Rute Dan Cara Trekking Di Nepal Yang Aman Dan Bisa Di Coba Oleh Pemula 2021

Cara Trekking Di Nepal Yang Aman Dan Bisa Di Coba Oleh Pemula 2021



Aklimatisasi :

Satu cara untuk mencapai ketinggian dengan cara bertahap. Umumnya saat mencapai ketinggian diatas 3000 meter, trekkers akan beristirahat sehari diketinggian tersebut untuk membiasakan diri terhadap kadar oksigen pada ketinggian itu.

Lamanya "menetap" di ketinggian itu bisa sehari, bisa 2 hari, tergantung perasaan nyaman yang dirasakan ybs.

Setelah mencapai ketinggian 3000m dan selanjutnya setiap bertambah ketinggian 1000m, akan dilakukan lagi proses aklimatisasi ini. Jadi di 4000m, 5000m akan dilakukan lagi proses ini sesuai kebutuhan.

Menurut teori seputar penyakit ketinggian ini, disarankan dalam sehari perjalanan selisih ketinggian antara tempat bermalam kemarin dan hari ini tidak boleh lebih dari 1000 meter.

Sngat disarankan untuk menjaga perbedaan ketinggian tempat anda bermalam tidak lebih dari 500m dari tempat anda bermalam sebelumnya, ikuti aturan "walk high sleep low", yang artinya, anda boleh saja di 1 hari naek 1000m, tapi pastikan anda bermalam di tempat yg tingginya maximum 500m dari tempat anda bermalam sebelumnya untuk membantu menghindari AMS.

Nah ini yang menjadikan perjalanan di pegunungan ini menjadi unik, karena tidak dapat ditempuh secara singkat atau tiba-tiba. Karena pasti akan fatal akibatnya.

 

Trekking di Annapurna Base Camp 4130 Meter, 13-18 Juni 2012 (low season dan cuaca summer menuju monsoon) - by Edward Fernando

Lebih baik memulainya dari Pokhara. Karena Pokhara adalah kota terdekat untuk memulai trekking di ABC. Jika kota awal anda adalah Kathmandu (jika anda datang via udara), anda akan tetap melanjutkan perjalanan ke Pokhara terlebih dahulu. Kathmandu-Pokhara bisa ditempuh by bus 5-6 jam. Harga tiket bus NPR 500 (harga per Juni 2012)

Hari 1-2 di Pokhara anda akan stay dulu di guest house (sambil menikmati kota Pokhara tentunya...hehehe) sambil menyiapkan segala keperluan trekking seperti permit dan perlengkapan trekking. Sebenarnya anda bisa menyiapkan kedua hal tersebut sewaktu anda masih berada di Kathmandu. Its up to U...:)

Hal-hal yang harus dipersiapkan sebelum trekking antara lain:

-Entry Permit dan TIMS card, caranya seperti diuraikan diatas. Jika anda independent/individual trekkers dan tidak memerlukan Guide dan Porter, disarankan mengurusnya sendiri karena biaya juga akan lebih murah. Jika anda Group Trekkers anda bisa mengurus kedua surat ini melalui travel agent di Kathmandu atau Pokhara.

-Menyewa sepatu khusus trekking NPR 90/hari, jaket anti air NPR 80/hari dan trekking pole NPR 30/hari dan wajib menyerahkan deposit senilai NPR 4000 sebagai jaminan. Untuk penyewaan sepatu, jaket, trekking pole dan sleeping bag sangat mudah didapat di hampir semua toko perlengkapan trekking di Phokara.

-Membeli water purify untuk menetralisir air mentah/air pegunungan supaya aman diminum dan juga menghemat biaya air minum selama kita trekking. Karena semakin tinggi lokasi trekking maka harga air mineral atau air masak akan semakin mahal. Air mineral hanya tersedia sampai ketinggian -/+ 2000 meter. Diatas ketinggian 2000 meter, cuma tersedia air masak biasa dan harganya mencapai NPR 100-150 per 1 liter. Water purify bisa berupa tablet 50 butir atau berupa cairan, harga tablet dan cairan sama saja NPR 300. 1 tablet bisa untuk 1 liter air.

-Menyiapkan beberapa biskuit sebagai makanan cemilan selama trekking. Disarankan membawa biskuit coklat atau coklat bar dan makanan manis karena dipercaya menambah stamina.

-Menyiapkan obat-obatan standar seperti aspirin, tolak angin tablet, balsem, minyak kayu putih, plester hansaplast, betadine, carbon anti diare/keracunan makanan, obat tetes mata dan semua obat yang dirasa perlu dibawa selama trekking. Terutama bagi yang mempunyai penyakit anti ketinggian.

