Tips dan Panduan Mempersiapkan Pejalanan Ke Korea Selatan Bagi Traveller Pemula 2021



Halo teman-teman semuanya, senang bisa berbagi pengalaman saya ke Korea dengan kalian semua. Perlu diketahui tujuan saya hanya membantu untuk memberikan gambaran apabila teman-teman ingin berkunjung ke Korea Selatan dengan biaya budget dan juga mempersiapkan sendiri semua. Adapun seluruh informasi yang saya berikan di bawah ini, semua adalah informasi dimana sesuai dengan apa yang saya sudah alami. Apabila ada informasi lain yang dibutuhkan terutama mengenai akomodasi bisa lebih lanjut melakukan survey ke website2 untuk pembelian hotel seperti agoda.com, booking.com, etc. Bila ada pertanyaan, bisa langsung menghubungi saya di FB. Terima kasih

 

Pesawat :

·         AIR ASIA

o   Tiket PP Promo Jakarta – Incheon +/- di Rp 3.500.000 – 4.000.000 (sesuai dengan kebutuhan bagasi masing-masing)

o   Pembelian tiket bisa secara terusan Jakarta – Incheon atau beli putus Jakarta – KL + KL- Incheon. (Pembelian putus bisa jadi harga lebih murah, tapi sedikit repot dengan pembeliannya)

o   Lama perjalanan KL – Incheon +/- 6 jam ++

·         GARUDA INDONESIA

o   Tiket PP Promo Jakarta – Incheon +/- di USD 425 – 550 (tergantung Kurs)

o   Untuk maskapai ini hanya ada penerbangan langsung.

o   Lebih mahal sedikit dari Air Asia namun lebih nyaman untuk perjalanan panjang

o   Lama perjalalanan +/- 8 jam ++

 

Penginapan : (ini penginapan yg saya tempati selama saya di Korea Selatan)

·         SEOUL à NAMDAEMUN GUESTHOUSE (Reservasi : +821-056-904-020 Mr. Chae Bo Young)

o   Tempat bersih dan nyaman, pemiliknya lancar bahasa Inggris

o   Dekat dengan MRT Station

o   Ada minimarket 24 jam

o   Ada tempat makan didekat guesthouse yang buka 24 jam. Harga murah dan enak

o   5 menit jalan ke Namsan Tower dan ke Namdaemun Market

o   Reservasi bisa melalui whatsapp. Bayar pada saat check in

o   Disediakan breakfast. Bisa roti, bisa Mie instan. Teh, kopi, air juga lengkap.

o   Bila akan ke Everland, pemilik bisa membantu mendapatkan tiket diskon dan likasi untuk bis ke Everland tidak jauh

o   Namdaemun terletak ditengah kota sehingga sangat dekat dengan banyak tempat wisata

 

·         BUSANà DYNAMIC GUESTHOUSE BUSAN (Reservasi : melalui airbnb.com atau booking.com dan konfirmasi ke +821-028-251-381 Mr. Haru Yoon Yeong Soo)

o   Tempat bersih dan nyaman, pemiliknya lancar bahasa Inggris

o   Lokasi cukup strategis. Dekat dengan MRT Station. Terletak di lantai paling atas sebuah bangunan apartemen sehingga pemandangan di guesthouse sangat bagus.

o   Disediakan breakfast. Bisa roti, bisa Mie instan. Teh, kopi, air juga lengkap.

KONEKSI INTERNET :

·         WIFI

WIFI di Korea Selatan sangat bagus. Bila tidak terlalu penting, (hanya untuk tetap eksis) maka bisa online dengan wifi-wifi gratis yang tersedia. Bila dirasa dibutuhkan bisa menyewa wifi reuters di counter2 yang tersedia di Bandara Incheon – Note : untuk wifi reuters tdk bisa konek kalau kita sendang di luar Seoul

·         KARTU PERDANA

Saat ini di Seoul tersedia Kartu Perdana yang khusus untuk turis. Bisa di beli di GS25 (minimarket) yang ada di bandara Incheon. EG SimCard. Harga 30,000 won bisa untuk 1 minggu. Mahal? Memang tapi kita bisa terhubung dengan internet dimana saja kapan saja. Bisa untuk telepon dan sms hanya untuk nomor Korea saja. Tapi keluarga atau teman di Indonesia bisa menelpon atau sms kita. Tidak berlaku untuk BB. Hanya Iphone dan Android saja. Tidak semua BB bisa dipakai di Korea.

 

NOTE : di semua guesthouse atau hostel selalu menyediakan PC yang dilengkapi dengan koneksi internet. Jadi silahkan membawa flashdisk atau External HD untuk membackup foto/video bila dibutuhkan.

 

UANG :

Mata uang Korea adalah WON. 1 Won berkisar Rp 11 – 12,5. Usahakan membawa Won cukup. Dan USD sebagai cadangan. Jangan mengandalkan ATM kita di Korea karena International bank (Misal : Citibank) sangat jarang ditemuin di sana. Sementara untuk Bank-bank lokal Korea hampir semua PIN dengan 4digit angka saja.

