Itinerary Liburan 10 Hari 9 Malam Ke China Dan Hongkong 2021 ,Wajib Di Coba




Bagian 1

Akhirnya tanggal yang ditunggu2, tanggal 22 Juni 2016 sampe juga hehe berhubung saya guru jadi cuma bisa ambil liburan pas anak2 liburan semester. Tadinya mau traveling ke jepang, tapi krn suatu dan lain hal jadinya menclok ke negara tirai bambu deh hehe

Sebelum traveling pasti belanja dulu (berhubung saya perempuan, jadinya agak banyak barang yang saya beli :D) dan mencatat barang apa aja yg diperlukan.

Ok langsung aja ke hari pertama berangkat nih tgl 22 Juni…saya ambil penerbangan Air Asia malam jam setengah 9 rute JKT-HK (harga Rp 998.000 + bagasi 20 kg Rp 360.000 à saya ga tau ini harga termasuk murah apa engga), transit di KL sampe jam 6 pagi waktu KL, tgl 23 Juni sekitar jam 11 an, saya sudah menginjakan kaki di bandara HK bersama teman2 saya.

Berhubung cuma saya yang bisa bahasa mandarin, akhirnya sy yang tanya2 hahahaha saya blm pernah ke HK, jd modal nekad aja, modalnya download mtr HK di play store, sama screen shootin tempat2 wisata yang saya search dari mbah google.

Pas keluar bandara, antri di imigrasi, ambil koper trs saya makan di salah satu resto airport. Makanannya cukup mahal 62 HKD sudah termasuk minum (kalo mau minuman dingin tambah 5 HKD lagi), saya pilih minumannya lemon teh panas (tehnya bener2 air mendidih wkkwkwk sama di cemplungin lemon doing, gula tambah sendiri). Abis makan saya beli kartu octopus 150 HKD (50 HKD jaminan, 100 HKD yang bisa dipake)

Setelah perut kenyang, mulailah kita mencari bis A21, antriannya panjang booo…saya pesen hostel daerah mirador mansion (di sebrang mirador mansion ada starbuck), jadi bis A21 itu melewati mongkok juga tsim shat sui (recommend kalo mau ke HK pesen hostelnya daerah 2 itu aja, lbh mudah dijangkau, kecuali punya uang lebih pesen di hotel bintang 5 hahaha). Akhirnya kita turun di tsim shat sui dgn biaya 33 HKD, trs tanya2 orang akhirnya sampe deh di hotel, kita pesen hotel 3D inn HK. Pas masuk ke hostelnya kok serem ya bangunannya tua2 gitu kaya di film kungfu hustle hehe tapi pas sampe hotelnya bersih, tapi kecilnya minta ampun, ga kepikir gimana kalo bule atau orang yang tingginya lbh dr 170 cm yang tinggal disana ya, palingan luasnya cuma 2x4 meter.

Abis taro2 koper, langsung deh jalan2 mengitari kota HK. Pertama saya langsung menuju ke avenue of star, tapi ga kebeneran banget, udh ga ada patung bruce leenya, katanya lg renovasi hik hik hik…ya sudah deh, akhirnya jalan berputar ke sampingnya yg ada museum, di sebelahnya museum ada lapangan besar, dan terlihatlah kota HK yang begitu amazing hahahha foto2 dl disana, trs lanjut cobain naik ferry ke central. Sebelum naik ferry, saya jajan dulu matcha drink sama chicken pie, enak lhooo trs yang jaganya cantik lhooo :D abis makan kita naik ferry ke central dengan biaya 2,5 HKD. Sampe di central ada logo apple yang besar, pas kita masuk ternyata apple watch di HK itu murah lho, kalo diitung2 cuma sekitar 3 jutaan aja. Tapi temen saya ragu2 mau beli apa engga, akhirnya ga jd.

