20 Tips Liburan Ke Iran Yang Wajib Di Pahami Traveller Sebelum Pergi Ke Iran 2021

20 Tips Liburan Ke Iran Yang Wajib Di Pahami Traveller Sebelum Pergi Ke Iran 2021


Jadi Iran itu tidak begitu banyak sightseeing, tiap kota sama kota lain kurang lebih sama. Hanya jika bicara tentang people, Iranian itu ramahnya luar biasa.

Kalau mereka memandang dengan begitu penasaranya, dont hesistate to say "salam" mereka itu akan membalas ucapan kita.

Tips Liburan Ke Iran :

1. VOA iran gampang banget, cukup membawa paspport. Nanti kita diminta membeli asuransi, harga asuransi disesuaikan dengan durasi stay di Iran. Untuk 1 bulan itu $16. Sedangkan biaya VOA itu $51/£45.

2. Nukar uang di Imam Khomaeni Airport lebih bagus, berada di lantai 2 di gate keberangkatan. $1 = 35.700 rial.

3. Dari Airport aku tidak menemukan cara termurah untuk ke pusat kota. Taxi 750,000 rial atau 75.000 toman. Kalau baca wikitravel Tehran, ada aplikasi semacam uber. Bisa cek namanya di wikitravel. Sedangkan dari pusat kota Tehran ke Airport harganya lebih murah 45,000-50,000 toman.

4. Dibeberapa tempat banyak tempat air minum yang dingin, jadi jangan lupa bawa botol air minum ya!

5. Harga air mineral 1,000 toman atau Rp 4,000

6. Harga junkfood di toko biasa mulai dari 3,000 udah bisa dapat makanan namanya pala-pala, semacam hidangan di Subway. Selain itu ada burger dan pizza.

7. Makanan di restoran rata-rata kalau aku, habis 15,000 toman -20,000 tonan. Roti iran itu enaknya luar biasa, buatku yang gak doyan roti, makan roti iran itu luar biasa nikmat. Menu yang mudah ditemui adalah Kebab. Iranian kebab itu berbeda ya, bukan kaya di turki. Tapi iranian juga mempelajari kebab ya dari orang turki.

8. Orang iran itu suka juga jalan-jalan bikin tenda, di beberapa area diperbolehkan pasang tenda. Siang hari juga banyak yang tidur di taman. Bisa jadi alternatif murah.

9. Aku pake simcard Irancell, harga sim cardnya 10,000 toman. Ada paket yang khusus disesuaikan buat traveller sesuai kebutuhan. Jadi akan nonaktif setelah mencapai durasi tertentu. Ada lagi simcard yang lebih handal milik government, itu lebih bagus signalnya. Irancell banyak putus-putus, bahkan tatering aja susah. Pembelian isi ulang bisa ditoko kebutuhan sehari-hari

10. Waktu terbaik katanya mei, tapi menurutku oktober itu yang terbaik. Udaranya gak bikin aku berminyak, gak mandi pun masik terlihat oke. Jangan lupa bawa pelembab lip. Aku merasakan gimana pecah-pecah sampai ketika bibir membentuk hurup O atau ketika ingin senyum, sakitnya lumayan.

11. Karena aku traveling bertepatan dengan Ashura, maka harus diperhatikan pada tanggal 11-12 muharram itu banyak toko tutup. Tapi hotel masih ok. Ashura sendiri terjadi pada bulan muharram, bulan dalam kalendar islam.

12. Chouchsurfing, coba aja siapa tau berhasil. Kalau orang urop sih kebanyakan berhasil ya. Tapi enaknya lagi sekarang itu aplikasi CS ini ada fasilitas update untuk mencari teman hang out. Bagus juga loh digunakan, apalagi kalau mau mencari atau merasakan yang benar2 lokal. Sampai aku pun pernah diajak ke tempat makan yang menjadi favorit orang iran di luar kota.

13. Iranian kebanyakan gak suka sama government, bahkan mereka tak menyembunyikan rada tidak sukanya, apalagi presiden sebelumnya itu disebut ........... Ntar deh kalau ke Iran tau sendiri.

14. Iranian juga stylist dan modern, cantik dan ganteng mereka. Ceweknya huh bening-bening, cowoknya berbulu. Hahahaha

15. Terminal bus di Iran bagus-bagus, perusahaan bus juga ok. Mereka nampak profesional. Harganya murah lagi. Busnya ada yang Normal dan VIP. Bedanya di kenyamanan kursi aja.

16. Jalanan di Iran itu mulus banget, kalau mudah membeli mobil, kayaknya roadtrip seru banget. Oh iya mereka nyetir di sebelah kiri. Jadi kalau ikutan tur atau apa, duduknya mending sebelah kanan.

17. Toilet juga luas dan kebanyakan jongkok. Banyak toilet gratis. Kalau mau menggembel, bisa kok mandi di toilet.

18. Kalau makan, mereka itu suka menggelarkan pelastik kecil untuk menyimpan makanan diatasnya. Jadi kebanyakaan makan itu ya di lantai sambil duduk.

19. Air asia x dari Kuala lumpur ke iran itu pulang pergi akan diberi makanan gratis. Nasi plus daging dengan air minum. Kemudian sebelum mendarat juga diberi meal berupa pizza dan air.

20. Bus lokal dalam kota begitu murah, sekali jalan dengan jarak dekat maupun jauh hanya bayar 5,00 toman. Bayarnya langsung diberikan kepada supir bus. Tiap kota ada bus dalam kota dan harganya memang segitu.

21. Colokan listrik di Iran sama seperti di Indonesia.

22. Banyak colokan di restoran, di terminal, dan di publik umum lainya

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.