Itinerary 7 Hari Trekking Di Nepal Rute ABC 2021 (Liburan Nepal)

Itinerary 7 Hari Trekking Di Nepal Rute ABC 2021

Trekking di Annapurna Base Camp 4130 Meter, 12 -18 November 2012  -

Sebelum memulai trekking kita harus mengurus Izin masuk trekking dan  mempersiapkan perlengkapan trekking dengan baik.

IZIN / PERMIT :

Untuk rute ABC trekking sendiri biaya yang saya harus bayar ada 2 yaitu TIMS (Trekkers Information Management system) seharga NPR 1790 dan Annapurna conservation area project seharga NPR 2000. kedua permit tersebut bisa di apply di office agency. Lokasi tidak jauh dari Lakeside pokhara.

Info tambahan bagi Trekkers yang mau apply TIMS dimana sewaktu trekking menggunakan Jasa porter atau guide tidak bisa apply di office agency secara langsung. Tetapi harus melalui Tour agency. Demikian info yang saya dapat sewaktu saya apply di perwakilan office nya.

PERLENGKAPAN :

Trekking di ABC memiliki suhu yang sangat dingin, bisa mencapai minus 5 celecius jika pada saat malam hari (bulan november). sehingga kebutuhan untuk perlengkapan dingin harus sangat diperhatikan untuk menjaga kondisi fisik kita agar tetap prima. Perlengkapan yang saya bawa yaitu Sleeping bag, jacket winter, obat-obatan pribadi, snack2 ringan seperti snickers dan biscuits, Tongkat/sticks, baju fast dry, celana panjang, longjohn, dan perlengkapan kamera. Untuk Sleeping bag bisa disewa di toko-toko sports yang ada di kota pohkara. Harga sewa perhari NPR 150 (per 11 november) dengan uang deposit NPR 3000. Rute trekking yang ditempuh lumayan jauh sehingga usahakan barang bawaan seefisien mungkin dan jangan membawa beban terlalu berat sewaktu trekking terutama bagi para trekkers yang tidak menggunakan jasa porter.

Berikut Intenerary trekking di ABC :

Day 1 (12 November 2012)

Rute trek : Phedi - Dhampus - Pothana - Pittam deurali - Bhedi kharka – Tolka

Untuk rute start awal ABC trekking ada dua pilihan start point yaitu bisa dari Phedi ataupun Nayapul. Apabila kita memulai dari Phedi, rute yang akan dilalui cenderung akan naik semua dan agak memakan waktu lebih lama dibandingkan melalui Nayapul. Kenapa saya pilih dari phedi seperti prinsip “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian” artinya awal trekking perjalanan sangat melelahkan tetapi turun akan lebih mudah karena road yang cendrung turun semua. So guys..bisa di pilih sesuai kemauan anda :-).

Hari pertama adalah hari dimana saya bilang melelahkan. Hal ini dikarenakan fisik yang masih capek karena efek perjalanan di india yang masih terasa. Dan juga rute yang hampir menanjak semua dari awal rute kecuali di desa Tolka yang menurun. Terdapat check point untuk pemeriksaan permit entry yaitu di desa Pothana. Petugas akan mengecek dokumen permit dan meregistrasi nama kita didalam  buku tamu. Perjalanan terhenti sekitar 30 menit karena hujan es batu. Suhu sekitar yang sangat dingin mengakibatkan Hujan menjadi es batu. Hmm.. raincoat mode on. Sampai di Tolka (1700m), saya menginap di Paradise guest house. Untuk harga makanan dan akomodasi disini masi tergolong murah (sesuai dengan budget backpacker hehe..).  Total trekking hari ini yaitu 7 jam.

Day 2 (13 November 2012)

Tolka – Landruk – Newbridge – Jhinu – Chomrong – Sinuwa

Rute trekking hari kedua juga cendrung naik semua kecuali di Chomrong. Dan untuk chomrong sendiri saya lihat adalah desa yang paling besar dan rapi diantara semuanya. Hal ini terlihat dari anak tanggga yang rapi, jumlah hotel yang banyak, dan wilayahnya cukup luas. Penduduk sekitar banyak memelihara Kerbau sebagai heman ternak. Sehingga sepanjang perjalanan bau tinja kerbau sangat terasa baunya... salah satu tantangan. Selain bau yang meyengat, hati-hati juga terinjak tinja kerbau yang berserakan dimana-mana. Di Chomrong sendiri terdapat warung-warung kecil menjual segala keperluan sehari-hari dan snack-snack kecil. Jika teman-teman kehabisan amunisi bisa membeli nya disini. Walaupun agak sedikit mahal tetapi jauh lebih murah dibandingkan kita membelinya dihotel tempat kita menginap.