Rencana selanjutnya kita pengen ke Victoria peak. Tanya sana sini naik trem dimana, ga ketemu juga, akhirnya nyasar jalanin taman yang panjangnya brp kilo itu, hadehhh kaki kaya mau patah T_T akhirnya menyerah dan cari mtr, diputuskan ke ladies market aja jadinya. Berhubung saya suka shopping dan liat2, jadinya kaki yang cape ga berasa tuh wkwkwk naik mtr ke ladies market menurut petunjuk mbah google yang udh saya screenshoot di tab, akhirnya sampelah di ladies market hahhaha

Kita udh jalan dari ujung ke ujung tapi menurut saya tdk begitu menarik sekali, krn barang2nya rada mahal. Ladies market itu mirip2 china town di SG. Cuma kalo di SG saya masih bisa menemukan tas harga 10 SGD dpt 2 sampe 4 tas, tapi waktu saya di HK, saya keluarin uang 100 HKD cuma dpt tas 3 biji (apa krn saya kurang pinter nawar ya? Soalnya suka ga tegaan nawar wkwkkwk itu pun temen saya yang nawar 100 HKD dpt 3)

Setelah muter2, ga gitu dpt barang apa2, akhirnya baliklah ke hostel untuk istirahat. Sebelum balik hostel ga lupa utk beli air minum dan colokan kaki 3, krn saya lupa bawa tu colokan dari indo (sy beli di harga 10 HKD colokannya setelah ditawar dr harga 20 HKD, harga air 1 liter yg saya beli di ladies market 10 HKD).

Bagian 2

Setelah segar kembali, hari kedua di HK pagi2 kita udh menuju ocean park. Naik MTR turun di stasiun admiralty, dari sana naik bis yang khusus ke ocean park (harga pp bis 21.2 HKD), tiket ke ocean park saya beli di 7eleven per org 385 HKD

Ocean park buka jam 10:00, antrian panjang juga untuk masuk ke ocean park. Setelah masuk benar2 besar di dlmnya. Hewan pertama yang saya liat adalah panda….wowww cute banget lho hahaha, trs ada reptil2, ikan2 mas, burung2, abis itu naik keretanya ocean park untuk naik ke atas. Saya pikir naik keretanya mau menyelam ke bawah air (dasar emang blm pernah ke ocean park, jd agak2 kepo gitu hahha), ga taunya kita sampai di atas di byk permainan seperti di dufan. Saya cuma berani naik yang rollercoaster pendek aja, itu aja udh serem T_T yang lain naik yang panjang banget yang bisa sampe terbalik2, hiii engga deh saya. Setelah itu masuk untuk melihat hewan2 kutub. Yg pertama masuk itu liat penguin. Astaga itu penguin kalo bisa saya bawa pulang deh…imut pake banget hahaha trs ada juga hewan2 berbadan besar, kalo ga salah namanya walrus, yang liannya ga tau namanya apa.

Setelah kita rasa puas main di ocean park, saya mau mengejar ke ngong ping village, yang ada patung Buddha di atas gunung itu. Gara2 waktu terbatas, kita ga masuk ke Disneyland, jd Cuma foto di depannya aja wkwkwk trs abis foto2 lgs ke stasiun thung chung. Dari sana sudah ada petunjuk2 ke arah cable car. Ikuti petunjuknya trs sampe ke counter beli tiket cable car seharga 185 HKD/org. kalau mau yang crystal (artinya alas bawah cable carnya itu transparan, kayanya ga cocok sama yang takut ketinggian)

Naik ke cable car, dan ternyata bener2 ga rugi, pemandangannya itu sangat wowww ckckck buagus sekali, kalau ke HK ngong ping ini ga boleh dilewatkan, mantappp.

Setelah turun dari cable car, kita hrs jalan mendaki ke arah patung Buddha, lumayan cape jalannya tapi worth it. Setelah sampai di puncak, foto2, trs turun lagi ke tempat2 shoppingnya. Harganya lumayan mahal, saya beli jajanan disana (baso ikan, kacang, permen2) udh habis 95 HKD.

Setelah selesai jajan (jajan mulu hehe), kita naik cable car lagi untuk menuju ke pusat kota hongkong. Kita ada nambah kartu octopus lagi 50 HKD krn uang di dlm kartu yg 100 HKD udh hampir habis. Setelah turun dari cable car, saya menuju ke food republic di dlm mall untuk makan malam. Setelah ngiter2, akhirnya saya memilih restoran Taiwan. Keliatannya enak banget makanannya, tapi pas dimakan rasanya hambar T_T sambel sama bon cabe ketinggalan pula di koper, hadehhh nasib deh T_T

Setelah makan, kita balik ke hostel untuk istirahat, melanjutkan perjalanan utk memasuki dataran China esok harinya.

