4 Jenis Eurail Pass Yang Ada Di Eropa Terbaru 2021




Eurail Pass

Eurail Pass

Kali ini sy akan membahas ttg penggunaan armada kereta api di Eropa menggunakan Eurail Pass. Sy tidak akan membandingkan dgn bus dan plane. Semuanya ada plus minus dan dikembalikan kpd preferensi dan kantong tiap traveler . Toh Eurail Pass ini kan salah satu alternative diantara pilihan2 yg ada.

Jujur saat di Eropa sy lebih banyak menggunakan kereta api drpd bus. Rasanya kok sayang bgt udah ada di Eropa tapi gak coba keretanya secara system perkeretaapi-an di Eropa kan canggih punya . Tapi ini bukan berarti sy sama sekali gak mau naik bus. Di UK, gak sedikit juga sy menggunakan jasa bus dikarenakan harga tiket kereta yg selangit utk jarak jauh  (kecuali kl beli jauh2 hari yg tnyt juga gak murah2 amat). Sedangkan harga Britrail Pass, mahalnya ampun2an dibandingkan Eurail Pass.

4 Jenis Eurail Pass Yang Ada Di Eropa Terbaru 2021 :

1. Eurail Global Pass

Bisa digunakan di 28 negara eropa, kecuali UK yg menggunakan Britrail Pass. Untuk negara2 tertentu, seperti Perancis, Spanyol, dan Italy, biasanya akan dikenakan tambahan biaya utk Reservation Seat.

Masa berlaku Eurail Pass sejak pertama kali terbit adalah 6 bulan. Tapi begitu sudah diaktivasi, masa berlakunya tergantung jenis yg kita beli. Ada yg 5 hari, 10 hari, 15 hari, 1 bln, dst. Utk Eurail Global Pass, jenis classnya adalah 1st class for adult (tidak ada yg 2nd class), sedangkan for youth (12-25 thn) ada pilihan 1st class n 2nd class. It means for youth dan paket family, harganya lebih murah drpd dewasa perorangan. Tapi jika yg dewasa brkt minimal 2 orang dan maksimal 5 orang (selalu bersama-sama), dapat disc 20% (Eurail Global Pass Saver).

Sebagai gambaran, bbrp waktu lalu sy beli Eurail Global Pass 15 hari seharga €486. Nah berhubung sy telah memiliki Eurail Global Pass, tiket city night line (CNL) dari Amsterdam-Zurich yg saat pembelian harga normalnya sekitar €50-60, sy cukup membayar €29 saja. Begitupun dengan tiket Thalys dari Brussels – Paris yg saat itu harga normal sekitar €50 utk 2nd class, sy cukup membayar €30 utk 2nd class.

Oiya ada saat2 tertentu, misal tiket udh berusia 4 bln, pihak Eurail Pass kadang suka ksh diskon yg lumayan lhoo.

2. Eurail Select Pass

Berlaku utk 4 negara yang saling berbatasan. Misalnya Benelux-Germany-Czech-Austria. Untuk Benelux (Belgium, Netherlands, Luxembourgh), dihitung menjadi 1 negara ya.

3. Eurail Regional

Berlaku utk 2 negara yang saling berbatasan. Misalnya Benelux-Germany.

4. Eurail One Select

Berlaku utk 1 negara saja. Misalnya Benelux. Untuk Eurail One Select, kita bisa punya alternative lain yaitu misalnya saat kita sudah berada di Swiss, kita tinggal beli Swiss Pass di tourism informationnya. Jd gak harus beli Eurail One Select. Dan biasanya discount2 tertentu bisa lebih tinggi prosentasenya. Misalnya: dengan Eurail Pass, tiket ke Jungfraujoch dpt disc 25%, tapi dengan Swiss Pass bisa dpt disc 50%.

Dengan memiliki Eurail Global, kita bisa mengelilingi eropa sepuasnya. Waktunya pun flexible. Jika kita terlambat datang untuk jadwal tertentu, kita bisa tunggu kereta berikutnya. Sedangkan utk tiket point to point, kita mesti dtg tepat waktu sesuai jadwal yang tertera di tiket. Dan kl mau sekedar iseng doank naik kereta, asik juga tuh dicoba…tau2 udah seluruh wilayah eropa diputerin  .

Oiya cara penggunaan tiket Eurail ini utk pertama kali adalah kita tinggal datangi petugas loket di station utk dikasih cap alias diaktivasi. Setelah itu bisa bebas kita pake deh sesuai jenis Pass yg kita miliki.

1 hal lg, dgn memiliki tiket pass, kita gak perlu ribet pegang ticket point to point n tuker di mesin tiketnya. Plus gak perlu takut kehilangan tiket alias hangus krn udh ketinggalan kereta.

 

PS: Aplikasi Eurail bisa diinstall dr playstore. Dr aplikasi ini akan didapatkan info lengkap Rail Planner.

Silakan jk ada yg mau mengkoreksi atau menambahi #‎BDEropa

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.