Cara Mendapatkan 7% VAT Refund di Bangkok Terbaru 2021



Cara Mendapatkan 7% VAT Refund di Bangkok

Ada yang pernah memanfaatkan VAT refund waktu belanja di Bangkok? 

Jika ada yang ingin tahu ini cara dan persyaratannya. 

1. Pastikan tempat yang kamu belanja ada tulisan VAT Refund for Tourist, jika tidak ada kamu bisa tanya ke toko tersebut. 

2. Minimal belanjaan yang bisa request VAT adalah 5000 Bahts, struk belanjaan bisa di gabungkan jika kamu belanja dalam beberapa hari, namun minimal 2000 Bahts belanjaan dalam satu hari. 

3. Jangan lupa bawa passport saat belanja, gunanya untuk pengisian VAT refund form. 

4. Setelah kamu isi form (PP10 form berwarna kuning) text refund jangan pupa minta copy formnya, sebagian toko masih pakai form PP10 yang berwarna kuning, namun ada juga yang sudah pake e-form artinya kita akan mendapat kartu semacam kartu ATM (lupa saya foto, keburu di refund :-))

5. Pastikan kamu keluar dari thailand tidak lebih dari 60 hari setelah belanja. 

6. VAT Refund hanya berlaku jika kamu keluar Thailand dengan jalur udara. 

 

 

 

Proses menguangkan VAT Refund di Airport. 

1. Segera lapor ke petugas costums untuk inspeksi dan mendapatkan stamp di PP10 Form atau E-form yang kamu dapat saat belanja, pastikan kamu dapatin stamp ini sebelum kamu lewati imigrasi. Jika kamu di Aiport DMK costums VAT itu letaknya di pojok kiri sebelum counter check in sedangkan di Airport BKK Costums VAT itu letaknya setelah checkin sebelum imigrasi. Nah, biasanya petugas costum akan minta kamu tunjukin barang yang kamu beli, usahakan kamu dapatin stamp dari petugas costum ini sebelum check in, siapa tahu kamu ingin barang belanjaan kamu kamu ikutkan kedalam bagasi. 

 

2. Setalah Imigrasi dan costums security cari counter VAT Refund buat kamu nukar PP10 form kuning ato E-form, jika di Bandara BKK counternya tepat di depan costums security nah kalo di BKK ada beberapa counter tinggal kamu cari aja yang terdekat. 

 

3. Done. 

 

 

NB : % yang kamu dapat kira2 7.5 dari total belanjaan, Beberapa waktu lalu saya belanja dengan total 24000 Baht dan mendapat VAT refund sebesar 1700 bahts. Lumayan lah

 

 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.