Catatan saya selama di HK:

1.      Kalau mau pergi ke HK siapkanlah uang lebih, saya bawa 1500 HKD tinggal sisa 250 HKD, berarti saya 2 hari sudah menghabiskan 1250 HKD, krn byk masuk tempat wisata dan uang MTR bolak balik.

2.      Bawalah boncabe, garam atau sambal sendiri, krn masakan di restoran sana rata2 hambar, kalau jajanan rasanya lumayan.

3.      Pertama ke HK jangan beli octopus, tapi beli tourist pass, kalau ga salah harganya 55HKD satu hari, dan langsung pergi ke tempat2 yg jauh, spy ga rugi di biaya MTRnya. Besoknya kalau jaraknya udh yang deket2 aja, baru deh lbh octopus lbh hemat. Atau bisa dibalik, misalkan hari pertama pake octopus, tapi yg deket2 aja. Hari berikutnya beli tourist pass untuk pergi ke ocean park, Disneyland atau ngong ping village, krn harga mtrnya itu sekitar 25 an HKD.

4.      Carilah info sebanyak2nya waktu di indo, spy ga kehabisan waktu di jalan nyasar2.

5.      Selama musim panas, jgn lupa bawa payung, topi, sunblock, krn panasnya sgt menyengat.

Bagian 3

Pagi2 setelah selesai check out (o iya, di hostel ini ada uang jaminan 300 HKD yang akan dikembalikan pada saat kita check out), kita menuju stasiun lok ma chau (saya tidak memilih turun di luohu, krn kata temen saya petunjuk jalannya agak kurang banyak, utk org asing lbh cocok ke lok ma chau).

Pas saya turun di lok ma chau, masih sepi2 aja. Ietss jgn ketipu dulu. Setelah jalan mengikuti pentunjuk baru deh keliatan itu lautan manusianya astagaaa ada kali ratusan org yang mau memasuki Shenzhen. Kita ikuti aja petunjuk antri untuk orang asing. (jangan kaget utk petugas2 disana angker2 dan galak2, pokoknya ga ada ramahnya deh, yang ada senengnya pelototin kita)

Setelah lewat imigrasi (sebelumnya sdh mengurus visa China di JKT), saya menuju ke stasiun Shenzhen beizhan, krn mau beli tiket kereta api ke Xiamen. Akhirnya saya celingak celinguk cari dimana antri beli tiket. Krn kalau belum beli tiket ga boleh masuk ke ruangan stasiunnya (beli tiket hrs memakai paspor).

Antrian beli tiket panjang sekali, kira2 saya ada antri hampir 1 jam. Setelah sampe depan ternyata tiket habisssss mateng dehhhh, lgs agak panik saya, mana hotel di Xiamen udh booking lagi, tapi coba menenangkan diri dulu. Akhirnya si petugas menyarankan suruh ke Guangzhou dulu, nanti disana baru beli tiket.

Akhirnya saya memutuskan beli tiket kereta cepat ke Guangzhou. Cuma memakan waktu setengah jam dari Shenzhen ke Guangzhou, keretanya jg bersih. Pas turun stasiun sy langsung cari counter pembelian tiket. Setelah antri, kata petugasnya dari stasiun Guangzhou ga bs ke Xiamen, nah lhoooo apes deh bener2 hadeehhh kalo saya ga bs mandarin udh nangis kali T_T. katanya knp petugas yg di Shenzhen ga jual tiket ke saya, saya bilang kata petugas disana udh habis. Trs dia menyarankan coba naik bisa antar kota.

Setelah keluar stasiun tanya2, akhirnya ada tourist information. Mrk bilang suruh nginep di hotel mrk dulu bsk baru ke Xiamen, pasti dpt deh tiket keretanya mrk yang bookingin, krn tiket pesawat udh habis juga (ini org dasar memanfaatkan kesempatan sebel). Setelah berembuk, kahirnya saya memutuskan bertanya ke kantor polisi. Untung juga ada kantor polisi di stasiun. Petugas perempuan bilang saya hrs ke Guangzhou huochezhan (stasiun kereta api, krn yng sy turun ini namanya stasiun kereta cepat, jadi beda).

