Tips Wisata Dan Menghitung Budget Travelling Di Jepang Yang Murah Meriah 2021



OSAKA

1. Kansai Airport ke Kota Osaka, 1.160 yen, naik kereta ada di lantai 2F.

2. Universal Studio harga tiket 6.200 , kalo sudah lebih dari jam 3 sore, ada diskon "Twilight", jadi harganya lebih murah, yaitu 4.800 yen.

3. Osaka Castle 500 yen, bisa liat Osaka dari atas Istana, salah satu tempat yang mesti dikunjungi kalo ke Osaka.

Hostel Rekomendasi : J-Hoppers (http://osaka.j-hoppers.com/).

Ada beberapa toko yang kalo jam 10 lebih diskon setengah harga, karena mereka hanya menyetock makanan fresh.

OSAKA - UNIVERSAL STUDIO

OSAKA - KANSAI AIRPORT (KIX)

Internet paling bagus ada di lantai 2F, terminal domestik. Wusss kecepatannya.

TOKYO

Tempat Menginap

Shinjuku, tempat paling rame.

Asakusa, banyak Hostel, cuma padet banget disiniTapi banyak fastfood dan juga restoran lokal. Hostel Rekomendasi:

- Ryokan Kamogawa, deket sama Stasiun Asakusa.

- Khaosan Tokyo Kabuki, 5 menit jalan dari Metro & JR Stasiun Asakusa. 2 menit jalan dari Kaminari Gate & Senso-Ji.

- K's House Tokyo Oasis, 15 menit jalan dari Metro & JR Stasiun Asakusa. 5 menit jalan dari Tsukuba Stasiun Asakusa (Private Line)

Transportasi Lokal

- Tokyo Metro

Sebaiknya beli 1 day or 2 consecutive days pass. Pass ini hanya berlaku untuk Metro line. Tidak berlaku untuk railways yg lain, misal: JR dan private line lainnya. Lihat keterangan di sudut kanan bawah peta subway.

Info detail: http://www.tokyometro.jp/en/ticket/value/index.html

TOKYO - DISNEY LAND

HIROSHIMA

Tempat Menginap

World Friendship Center, deket sama Peace Park, tinggal jalan aja. 15 menit.

HIROSHIMA - ETAJIMA ISLAND

KYOTO

Tempat Menginap

Di sekitar Teramachi Street, sangat banyak tempat makan dan toko-toko lainnya.

- Khaosan Kyoto, kurang dari 3 menit jalan dari Station Shijo Kawaramachi dan bus stop. 3 menit jalan ke Teramachi Street. 10 menit jalan ke Gion Kyoto.

- Kyoto Hana Hostel

Transportasi Lokal

- City Bus

Jaringan bus di Kyoto menjangkau seluruh jalan utama. Tarif bus flat fare 220 yen sekali jalan. Sebaiknya beli All-Day pass seharga 500 yen.

Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata utama Kyoto, sebaiknya ikuti rute Raku bus (Bus Nomor 100, 101, dan 102). Pada saat peak season, Raku bus 100 bisa penuh sesak seperti di Metromini.

City Bus Map: http://www.city.kyoto.lg.jp/kotsu/cmsfiles/contents/0000019/19770/busnavi-e2011.pdf

- Subway

Kyoto juga mempunyai jaringan subway yang bagus, tetapi dikelola oleh berbagai private company. Jadi kurang efisien kalau beli subway pass karena tidak bisa digunakan di jalur yg lain. Lebih baik beli tiket satuan.

- Sepeda

Lokasi-lokasi wisata utama d Kyoto berada di area timur, di Higashiyama area. Jarak antar lokasi bahkan bisa di tempuh dengan berjalan kaki. Untuk yang mau lebih nyaman dan cepat, bisa juga naik sepeda. Harga sewa sepeda rata-rata 1,000 yen per hari.

