Tips Self Defense Untuk Para Backpacker Yang Solo Traveling 2021

Tips Self Defense Untuk Para Backpacker Yang Solo Traveling 2021


Self defense berbeda dengan martial art yang identik dengan perkelahian, self defense lebih kepada upaya untuk menjaga diri dari bahaya yang mengancam keselamatan kita.

Sebagai seorang Backpacker, Upaya Self defense dapat dilakukan dalam 2 cara yakni, Upaya pencegahan dan ketika dalam kondisi darurat

1).Upaya Pencegahan.

Sebelum pergi ke suatu tempat, kumpulkanlah informasi yang akurat tentang daerah-daerah rawan yang ada di tempat tersebut.

Catat nomer telpon penting yang ada disana, misalnya : No. Telpon Polisi, Ambulan, atau KBRI

Jangan pasang wajah bingung sekalipun baru pertama kali menginjakkan kaki di tempat tersebut. *Tips : biar tidak kelihatan bingung ketika sedang mencari arah/tujuan, pura-puralah ambil foto sambil mengamati daerah sekitar. Ingat! kita tidak pernah tahu bahaya apa yang sedang mengintai kita di tempat tersebut.

Waspadalah dengan barang bawaan anda. Pastikan menaruh barang berharga di tempat yang aman dan sulit dijangkau oleh orang lain*Tips : Untuk cowok, jangan taruh dompet di saku belakang, taruhlah di depan. Untuk cewek, taruhlah tas selempang anda di tempat berlawanan dengan arus lalu lintas jalan.

Jika ada orang yang menepuk punggung kita dari belakang, jangan langsung menoleh!. Majulah selangkah kedepan (jaga jarak), baru menoleh. Ini berfungsi untuk mencegah kita dari gendam/hipnotis.

2). Ketika dalam kondisi darurat

1. Jika mereka menginginkan barang berharga kita dengan ancaman senjata tajam, berikanlah apa yang mereka minta. Ingat, nyawa kita jauh lebih berharga.

2. Jika itu berkaitan dengan keselamatan nyawa kita (kontak fisik), maka kita juga harus siap untuk menyakiti orang tersebut demi melindungi nyawa kita.

*Misal : ketika dicekik dari depan         

-Gunakan bantalan tapak tangan untuk mendorong dagu lawan,            

-Pakailah siku kita untuk mendorong tangan lawan,            

-Gunakan kaki kita untuk menendang kaki lawan.

*Misal : ketika dicekik dari belakang           

-Gunakan kepala kita untuk membentur kepala lawan,            

-Gunakan jari tangan kita untuk “menculek” mata lawan,            

-Kalau bisa, putar balik tangan lawan dan patahkan jarinya.

Setelah salah satu upaya diatas berhasil dilakukan, LARILAH dan segeralah minta pertolongan.

Kita tidak pernah tau bahaya apa yang ada di depan kita, tapi, dengan sedikit mempelajari self defense minimal kita punya kemampuan untuk mencegah kejahatan itu terjadi pada diri kita.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.