Akhirnya belilah tiket subway ke stasiun Guangzhouxizhan (maksudnya stasiun sebelah barat), pas keluar subway menuju ke atas, ya ampun tepok jidat, semuanya lautan manusia T_T liat yg antri tiket buset deh panjangnya ada kali 20 meter, kapan bisa beli tiketnya coba.

Tanya ke kiri kanan semuanya dari petugas dari orang2nya ga ada yg ramah. Saya udh tanya panjang2, jawabnya cuma “disana” dengan muka kaya org byk utang ga bs bayar, kan ngeselin hadehhhh

Mungkin memang saya hrs bisa sampe Xiamen (mau nostalgia tempat kuliah dl), akhirnya saya panggil calo, dia minta biaya per org 40 RMB, saya pikir drpd ga sampe Xiamen ya udh lah. Harga tiketnya 130 RMB. Abis deal, itu calo canggih bener deh, paspor dibawa sama dia, trs dia nyelip2 di antrian kaya cacing cepet bener udh sampe depan wkwkkwkwk trs dia beliin tiket. Calonya saya ikutin trs dr belakang, takut2 kalo paspor dibawa kabur. Akhirnya dpt tuh tiket, itu calo berani juga beli tiketnya pake uang dia dulu, saya mau kasih uang katanya ntar aja kalo tiket udh di tangan, ya sudah saya tungguin. Ya ampun akhirnya dpt tuh tiket ke Xiamen tapi hrs di kereta 12 jam T_T. itu calo anterin kita ke tempat subway utk beli tiket ke Guangzhou dongzhan (stasiun sebelah timur), aduhhh ini Negara tirai bambu gedenya ga kira2 deh, sampe stasiun aja ada beraap biji.

Dia beliin tiket subway kita dimintain per org 10 RMB, saya tau dia itu mau mabil duit lagi, tapi krn udh cape ya udh lah gpp ambil aja uangnya, padahal harga tiket subwaynya cuma 4 RMB.

Abis sampe di dongzhan, kita sempet makan dulu sama minum sama ke WC, ini yang penting, krn td selama di staisun barat itu saya tahan2 ke wc, dr jarak berapa meter aja udh tercium wanginya itu lho T_T

Setelah makan minum, kita jalan masuk ke stasiunnya, dan stasiunnya gede banget ya ampun, itu gedenya udh kaya mall central park dr ujung ke ujung. Kereta berangkat jam 20:30, sampe di Xiamen bsk paginya jam 8. Ya sudah deh mau gimana lagi.

Selama di kereta saya berkenalan dengan satu org China, trs tukeran nomer wechat deh hehe orgnya baik, ga se stress kaya org2 di Shenzhen Guangzhou.

Bagian 4

Akhirnya tgl 26 Juni bisa sampe juga tuh di Xiamen dgn penuh perjuangan fiuhhhh…spy sy kebagian tiket ke shanghai, pas turun stasiun Xiamen, saya lgs ke counter tiket beli kereta ke shanghai utk tgl 27 Juni. setelah keluar stasiun, kita mencari hotel ibis yang letaknya di samping stasiun aja, ga begitu jauh.

Setelah sampai hotel (rata2 uang jaminan di China 100 RMB, nanti dikembalikan pada saat check out) kita taro koper dan mandi, senengnya bisa ketemu air setelah seharian ga mandi hahaha trs diajak sama temen kualiah saya yg dulu jalan2 di Xiamen.

Setelah beres kita lgs menuju ke gulangyu (ini satu pulau di Xiamen, hrs nyebrang pakai perahu kira2 20 mnt, krn dr stasiun yang baru. Ada yg waktu menyebrangnya lbh cepet tapi harga kapalnya jg lbh mahal). Kalau ke Xiamen, gulangyu ini ga boleh dilewatkan krn pemandangannya bagus. Saya beli banyak kue2 disini dengan harga yang murah. Rata2 harga per box kuenya 5-25 RMB.

Setelah pulang dari gulangyu, kita jalan2 pake BRT Xiamen. Cuma BRT ini agak ribet, krn pas mau masuk stasiun semua tas hrs dibuka dan diperiksa.