INFO LAINNYA

MAKANAN DAN MINUMAN

- Sushi, Okonomiyaki, Kare, Sashimi. kalo Saya pribadi ga terlalu suka makanan Jepang, jadi belinya Mc Donald, dan makanan yang belum pernah di coba. Sudah 3 kali berturut-turut makan Big Macnya MCDonald. #intinya udah pernah nyoba makanan Jepang. (red, Furqan Alfath)

- Untuk sehari-hari, bisa beli onigiri dan sushi set di convenience store seperti 7 eleven atau Family Mart. Onigiri mulai 110 yen, sushi set sekitar 260 - 500 yen tergantung isinya berapa banyak. Paket 300 yen sudah cukup buat makan siang saya.

Kalau makan sushi & sashimi di restoran, cukup beli satuan aja. Cari kedai sushi yang ga terlalu dekat lokasi wisata, harganya sekitar 120 yen per piring (kayak yang di Sushi Tei).

Fastfood seperti McDonald dan Burger King (dan starbucks juga) ada banyak di Tokyo & Kyoto. Chicken burger harganya 240 yen, pake kentang dan minum 490 yen. (red, Sisi Florensia)

- Yoshinoya. Bisa pilih nasi semur daging yang ada tahu. Harga 280 yen. Paketnya macam-macam. Tapi di Jepang tidak ada gorengan seperti di Indonesia. (red, Fidi D. Safitri)

TRANSPORTASI ANTAR KOTA

1. Willer Express

Murah meriah dan bisa disiasati tidur di dalem bis untuk menghemat biaya penginapan.

Info detail: http://willerexpress.com/bus/pc/3/top/.

Untuk bis Willer Express saya sarankan untuk membooking tiketnya di Indonesia saja dengan pertimbangan : (Vicky Kurniawan)

1. Di Jepang mereka juga tidak melayani pembelian secara konvensional karena semua penjualan dilakukan lewat internet. Daripada disana masih harus repot mencari koneksi internet mending tiketnya dipersiapkan dari Indonesia saja, dimana kita masih gampang untuk akses internet, email dan printer.

2. Untuk overnight bus (bis malam), kursi dengan harga terendah biasanya selalu full book duluan jadi jarang tersedia untuk pemesanan pada hari yang sama.

Untuk pick up point lebih baik pilih di kantor pusatnya saja, karena fasilitasnya lumayan lengkap. Ada luggage storage, internet gratis dan kursi yang nyaman untuk menunggu.

1. Kalau di Tokyo, kantor pusatnya terletak di Shinjuku Sumitomo Building lantai 1 F (dari Shinjuku Station naik Oedo Line turun di stasiun Tochomae)

 

2. Kalau di Osaka, letaknya di Umeda Sky Buiding (jalan kaki kurang lebih 15 menit dari Osaka Station). Dari Osaka station keluar di North Central Gate menuju Yodobashi Umeda. Jalan terus kearah kiri melewati gedung Grand Front Osaka. Dari jauh sudah kelihatan Westin Hotel. menyeberang jalan melewati terowongan di ujungnya langsung terlihat gedung Umeda Sky Building.

Japan Bus Pass harus dibeli di luar Jepang & berlaku 2 bulan. Tiga pilihan :

  • 1) 3 Day Pass 10,000 yen.
  • 2) 4 Day Pass 12,000 yen.
  • 3) 5 Day Pass 14,000 yen.

2. Japan Rail Pass

JR Pass dapat digunakan untuk seluruh jalur kereta api, bus, dan ferry milik JR, termasuk kereta Shinkansen (kecuali Nozomi). Dengan Shinkansen, Tokyo-Kyoto dapat di tempuh dalam waktu 3 jam, dan Osaka-Kyoto dalam waktu 30 menit.

Selain untuk transportasi antar kota, JR pass juga dapat dipakai untuk transportasi local di jalur JR Railways (tidak berlaku untuk private railways), transportasi dari/ke airport, dan transportasi ke kota-kota satelit dan prefecture di sekitar Tokyo (Misal: Nikko, Kamakura) dan Kyoto/Osaka (Misal: Arashiyama, Nara, Kinosaki).

