Liburan Perjalanan Darat Dari Myanmar Menuju Thailand Yang Bikin Deg-degan ,2021

Liburan Perjalanan Darat Dari Myanmar Menuju Thailand Yang Bikin Deg-degan ,2021


Rute: YANGON → MYAWADDY → MAE SOT → BANGKOK

Yangon, 28 Desember 2014

Kami beli tiket bus jurusan Yangon-Myawaddy di terminal bus di Aung Mingalar Highway Bus Station seharga Ks15000/orang sehari sebelum berangkat. Busnya ber-AC namun sempit. Sebelum berangkat, kita bisa beli makanan di terminal seperti jagung rebus dan burung puyuh goreng. Paspor kami juga akan difotokopi oleh pihak bus. Kemudian kami diberi air minum dan plastik kresek. Bus berangkat jam 6.30pm.

Dalam perjalanan kita akan memasuki jalan yang sempit yang hanya muat satu kendaraan. Sebagai contoh, jam 3 pagi kendaraan di depan bannya bocor, jadi kita harus nunggu sampai masalah selesai, baru bisa jalan lagi. 29 Desember jam 6 pagi kami melewati check point pertama. Petugas akan meminta paspor untuk difotokopi. 1 jam kemudian bus melewati jalur yang sangat mencekam, yaitu jalan kecil yang meliuk tajam naik turun gunung. Tidak ada pengaman jalan, hanya ada ilalang tinggi dan tiang-tiang pendek. Tidak ada aspal, hanya ada pasir yang membuat jalan semakin licin. Penumpang sebelah kiri sudah mabok. Kami lemas dan baru sadar kegunaan plastik kresek yang dibagikan semalam. Keadaan seperti itu selama 3 jam ke depan. Jalur kecil ini hanya muat untuk satu jalur, karenanya rute dibuat alternatif: hari ini untuk menuju Myawaddy, esok hari untuk menuju Yangon, dan seterusnya.

Jam 10 pagi, masih di atas gunung, kami melewati check point kedua dan paspor kami kembali difotokopi oleh petugas. Sesaat setelah check point, jalanan mulai melebar dan beraspal. Kami hampir sampai di kota Myawaddy.


Myawaddy, 29 Desember 2014

Kami diturunkan di depan kantor bus, sangat dekat dengan perbatasan. Dari situ kami jalan kaki ke arah perbatasan dan juga menukarkan uang Kyatts ke Baht di bank. Setelah itu kami jalan menuju fly-over, di mana ujung yang satu adalah imigrasi Myawaddy (Myanmar) dan ujung yang lain adalah imigrasi Mae Sot (Thailand). Petugas imigrasi di kedua tempat sangat ramah.


Mae Sot, 29 Desember 2014

Di imigrasi Mae Sot kami diberi izin tinggal 15 hari di Thailand, tidak seperti biasanya 30 hari kalau lewat udara/lewat darat dari Malaysia. Kemudian kami naik angkot seharga THB20/orang menuju terminal. Sesampainya di terminal, bus paling cepat menuju Bangkok jam 6.40pm seharga THB333/orang. Kami memutuskan untuk ngaso, makan, dan bersih-bersih sambil menunggu.

Di perjalanan menuju Bangkok, ada pengecekan lagi oleh petugas Thailand, tapi paspor tidak perlu difotokopi oleh mereka.

Bangkok, 30 Desember 2014

Jam 2 pagi kami sampai di Mochit Bus Terminal, Bangkok.

TOTAL BIAYA TRANSPORTASI PER ORANG & WAKTU

BIAYA TRANSPORTASI

WAKTU

Bus Yangon-Myawaddy

Ks 15000

 

Yangon-Myawaddy

16 jam

Angkot imigrasi Mae Sot – Terminal bus

 

THB 20

Myawaddy-Mae Sot

1 jam

Bus Mae Sot-Bangkok

 

THB 333

Menunggu di Mae Sot

6 jam

 

 

 

Mae Sot-Bangkok

8 jam

 

 

 

 

 

TOTAL BIAYA TRANSPORTASI

Ks 15000

THB 353

TOTAL WAKTU

± 31 jam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.