Kita diajak sama temen kuliah saya makan daging ikan, dagingnya enak banget, saya lupa nama mallnya apa. Setelah itu saya bernostalgia ke SM mall, dl waktu kuliah saya sering ke mall ini. Setelah 9 tahun balik ke Xiamen, byk sekali perubahan pada kotanya.

Setelah cape jalan2, kita balik ke hotel (dianter pake mobil sama temen saya) utk perjalanan bsk ke Xiamen university atau disingkat xiada (tempat kuliah saya yeeeyyy).

Esok harinya, pagi2 kita keluar, naik bis sampe ke Xiada, turun di pintu barat. Trs berkunjung ke vihara nanputuo yg ada di sebelah xiada. Setelah itu, kita mau masuk ked lm xiada. Pas saya mau masuk, ternyata ga boleh huaaaaa sedih deh, soalnya udh ada peraturan baru, bahwa jam berkunjung cuma jam 12:00-14:00 dan dibatasi 700 org, padahal saya udh kasih liat paspor, ga boleh masuk jg, sebel…dari gerbang selatan saya jalan kaki ke gerbang barat trs makan xibei lamian. Xibei lamian adalah salah satu mie tarik halal di Tiongkok, dan rasanya bener2 mantap.

Setelah makan, kembali ke hotel, beres2 koper, lgs ke stasiun untuk mengejar kereta ke shanghai yang berangkat jam 1 siang. Seperti yg saya bilang td, naik brt Xiamen itu repot, krn pas mau naik BRT, koper hrs buka lagi T_T, naik BRT kira2 45 menit sdh sampai di stasiun Xiamen beizhan.

Kita menunggu di dlm stasiun sampai jam 12:45 baru masuk ke kereta. Perjalanan kereta d Xiamen ke shanghai memakan waktu 8 jam, saya salah liat jam, kirain saya hanya 6 jam, kalo tau saya naik kereta yg lbh pagi.

Bagian 5

Setelah sampe shanghai, seperti biasa, krn pengalaman ga dpt tiket, saya beli dulu tiket rute shanghai Beijing. Krn waktu juga sdh malam, tanya2 petugas hrs naik kereta mana, mereka menyarankan naik taksi, krn takut ga kekejar utk naik subwaynya. Akhirnya kita turun di subway yg menuju ke zhongshanpark, dr sana naik taksi sampe hotel 47 RMB.

Selama di shanghai kita menginap di daerah nanpuqiao, nomer 118, hotelnya bersih. Sebelum mandi, krn lapar jdnya kita cari makan dl. Ternyata deket hotel banyak pedagang kaki lima yg jual kaorou, nasi goreng, kebab, dll (kaorou itu semacam daging bakar2an, tidak hanya daging tapi jg ada sosis, sayuran, jamur, ayam)

Ini dia kaorou yg saya cari2, rasanya itu mantapp. Saya pernah makan shaokao restoran di pik, rasanya ada yg kurang, enak tapi ada sesuatu yg hilang hahah ga tau apanya.

Esok harinya, saya jalan2 ke yuyuan garden, untuk daerah Xiamen dan shanghai juga Beijing, orang2 atau petugasnya masih bisa menerangkan jalan, ga seperti di Shenzhen dan Guangzhou yg galaknya minta ampun. Setelah berbelanja ke yuyuan garden, kami menuju ke qipulu. Qipulu ini seperti itc manga dua, bajunya agak kuno2, tapi temen saya ketemu juga barang yang mau dibeli. Abis dr qipulu, kita lanjut ke Nanjing road. Nanjing road ini dikelilingi oleh byk toko2 dan pusat perbelanjaan. Saya dpt baju H&M disini cuma 30 RMB, lg pada diskon. Setelah kami jalan sampai diujung Nanjing road east, kita mau menuju ke bund atau shanghai bund (dulu ada filmnya yang terkenal).

Saya jalan lurus terus sampe Nanjing west kok itu the bund ga ketemu2, akhirnya tanya orang, ga taunya salah jalan aduhhh cape banget ini kaki hhahha tapi kita jalanin juga. Seinget saya the bund itu lurus trs dari Nanjing road, ternyata cuma beda blok aja.

