yang sama. Misalnya, get =acquire, claim = admitted. Untuk mendapatkan sumber kata-kata yang unik-unikini, bisa dengan memahami kamus thesaurus. Disitu kita akan menemukan banyakkata, tapi memiliki arti yang sama. Hal ini juga akan membantu kita dalamwriting dan speaking test.

c.        Writing

Materi writing juga bisadidapatkan dari youtube. Terdapat dua part; part 1 and 2.

Dalam part 1 tidakdiperlukan kata-kata yang menakjubkan. Yang penting kita tahu pola bagaimanamenjawab pertanyaan. Part 1 ini diminta untuk menjabarkan sesuatu, seperti sedangngerjain skripsi, misalnya menjabarkan tabel, bar chart, pie chart dan lainya.Dengan latihan sebanyak mungkin kita bisa tahu pola semacam apa yangdiperlukan.

Kita harus menulis 150kata minimal.

Part 2. Pada session akandiminta menuliskan essay suatu permasalahan. Kita harus benar-benar mengertijuga pada pertanyaan. Pertanyaan pada part 2 ini akan menjadi paragram utamaatau pembuka, oleh karena itu kita harus mampu memparaprashing kata-katapertanyaan menjadi kata-kata baru yang memiliki arti sama. Paragraph duamembahas permasalahan a, paragraph tiga membahasa permasalan b dan paragarmterakhir ke conclusion dari dua permasalahan itu. Bisa tentang perbandingankeduanya, atau pendapat kamu tentang penjabaran di paragarp sebelumnya, danlainya.

Minimal 250 kata.

d.       Speaking

Dalam speaking ielts jugadiperlukan suatu tekhnik menjawab. Bisa belajar dari youtube juga denganmelihat beberapa contoh orang yang sedang melakukan tes speaking. Sebenarnyayang paling utama adalah kita bisa menjawab semua pertanyaan, semakin kita bisamengembangkan jawaban dan benar-benar paham, maka nilai juga akan bertambah.

Ada 3 sesi dalam tes ini.

1.       Pertanyaan general seputardirimu

2.       Pertanyaan dimana kamu harusmenjelaskan suatu hal, mereka akan memberikan sebuah kartu pertanyaan besertaclue yang bisa kamu gunakan untuk membuat urutan jawaban, dalam 2 menit kamuakan diminta menjelaskan itu.

3.       Si pengetes akan memberipertanyaan yang sedikit berbobot dan masih ada kaitanya dengan sesi 1 atau 2atau bisa juga berbeda. Ada beberapa soal yang akan ditanyakan.

Tes ini membutuhkan waktusekitar 15 menit.

Test IELTS dimana ya?

Untuk tes sendiri, ada beberapa institusi yang mengadakan tesini dan bisa dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Untuk melihat jadwal atauingin mendaptar bisa mengunjungi website IDP, british council, IALF, danlainya.

Apakah perlu les IELTS?

Itu tergantung diri kamu sendiri, kalau dirasa mahal bisadengan belajar sendiri di rumah, toh yang diminta kan skornya juga gak terlalutinggi. Tapi kalau mau les ya jauh lebih baik lagi. Bisa juga belajar kekampong inggris yang ada di Pare. Nampaknya IElTS cukup popular, karena banyakpelamar beasiswa yang memilih IELTS.

Untuk belajar IELTS secara online, ada sebuah website yangbanyak orang bilang sangat bagus http://ieltsliz.com/ bisa juga mengunjungichanel dia di youtube.

jangan lupa doakan penulisnya mas arip sehat selalu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.