Tips Liburan Ke Machu Picchu Di Peru Dari Cusco 2021



"Do it yourself Machu Picchu from Cusco"

 

Best time to visit :

1. Juni-Agustus

2. Mid May : Belum banyak turis.

3. September Oktober : Turis juga sudah lumayan berkurang.

Musim Hujan di Peru sudah mulai Mid Oktober- Mid May.

Machu Picchu tutup di bulan Februari untuk maintenance.

 

1. Train from Cusco ( www.perurail.com ) to Aqua Calientes

2. Kalau kehabisan tiket dari Cuzco atau schedulenya gak matching, bisa naik minibus dari Cusco ke Ollantaytambo ( 1 jam ) dan naek kereta dari situ. Di website perurail.com pilih (Sacred Valey)

 

3. Saya dulu menginap di Ollantaytambo semalam sebelum dan sesudah ke Machu Picchu karena Cusco terlalu touristic buat saya, kaget :-) banyak banget Turis maklum baru turun gunung. Tapi Cusco cantik banget.. huge and lots of things to do, bar, salsa club, restaurant, ruins, Sacred Valley etc. (btw Ollantaytambo is one of the Sacred Valley spot)

 

Aquas Calientes itu kota dibawa Machu Picchu sekitar 20 menit naik bis dari Machu Picchu.... jadi lebih baik menginap satu malam di Aqua Calientes agar lebih mudah besok paginya ke Machu Picchu, dan mungkin satu malam lagi kalau misalnya hujan/berkabut. Jangan sampai jauh jauh ke Peru, tapi gak bisa ambil photo karena berkabut/hujan.

 

Tips.

Sejak tahun lalu, peraturan baru, pengunjung Machu Picchu, dibatasi 2500 orang perhari. Peak season, disarankan untuk membeli tiket jauh hari lewat website http://www.machupicchu.gob.pe/

* Tiket untuk masuk Machu Picchu tidak dijual di gerbang masuk. (Harus bayar pake soles)

 

Another tips :

Ada dua group buat hike Huayna Picchu yang jam 7 pagi dan jam 10 pagi, saran saya ambil yang jam 10 pagi. Karena Machu Picchu bagus diphoto pagi pagi, sunrise light muncul jam 7 pagi..... dan seluruh ruins di Machu Picchu indah diphoto di matahari pagi. Dan selain itu... group tour belum dateng jam segitu.. masih lumayan agak 'lega' buat explore Machu Pichu. Most groups will arrive around 9-10AM.. nah kabur deh ke Huayna Pichu..

 

Kalau gak mau climb ke Huayna Picchu ya.. nyantai aja. Atau gak ada waktu atau gak ada rencana buat stay di Aqua Calientes, bisa langsung naek kereta, nyambung naek bis ke Machu Pichu... tapi sayang udah jauh jauh .... :-)

 

Inca Trail

Yang ingin ikutan INCA TRAIL, tahun 2010 biayanya sudah sekitar 400-500 dollar untuk 4 hari trekking (All inclusive).Ada suggestion katanya bisa dapet murah kalau sign up di lokal agency (200 Dollar) Tapi permasalahannya adalah Inca Trail itu sangat populer dan orang2x booking dari 5-6 bulan sebelumnya. Jadi kalau bener2x mau ke Machu Picchu lewat Inca Trail, harus booking dari jauh jauh hari.

Inca Trail harus dengan Tour Operator.

Terbatas hanya 500 orang per hari, termasuk porter,guide, tourist.

 

 

HUAYNA PICHU

1. It's a must!!

2. Peraturan baru setelah tahun 2011, tiket Huayna Picchu harus booking minimal 1 bulan sebelumnya. Terbatas hanya 400 orang setiap harinya. 200 orang untuk yang jam 7 pagi dan 200 orang untuk jam 10 pagi.

3. Untuk yang fit 30-45 menit untuk mendaki Huayna Pichu.

 

 

SARAN SAYA : Do Machu Picchu dan Huayna Picchu ... Sebelum di tutup.

 

Last Update dari Nia Gondronk (18 December 2014)

Teh Echi... ikut update ya. 

Sekarang kereta dari Poroy bukan dari Cusco yg ke Ollantaytambo. Dari Cusco ke Poroy bisa naik minivan atau istilah lokalnya Colectivo, naiknya dari pos nya di jalan Pavitos. Kalo kami kmaren dari Pavitos langsung ke Ollantaytambo 2 jam bayar 10 soles. Turun di Plaza nya Ollantaytambo. Di Plaza itu ada hotel Plaza. Kamar buat 2 org seharga 50 soles. Besoknya sy titip ransel di hotel itu dan ke Manchu Pichu cuma bawa day backpack isi seperlunya. 

Tiket kereta dari Ollantaytambo ke Aguas Calientes paling murah sekitar 50usd sekali jalan. 

Kalo mau irit atau terpaksa ngirit dari Ollantaytambo naik bus ke Santa Maria. 

TIDAK DISARANKAN DENGAN CARA INI DI MUSIM HUJAN (dec - mar).

  • 1. Bus datang jam 3 sore tp katanya jam 10 pagi jg ada. 
  • 2. Tunggu bus nya di Plaza sisi utara. Ongkos 15 soles. Lama perjalanan sekitar 4jam. 2 jam naik sampai puncak tertinggi diatas awan lalu 2 jam turun. 
  • 3. Turun di Santa Maria ntar langsung disambut sopir taxi untuk ke Santa Teresa. Silakan nego. Kmaren sy sharing denga 3org lain bayar 10 soles perorang. Jalanan tanah berbatu, kiri jurang, kanan tebing rawan longsor.  Perjalanan Santa Maria ke Santa Teresa sekitar 1 jam. 
  • 4. Santa Teresa kotanya lebih luas dr Ollantaytambo tp lebih sepi. Hostel (hospedaje) sy dapat 20 soles semalam. Tidak ada wifi disini. Warnet ada tp kecepatannya menggik menthul. 
  • 5. Dari Santa Teresa naik colectivo ke stasiun hydroelectrico. Sopirnya teriak IDRO IDRO! Huruf H diawal kata tidak dibaca. Lama perjalanan ke idro 30 menit. Bayar 5 soles perorang. 
  • 6. Dari idro susuri rel sampe mentok abis. Di sebelah kanan rel ada jalan kecil naik masuk hutan. Ikuti jalan itu. Gak lama akan ketemu rel lagi. Belok kiri. Jalan terus ikuti rel. 2,5 jam kemudian sampai di Aguas Calientes. Kalo masih kuat bisa lanjut naik Manchu Pichu 2 jam (katanya... sy sih milih ngebis). 

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.