Kita jalan balik lagi sampe ujungnya Nanjing road east, kayanya kaki udh ga sanggup, tapi dikuat2in wkwkkwk kayanya kita ada jalan sampe beberapa km, akhirnya mulai nampak shanghai tower, trs lurus sampe keluar jln besar, dan jreng jreng jreng sampe juga kita di the bund, dan di hadapkan dengan pemandangan malam yang indah dari kota shanghai, lupa deh tuh capenya kaki hahahahhaa setelah itu balik ke hotel untuk istirahat, krn perjalanan masih 4 hari ini utk menyusuri kota Beijing.

Bagian 6

Tgl 29 pagi kita udh siap2 check out hotel menuju ke stasiun shanghai. Sampai di stasiun saya mulai lapar dan beli makanan disana. Saya makan makanan tidak halal, dan rasanya saya bilang untuk kali ini enakkk.

Perjalanan menuju kota Beijing di tempuh kurang lebih 6 jam. Sampai di kota Beijing, keluar stasiun, kita masih saja dihadapkan dengan lautan manusia yg sangat banyak. Yang bikin bete itu adalah kadang2 eskalator ga ada yg naik turun jadi Cuma salah satu aja, naik doang atau turun doang, jd waktu itu hrs angkat2 koper turun tangga, capenya itu lho mereka tega banget sihh T_T

Keluar stasiun, saya menanyakan sama petugas dimana letak hotel yg akan kami tinggal. Nama hotelnya gelinhaotai daerah shilihe. Setelah turun di stasiun shilihe, kita tanya2 org. saya sempet dikira org korea 2x wkwkwk krn ga ketemu2 udh jalan jauh, jdnya naik taksi kena 13 RMB, padahal letak hotelnya udh deket T_T

Sampai di hotel, kita semua istirahat utk melanjutkan perjalanan bsk ke great wall.

Esok harinya tgl 30 Juni 2016, kita pertama2 naik subway turun di sanyuanqiao. Sampe sana tanya2 org ga ada bis nomer 916. Waduh gawat nih (krn saya mengikuti petunjuk dari baidu.com, baidu itu googlenya China, sy searching pas ada wifi di hotel). Akhirnya naik subway lagi turun di stasiun dongzhimen. Tanya2 org ga taunya bis nomer 916 ada di dlm gedung. Jalan lagi nyebrang jalan masuk ke dlm gedung. (bis nomer 916 ternyata lewat stasiun sanyuanqiao, cuma ga tau di sebelah mananya, secara itu stasiun bis juga ada exit2 keluarnya, dan gede bener, salah exit ya sdhlah kesasar hahaha)

Waktu saya keluar stasiun dongzhimen, saya keluar di exit B, ga taunya hrsnya keluar di exit E kalo ga salah (salah jalan lagi T_T), naik bis 916 harganya 12 RMB ditempuh dalam waktu 1 jam 5 menit, turun di stasiun huairou.

Dari sana hrsnya saya naik bis nomer 936, tapi udh jalan sampe jauh kok ga ada juga T_T, akhirnya tanya orang2 di stasiun cara ke mutianyu changcheng gimana (mutianyu itu salah satu bagian tembok cina yg agak sepian, jgn yg badaling, itu ruamenya bukan main, krn biasanya tur2 semua ajaknya ke badaling, ga tau knp, mungkin mrk dpt tip lbh dr sana).

Pas tanya2, ada yg nawarin mobil ke mutianyu, 1 org 20 RMB kenanya. Ya udh lah drpd cari2 ga sampe nanti ke tembok cina, bayar aja deh.

Kira2 perjalanan 20 menit, trs udh mulai keliatan tuh great wall. OMG, saya akhirnya ke great wall juga hahahha beli tiket masuk harga 155 RMB, udh termasuk bis, cable car, dan biaya masuk great wall.

Rutenya kita naik bisa dl, turun dari bis, kita naik cable car. Cable carnya ga seperti di hongkong yg ada penutupnya, ini ga ada, huaaaaa pengen nangis deh serem takut gerak K ada cable car yg ada penutupnya tapi ga tau dimana wkwkkwk yg kita temuin itu yg ga ada penutupnya.