Sayangnya harga JR pass cukup mahal dibandingkan moda transportasi lain. Akan tetapi, JR pass tetap lebih effisien daripada membeli tiket kereta secara satuan (terutama Shinkansen). Sebagai gambaran, harga JR pass mulai 28,300 yen untuk pass selama 7 hari, sedangkan harga Shinkansen hanya untuk rute Tokyo-Kyoto-Tokyo saja sudah 26,500 yen.

Info detail: http://www.jrpass.com/

3. Seishun 18 Kippu

Tiket ini berlaku untuk seluruh jalur kereta api lokal dan rapid (kaisoku) milik JR. Tiket ini TIDAK BERLAKU untuk kereta Shinkansen, Ltd Express, dan Express. Dengan kereta lokal dan rapid, Tokyo-Kyoto dapat ditempuh dalam waktu 10 jam dan 5 kali transfer kereta. Tidak dapat digunakan untuk overnight train.

Tiket ini adalah tiket harian yang dapat digunakan untuk untuk 5 kali pemakaian. Artinya tiket tidak perlu digunakan 5 hari berturut2 dan siapa saja dapat menggunakan tiket ini. Jika ada 2 orang, maka 2 orang dapat menggunakan tiket di hari yg sama, akan dihitung 2 kali pemakaian.

Dengan harga 11,500 yen untuk 5 kali pemakaian, tiket ini adalah yang pilihan yang paling hemat. Hanya saja, tiket ini hanya dijual untuk periode tertentu selama liburan sekolah.

Info detail: http://www.japan-guide.com/e/e2362.html

General Information:

Untuk mengecek jadwal kereta dan estimasi waktu perjalanan antar kota di Jepang:

http://www.hyperdia.com/

ACTION FIGURE

Beli di dekat AkibaharaTokyo.

BARANG ELEKTRONIK

Sekeliling Saya di Tokyo, harga sama aja bahkan lebih mahal. Menurut Saya, lebih baik beli di Indonesia, kalo kenapa kenapa sama barangnya, jadi gampang ngurusnya.

PUBLIC BATH (PEMANDIAN UMUM)

Ya, yang satu ini benar-benar umum, dan telanjang bulat.

INTERNET DI JEPANG

Sebelum ke Jepang, saya berfikir Jepang punya akses Wi-Fi yang mudah, ternyata tidak, sekalipun itu di Tokyo. Di Stasiun kalo ada pun di lock, Saya bisa internetan hanya di hostel. Jadi kalo butuh map, hostel, silahkan persiapkan dengan matang di Indonesia.

BUDAYA BAHASA

Jarang sekali ada orang Jepang yang bisa Bahasa Inggris, dari hostel sampe information di stasiun juga belum tentu bisa berbahasa Jepang.

Ada yang menurut Saya unik, di saat Saya berbicara Bahasa Inggris, mereka malah balas dengan Bahasa Jepang. Seakan-akan Saya mengerti.

Kalo biasanya Kita tidak mengerti suatu bahasa kan tidak perlu dibalas, cukup pakai body language.

Dan, entah kenapa jarang sekali ada translate Bahasa Inggris, hampir semua ditulis Bahasa Jepang yang seharusnya itu ada bagi Kita orang Indonesia, misal di dalam kereta, pengumuman kereta. Unik. 

TOURIST ASING

Jarang sekali ada tourist, hampir semuanya berwajah Jepang. Setidaknya dengan negara Jepang yang sudah maju, tourist sudah dapat dilihat dimana-mana, kenyataanya hanya tempat tempat tertentu saja Saya dapat melihat tourist.

PENGGUNAAN KAMERA DI JEPANG 

Kebanyakan kuil di Jepang melarang penggunaan Tripod untuk berfoto didalam areanya. Jadi bagi solo backpacker bersiap-siaplah meminta bantuan orang lain untuk berfoto atau bila ingin menggunakan tripod berfotolah diluar area kuil.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.