-Cukup membawa 1 tas backpack dengan isi sebagai berikut: 1 sleeping bag standard, 3 kaos oblong, 2 celana trekking, pakaian dalam secukupnya, kaos kaki tipis 2 pasang, kaos kaki tebal 1 pasang, 1 penutup kepala, 2 handuk kecil untuk lap muka dan badan. Alat-alat mandi, sabun cuci pakaian, 1 shawl, kantong plastik untuk pakaian kotor.

Hari pertama dari Pokhara Lake Side (area turis) bisa naik bus NPR 25 ke terminal bus Pokhara di pusat kota dan lanjut dengan bus NPR 90 dari Pokhara ke Nayapul. Atau jika budget lebih bisa naik taxi dari Pokhara ke Nayapul dengan tarif NPR 1000, bisa sharing dengan trekkers lain.

Trekking di Annapurna Base Camp sangat bisa dilakukan sendiri alias tanpa guide dan tanpa porter. Rutenya cukup jelas, dan hampir setiap titik pemberhentian ada petunjuk arah. Memang ada beberapa titik yang akan sedikit membingungkan kita karena kita dihadapkan pada 2 arah/jalur, solusinya tetap gunakan insting, yakin dengan arah yang kita pilih dan usahakan ditengah jalan kita ketemu dengan orang lokal atau trekkers lain dan tanyakan kembali kepada mereka apakah arah/jalan yang kita ambil sudah benar dan sesuai tujuan.

Usahakan jangan benar-benar melakukan trekking sendirian alias seorang diri, usahakan anda bisa mendapatkan teman selama trekking terutama untuk trekker wanita sangat tidak dianjurkan trekking sendirian untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Rute trekking yang ditempuh adalah sebagai berikut:

Hari pertama: Nayapul-Birethanti-Chimrong-Syauli Bazar-Kimche-Ghandruk 1940 Meter dpl

berhenti di Ghandruk, stay di Hotel Trekkers Inn, harga kamar NPR 100/malam/orang, masih free air panas buat mandi.

Hari kedua: Ghandruk-Komrong Danda-Kimrong Khola-Chomrong 2150 Meter dpl

berhenti di Chomrong, stay di Chomrong Cottage, harga kamar NPR 100/malam/orang, masih free air panas buat mandi. Hari ketiga: Chomrong-Sinuwa-Bamboo-Dovan-Himalaya-Deurali 3200 Meter dpl

berhenti di Deurali, stay di Dream Lodge, harga kamar NPR 150/malam/orang, air panas buat mandi NPR 100 per ember kecil.

Hari keempat: Deurali-Macapuchre Base Camp-Annapurna Base Camp 4130 Meter dpl

berhenti di ABC Base Camp, stay di Annapurna Guest House, harga kamar NPR 150/malam/orang, air panas buat mandi NPR 150 per ember kecil. Hari kelima: Annapurna Base Camp-Macapuchre Base Camp-Deurali-Himalaya-Dovan-Bamboo-Sinuwa-Chomrong 2150 Meter dpl, stay di International Guest House, harga kamar NPR 100/malam/orang Hari keenam: Chomrong-Jhinu-New Brigde-Kyumi-Syauli Bazar-Birethanti-Nayapul 1070 Meter dpl. Dari Nayapul langsung pulang ke guest house di Pokhara (Lake side)

#Harga makan berkisar NPR 200-500 untuk sekali makan

#Harga minuman seperti teh hangat/kopi/susu berkisar NPR 50-100 untuk sekali minum

#Biaya charger kamera/hp NPR 100-150 untuk sekali charger sampai full, tapi di ABC Base Camp biaya charger NPR 300 untuk sekali charger sampai full

#Untuk setiap pemberhentian tersedia beberapa guest house dan harga untuk semua guest house termasuk harga makanan dan minuman adalah sama.

Sebenarnya target awal waktu trekking adalah 7 hari, naik 4 hari dan turun 3 hari. Tapi akhirnya bisa selesai dalam waktu 6 hari, naik 4 hari dan turun 2 hari. Jika fisik kuat dan situasi/kondisi di lapangan memungkinkan, waktu trekking bisa dipersingkat menjadi 5 hari, naik 3 hari dan turun 2 hari. Memang ada yang mampu dan berhasil melakukannya dalam waktu 5 hari, cuma kembali lagi ke kemampuan fisik dan tenaga kita. Jangan sekali-sekali memaksakan kemampuan fisik kita. Intinya untuk rute Annapurna Base Camp bisa diselesaikan dalam waktu 5-8 hari.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.