Turun dari cable car dan eng ing eng sampelah kita di tembok cina, pemandangan yang sangat luar biasa menurut saya hahhaa saya ga bs bayangin jaman dulu itu prajurit jalan mendaki sampe atas, saya aja baru mendaki sedikit udh ngos2an.

Setelah puas foto2, kita turun lagi pake cable car, sensasi turun itu menegangkan banget booo, krn ga ada penutupnya itu cable car (tepok jidat), setelah turun dari cable car naik bis lagi, trs kita mau ngejar bis nomer 916 lagi, krn batasnya cuma ada sampe jam 5 sore. Pas mau keluar byk tuh yg tawar2in mobil lgs sampe ke stasiun bis 916.

Setelah tawar menawar akhirnya dia mau 15 RMB/org, lbh murah dr yg td. Sampe stasiun kita naik bis no 916 utk kembali ke pusat kota Beijing.

Setelah dari great wall, kita naik subway arah line 8 ke stadion olimpic. Setelah puas foto2 disana, kita kembali ke hotel.

Bagian 7

Tgl 1 Juli pagi, kita mengunjungi tian an men dan forbidden city. Sampe sana ramenya bukan main, dan besarnya jg bukan main. Tiket masuk 60 RMB utk forbidden city, saya ga kesampean melihat tubuh maozedong yg di mumikan. Puas foto2, kita jalan2 di wangfujing (Di wangfujing saya salah dugaan lagi, saya pikir wangfujing itu hanya tempat perbelanjaan mewah saja, ga taunya ada di gang2 kecil yg jual souvenir2 dan makanan2 ekstrim). Setelah dr wangfujing kita menuju ke xidan.

Xidan itu seperti orchard Singapore, kita kecewa lagi kok ga ada pasar yg jual pernak pernik murah. Akhirnya dijalanin ngiterin sebentar, temen sy ada dpt barang juga, lumayan lah drpd ga sama sekali. Sepatu seharga 110 RMB. Mungkin kalo di indo harga sepatunya sekitar 500 an ribu.

Setelah dr xidan kita ke silk market. Silk market ini byk turis asingnya, makanya penjualnya rata2 bisa bahasa inggris, malah ada yg bisa bhs indo dikit2. Saya beli koper 2 biji. Kuat banget kopernya sampe dibanting2, diinjek2, di baret2, ditusuk pake pulpen, itu koper tetep mulus lus lus. Tapi disini kalau nawar bener2 hrs tega. Hrs nawar 10 persennya dr harga yg ditawarkan wkwkkwk saya dpt koper dari harga 2960 RMB, saya Cuma beli di harga 300 RMB wkwkkwk saya ambil 2. Koper yg sy bawa dr indo udh rusak pegangannya, jd sy mau buang.

Setelah itu kita lanjut ke line 5 utk mengunjungi tiantan (tiantan itu seperti tempat berdoa). Karcis masuk

Setelah itu kita mengejar ke panjiayuan, yg katanya barang lbh murah dr wangfujing, tapi pas sampe sana, sdh tutup. Akhirnya kita balik hotel, lalu temennya temen saya ada yg bilangin belanja di wangfujing aja. Baru pas itu sy sadar, knp td ga ngeliat dlu di gang2nya. Akhirnya ngejar kereta balik lagi ke wangfujing (ini yg saya salah dugaan).

Sampe sana bener aja di gang2 kecilnya rame banget (kalo tau dr td siang deh udh puas belanja)

Kita belanja waktu mepet, akhirnya ketinggalan subway wkwkkw terpaksa pulang naik taksi. Itupun nunggu taksinya lama, krn ga ada yg mau, mungkin krn daerahnya terlalu jauh.

Setelah sampe hotel, kita beresin barang trs istirahat, krn masih punya waktu 1 hari lagi. Pesawat dari Beijing tgl 3 Juli jam 2 dini hari.

Keesokan harinya tgl 2 Juli 2016, kita ke wangfujing lagi utk belanja. Di wangfujing ada toko yg menjual barang2 dr jepang, dan harganya murah meriah. Kita banyak belanja juga disana.

Setelah puas belanja, kita balik hotel untuk packing. Sebelum ke bandara kita makan dl di Lanzhou lamian. Lanzhou lamian ini halal, dia sama kaya xibei lamian, cuma beda nama aja, sama beda isi dikit2.