Sampai di Sinuwa (2350m) Saya stay di Paradise guest house dengan tarif NPR 120 /org. Jika stay disini boleh coba makanan khas nepal yaitu dhalbat nya. Paling enak diantara guest house lainnya  yg saya coba selama trekking. karena Cocok dengan  lidah indo ada sayur hijau plus cabe merahnya hehe.. Total trekking hari ini yaitu 8 jam.

Day 3 (14 november 2012)

Sinuwa – Bamboo – Dovan – Himalaya – Deruali

Rute trekking juga rata-rata menanjak dan sepanjang perjalanan kita akan melihat beberapa air terjun yang sangat bagus. Untuk derah Sinuwa keatas segala jenis makanan daging tidak disediakan dalam menu. Hal ini karna banyak temple yg dimana dianggap sakred/saklar. Be vege all :).

Karena bulan november adalah peak season. Banyak rombongan turis yang datang terutama dari Korea. Mereka datang dengan jumlah yang tidak sedikita rata-rata 40 orangan @.@ . Akibatnya, Hotel rata-rata full book semua karena para tour agent mereka mem booking duluan hotel tempat menginap. Saya sendiri hampir tidak dapat kamar akibat banyak nya turis yang stay di deruali (3350m). Apabila full room, pihak guest house akan memberikan alternatif stay di dining room nya. Dengan harga setengah tarif tetapi kelemahan tidur disini tidak ada privacy karena akan bergabung dengan para-para tour guide atau porter yg tidur di dining room juga dan suhu udara dining room yang cukup dingin @.@. Saya lihat ada beberapa turis asing juga yang tidak dapat kamar dan tidur di dining room. So, be carefull friends.. Total trekking hari ini yaitu 6 jam.

Day 4 (15 november 2012)

Deruali – MBC – ABC

Best trekking over the trekking.. karena sepanjang perjalanan kita akan disuguhkan pemandangan gunung annapurna yang sangat bagus dan juga karena akan tiba di ABC. Start trekking pada jam 6 pagi dan tiba di ABC (4130m) jam 11 siang. Cuaca masih sangat cerah dan gunung annapurna terlihat sangat jelas dan super bagus. Sangat bagus buat fotografi J.  Jam 12 sudah mulai berawan dan dearah sekitar pegunungan tertutup awan. . Saya menginap di snow lodge annapurna. Semua harga makanan, minuman rata-rata naik 2x lipat . Paling mahal diantara semuanya @.@.

Berhubung di ABC adalah last spot, kondisi udara super dingin. Luckily malam hari nya saya bisa tidur dan tidak pusing-pusing seperti turis asing yang saya jumpa sewaktu perjalanan mengatakan bahwa dia sulit tidur dan pusing akibat alltitude sickness. Malam harinya udara hampir mendekati minus 5 derajat. Jadi pastikan sleeping bag, long john, jaket terpakai dengan baik kalau tidak badan bisa penuh dengan koyok hehe...  Momen yang tidak boleh terlewati ketika di ABC yaitu melihat sunrise dan sunset. Untuk sunrise sendiri bisa kita lihat pada pukul 6 pagi. Dan sunset pada pukul 5 sore. So be prepare seluruh peralatan kamera yang ada untuk mengabadikan momen yang sangat bagus ini J. Total trekking hari ini yaitu 5 jam.

Day 5 (16 november 2012)

ABC – Mbc – Deruali – Himalaya – Dovan - Bamboo

Jam 8 pagi di ABC sudah sangat cerah. View gunung annapurna sangat bagus dan tidak pernah bosan untuk dilihat. Di ABC ini sendiri kita bisa melihat view gunung annapurna 360 derajat sekeliling. Jadi bisa dibayangkan bagusnya J.  Jam 9.30 saya start untuk turun dari ABC, Perjalanan turun lebih cepat dikarenakan trek lebih banyak menurun. Jam 4 sore saya tiba di bamboo (2300m) dan check in di Buddha guest house. Kamar dan makanan cukup oke. Total trekking hari ini yaitu 7 jam.