 

MAKANAN :

  1. ·         Makanan di Korea banyak yang pedas dan asam. Tapi banyak juga yang tidak pedas. Jangan takut kepedasan karena Air minum di sana FREE dan boleh bebas refill J
  2. ·         Untuk porsi, makanan Korea porsinya cenderung besar2. 1 porsi bisa untuk berdua. Tapi bila pergi berdua, usahakan tetap memesan dua macam menu. Karena biasanya kalau hanya pesan 1 macam untuk berdua, pemilik akan sedikit cemberut hihihi... Bila memesan 2 porsi atau lebih, silahkan memesan dengan jenis berbeda supaya bisa mencoba banyak menu.
  3. ·         Jangan takut dengan harga. Bila tidak makan di restaurant atau di Mall, maka makanan di Korea harga terjangkau.
  4. ·         Kita akan mendapatkan banyak menu pembuka GRATIS di semua tempat makan yg kita singgahi.
  5. ·         Makanan banyak yang di masak dari saat benar2 fresh mentah tanpa bumbu2 tambahan sehingga rasanya masih asli. Tapi jangan takut amis. Karena daging/seafood disana sangat bersih.

 

TRANSPORTASI :

  1. ·         Dari Bandara Incheon menuju kota dengan budget cost, bisa menggunakan bus atau subway atau AREX. Bus dan subway adalah yang termurah tapi memakan waktu sedikit lebih lama. Saya memilih AREX (Airport Express) karena nyaman, cepat dan mudah. Untuk membeli tiket AREX, dari pintu keluar setelah pengambilan bagasi, silahkan ikuti petunjuk AREX atau KTX (turun e bawah satu lantai) setelah itu silahkan menuju ke counter pembelian tiket AREX. Pemberhentian terakhir AREX di Seoul Station. Dari Seoul station, saya melanjutkan naik taksi menuju guesthouse karena tidak mahal dan lbh mudah.
  2. ·         Untuk menuju Busan, saya menggunakan KTX (kereta cepat di Korea). Bisa menggunakan bus juga tapi saya memilih menggunakan KTX. Selain lebih cepat dan sangat nyaman sekali, saya juga ingin merasakan naik kereta cepat di Korea. Saya sarankan untuk memesan tiket dulu secara online melalui website KTX. Silahkan pilih tiket 3hari (jika sesuai dengan itinerary saya) karena harga lebih murah daripada beli tiket berangkat dan pulang terpisah. Pemesanan online hanya untuk mendapatkan konfirmasi e-tiket saja. Sampai di Incheon silahkan tukarkan e-tiket kita dengan tiket KTX dan serahkan Kartu kredit yang kita cantumkan saat pemesanan karena kartu kredit kita baru akan charge setelah kita menukarkan e-tiket. Apabila e-tiket tidak ditukarkan makan kredit card tidak akan memotong, tapi kita juga tidak bisa memakai e-tiket sebagai tiket untuk naik KTX.
  3. ·         Sehari-hari, saya menggunakan subway dan bus sebagai sarana transportasi. Taxi hanya saya gunakan saat dari seoul station ke guesthouse (krn membawa koper besar) dan saat pulang dari Hongdae karena sudah terlalu malam.
  4. ·         Untuk kenyamanan, bisa membeli T-Money (kartu transportasi yang bisa dipakai di subway dan bus). Bisa di beli di minimarket atau di counter tiketing di Incheon. Pengisian ulang bisa diseluruh station subway

 

NOTE : Perlu dicatata bahwa hanya sedikit stasiun subway di Seoul dan Busan yang menggunakan eskalator. Statiun subway di Korea = TANGGA dan jauh. Jangan duduk dibagian Manula apabila ada bangku kosong. Jangan menyilangkan kaki pd saat duduk karena bagi orang tua Korea, hal tersebut tidak sopan. Jangan makan dan minum di dalam subway juga.  Jangan takut tersesat karena petunjuk di stasiun subway ada kata dalam huruf bahasa inggrisnya.

 

IKLIM dan PAKAIAN :

  1. ·         Untuk Musim Semi dan gugur, cuaca dingin namun tidak bersalju. Silahkan memakai jaket dan dalaman LONGJOHN untuk menjaga kehangatan tubuh. (Longjohn dengan harga terjangkau dan kualitas baik bisa didapat ditoko baju perlengakapan musim dingin di ITC Kuningan atau di Mangga dua. Apabila harga mahal ada di Universal Traveller di Baywalk Mall)
  2. ·         Korea udara cenderung lembab dan dingin sekali bila hujan atau angin. Tetap jaga-jaga bawa kaos tangan untuk melindungi tangan
  3. ·         Untuk musim dingin, dapat melindungi badan dengan LONGJOHN khusus untuk suhu Minus. Lebih mahal dari longjohn biasa tapi lebih tebal sehingga lebih hangat.
  4. ·         Apabila musim panas, tetap disarankan membawa jaket, karena pengalaman teman, jika malam tetap dingin dan berangin J
  5. ·         Jangan menggunakan high heels bila kita berpergian sendiri. Karena rata-rata tempat wisata dan stasiun kereta di Korea itu jalannya JAUH dan banyak sekali TANGGA.

 

BAHASA:

Bahasa Korea, untuk huruf mudah dibaca namun percakapan mereka ada tingkatan formal dan non formal. Jangan takut bertanya karena sekarang Pusat informasi untuk turis sangat banyak di tempat-tempat umum. Penduduk korea juga rata-rata mau membantu menunjukkan jalan apabila kita bertanya.

 

OBAT:

Obat-obatan yang perlu dibawa paling utama adalah obat maag dan obat sakit perut. Krena makanan Korea cenderung asam dan pedas. Bagi yang punya maag lebih perhatian. Selain itu Obat capek (Fatigon, neuralgin), Koyo karena di Korea jalannya jauh. Obat sakit gigi siapa tau pas pergi cuaca dingin gigi linu. Tolak angin/ minyak angin untuk jaga-jaga jika cuaca berangin. Obat-obat standar lainnya sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.