Dr stasiun shilihe, kita naik subway line 10 sampe di sanyuanqiao, trs naik airport express. Harga airport express 25 RMB. Sampe sana counter check inn blm buka, jd kita tenang2 aja. Orang2 udh pada antri panjang, kita tenang2 aja krn kita piker kita udh web check inn. Tapi tunggu dulu, ternyata kita salah.

Bagian 8

Memang kita sangat santai pas org udh tinggal sedikit kita baru check inn bagasi. Ga taunya pas di imigrasi, ya ampunnn itu lautan manusia yg antri, mateng deh gimana mau keburu naik pesawat ini T_T (koper saya sempet bunyi dan hrs dibuka ulang, ga taunya gara2 power bank hadehhh)

Setelah di cap imigrasi, blm selesai sampe disitu. Kita hrs masuk pemeriksaan koper lagi cape dehhh, bener2 ketat bandara disana.

Kita hrs keluarin semua, dr power bank, kunci, payung, lotion, hp, batre, laptop, kamera, uang koin (mana jam pesawat udh mepet lagi Lakhirnya sampe di pemeriksaan saya, tas saya bunyi, ga taunya gara2 power bank sama lotion. Setelah dkeluarin, tas dimasukin ulang lagi ke scanner (cape pa saya huaaaa…), power bank saya 1 biji dibuang sama dia T_T katanya gara2 kapasitasnya ga tau deh knp sy ga dengerin (udh panik mau ketinggalan pesawat, ketinggalan sih mau saya omelin itu petugasnya)

Setelah tas beres, badan kita diperiksa lagi, ada kali 1 menit di scan trs. Akhirnya lolos juga, di ruang tunggu udh antri. Akhirnya pesawat berangkat juga. (naik airasia x, serem juga pas udh di atas langit, pesawatnya kaya ada yg numpahin es2 batu, trs goyang trs, udh goyang trs turun, begitu trs sampe lama, saya baca2 doa aja. Tapi akhirnya selamat mendarat sampe di KL (yesss udh mau sampe Jakarta)

Dari KL, kita naik pesawat yg berbeda, naik KLM krn pas waktu itu harganya 907 ribu 1x jalan dgn bagasi 23 kilo. Pas check inn, ga taunya yg bikin sakit hati lagi, 1 org ga boleh bawa bagasi 2, kalau kls ekonomi cuma boleh bawa satu T_T, kalau kls bisnis boleh lbh dr 1, akhirnya mau ga mau saya bayar lagi 1 kopernya 221 ringgit, yg lain juga bayar T_T kalau upgrade ke kls bisnis Cuma 270 ringgit dpt lounge juga, beda dikit memang, tapi krn ada teman saya yg puasa ga bs ke lounge, jdnya saya jg ga jd upgrade ke kls bisnis, kan setia kawan hehehe

Dan akhirnya jam 17:30 kita sdh sampe di Negara tercinta Indonesia hahahahaha

Catatan saya selama perjalanan di China:

1.      Bawalah payung, topi atau sunblock pas musim panas.

2.      Kalau mau naik kereta antar kota, luangkan waktu 3 jam sebelumnya utk perjalanan sampe ke stasiun, kecuali yg udh tau atau sering naik kereta, 2 jam masih keburu lah kira2, kalau mau santai 3 jam.

3.      Bandara di China itu super ketat, jd walaupun kita udh check in web, usahakan tetep antri yg paling depan.

4.      Kalau ada yg mau jalan ke China lewat hongkong (selain ke Shenzhen), belilah tiket kereta lewat internet. (drpd kaya saya kehabisan tiket)

5.      Carilah informasi sebanyak2nya pas di indo, maupun itu lewat internet atau kerabat yg sdh pengalaman pergi kesana (internetnya gampang, sampe disana semuanya pake mandarin)

6.      Kalau mau minta bantuan di China, lbh baik tanyalah petugas atau kantor polisi, masih mendingan drpd diboongin org.

Walaupun kesasar2 saya tidak kapok untuk traveling sendiri tanpa menggunakan tour travel, krn banyak pengalaman yg tidak terduga dan mengesankan. Sebelumnya saya minta maaf jika ada kata2 yg salah atau kurang berkenan.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.