Day 6 (17 november 2012)

Bamboo - Dovan- Chomrong – Jhinu - New bridge.

Lunch  saya kali ini di chomrong. Di German bakery and pub. Shock... karena disini terdapat Wi-fi facility. Lunch sambil charging dan Wi-fi ing. Recommended places to lunch. Harga makanan juga tidak mahal rata-rata NPR 100. Sampai di New bridge (1500m) Masih jam 2 siang. Istirahat dan relaksasi badan sebelum besok balik ke kota pokhra. Di new bridge sendiri akhirnya bisa mandi juga setelah 4 hari gak mandi karena  harga tarif air panas yg sangat mahal dengan hitungan airpanas perember dan kondisi udara sekitar yang sangat dingin. Jika kita sampai Di Jhinu terdapat hot spring yang bisa kita gunakan secara free. Dari jhinu sekitar 30 menit perjalanan menurun untuk menuju hotspring. Jadi persiapkan perlengkapan buat berendam :-). Total trekking hari ini yaitu 8 jam.

Day 7 (18 november 2012)

New bridge - Khime - Syauli bazaar - Chimrong - bieruthanti – Nayapul

Perjalanan paling mudah diantara semuanya dikarenakan rute yang rata-rata turun dan cendrung datar. Di Bieruthanti terdapat jeep atau taxi yang bisa langsung direct ke kota pokhra dengan tarif yang sedikit lebih mahal tentunya. Tapi karena Point rute terakhir sudah mau sampai (NAYAPUL) alangkah baik nya menyelesaikan sampai akhir :-). Sampai di Nayapul terdapat bus atau taxi untuk ke pokhara lakeside. Saya memutuskan naik taxi shares 4 orang dengan turis lainnya yang kebetulan pulang juga. Harga taxi NPR1300 lgs direct hotel masing-masing.

Tips buat hiking :

- Usahakan memulai trekking lebih awal yaitu sekitar jam 6 pagi. karena Langit sudah terang dan cuaca belum panas. Karena apabila cuaca panas, badan akan lebih cepat lelah dan dehidrasi.

- Tiap lodges / guest room pasti punya blanket. Jadi apabila pada malam hari masih terasa dingin , bisa minta minjam blanket dr pihak guest house.

- Untuk  antisipasi mengurangi cedera lutut atau ankle. Bisa memakai ankle ban or knee ban yg dijual ditoko2 sports untuk  mengurangi tingkat resiko cedera. Karena trekking dengan kondisi jalan yg tidak bgus dan tentunya jangka wkt yg cukup lama.  Dan latihan fisik minimal 3 bulan sebelum trekking seperti cardi ataupun gym utk menguatkan otot2 dan sendi tulang.

- Sediakan vitamin atau suplemen tambahan seperti Vit. C tablet untuk menjaga daya tahan tubuh.

- Selalu periksa barang2 sebelum dan sesudah hiking seperti pasport, dompet dan brg penting lainnya.

Kesimpulan :

- Rata2 hiking sehari adalah 7 jam.

- Harga akomodasi per November 2012 Range dari 100-150 perorg.

- Makanan main course seperti noodle, nasi goreng, dhalbat mulai dari 150-500. Paling mahal sewaktu  di daerah Deruali keatas. Harga makanan naik 30-50% dibandingkan kota2 dibawahnya.

- Minuman Seperti teh, airpanas , milk tea rata-rata 35-50rs per cup

-  Expend cost sehari selama menginap 6 hari di trekking ABC ini rata2 adalah NPR1200 ( kamar nginap, bf, lunch dan dinner). Biaya tersebut adalah untuk Single trekking tanpa ada guide ataupun porter sehingga sangat hemat banyak.

- Lamanya perjalanan trekking di ABC bisa disesuaikan dengan kemauan kita. Bisa dalam waktu 5 hari ataupun 10 hari. Hal ini tergantung kondisi fisik dan tenaga kita. Yang terpenting menurut saya adalah bagaimana kita menikmati setiap rute yang kita lewati karena setiap point rute memiliki momen dan pengalaman tersendiri. So friends.. be healthy and happy for trekking :-).