10 Trik Penting Yang Harus Di Ketahui Saat Liburan Ke Mongolia ,Cari Makanan 2021

Ulaan baatar(UB)

Merupakan ibukota Negara terdingin di dunia ,penasaran   banget dengan kota ini tapi saya sengaja nggak mencari  informasi yang detail,saya mengira ulaan baatar kotanya mirip2 yangon myanmar  ternyata jauh dari dugaan saya.Banyak Departement store  apalagi  super market “berhamburan” hampir di setiap sisi jalan.Suasana kotanya nggak teralu ramai mungkin saya kesana pas winter yg suhunya bisa mencapai  -40 derajat tapi menurut saya kotanya sudah modern.FYI KFC baru membuka cabang pertamanya beberapa  bulan lalu

Visa :

visa Mongolia bisa diambil di Jakarta & surabaya  bisa dilihat http://www.mongolianconsulate.org/Pages/contact%20us.html

Tapi saya ambil visanya di konsulat Mongolia di erlian (kota di china yg  berbatasan dengan mongolia ),visa turis harus memakai invitation letter bisa beli online di travel agent Mongolia ,karena saya nggak punya  Maka saya Cuma diberikan visa transit karena petugasnya melihat visa Russia saya ,awalnya Cuma dikasih sehari aja setelah saya tawar dan rayu-rayu dikit minta seminggu malah dikasih 10 hari,oh iya saya apply pagi visa bisa diambil sore jam 3 di hari yg sama,syaratnya  Cuma foto sama paspor aja dan isi form plus invitation letter (kalau mau yg 30 hari)

Harga single 495 yuan(30 hari).transit 315 yuan (desember 2012)

Visa juga bisa di dapatkan di Beijing dan Hohhot

Transportasi menuju UB

*Pesawat dari beijing

*kereta Trans Mongolia dari Beijing ke ulaan baatar langsung  tentu mahal harganya,

Cara  termurahnya

Cari transportasi menuju erlian yang merupakan pintu perbatasan yg terdekat dari beijing

-Pesawat  lokal  beijing –erlian  sekitar 500 ribuan

-Kereta lokal Beijing –erlian 100-200 yuan

-Bus malam sekitar 200 yuan

Kalau seperti kasus saya ,jam 3 ambil visa langsung cabut ke perbatasan  karena kereta dari zamyn uud (kota perbatasan di sisi Mongolia) berangkat jam 17.30 menuju UB.Cari2 traveler lain aja utk sharing taksi ke border 20 yuan.Di Border sisi china banyak jeep atau mobil pribadi yg menawarkan nyebrang ke zamyn uud harganya sekitar 50 yuan(jeep) mobil pribadi lebih mahal(sekitar 70 yuan) ,diantar sampai stasiun kereta zamyn uud

Kereta  Zamyn uud – UB 15 jam,harganya sekitar 180 ribuan rp sleeper,keretanya nyaman

Hostel

Hari pertama saya pilih yg deket stasiun  LG guesthouse 8 usd dorm wifi plus sarapan

Hari selanjutnya pindah ke tengah kota khongor guest house 7 usd dorm wifi  sarapan ,roti dan teh tinggal buat kapanpun ,ada dapurnya.

Mata Uang

Mata uang Mongolia adalah tugruk,1 tugruk kira-kira 7 rupiah.Tugruk bisa ditukar disalah satu bank distasiun Zamyn uud

Hostel bisa dibayar dgn usd

Wisata & Shopping

Rata-rata bisa dijangkau dengan kendaraan umum

-sukhbaaktar square ,letaknya di tengah kota

-monastery-moanstery(gandan,chojin lama)

-Narantuul black market  ,pasar yang menjual barang-barang kebutuhan  yang khasnya disini adalah barang-barang yang terbuat dari kulit hewan,bisa lihat sepatu model  kaisar zaman dulu yang gede-gede

-state departemen store ,mall biasa yang dilantai 5 nya banyak menjual souvenir

-zaisan hill bisa lihat kota ulaan baatar dari atas bukit

-winter palace

Makanan

Rata-rata makanan berbahan dasar kambing,baunya menyengat banget,pernah makan di restoran fastfood terkenal di sini seporsi sup dumpling plus nasi dan butter tea sekitar 30 ribuan rupiah.Kebanyakan saya memasak di hostel harga bahan makanan mirip2 indonesia tapi mie instannya banyak yang impor makanya harganya sedikit lebih mahal

Transportasi dalam kota

Cuma ada bus kota dan taksi,bus kota jauh dekat 400 tugruk(kurleb 3000 rupiah)

Keamanan

tempat-tempat yag sedikit rawan adalah sekitar sukhbaatar square dan naran tuul black market.Banyak copet yg berkeliaran ,saya sering bgt disarankan (baik sama penduduk lokal maupun petugas hostel) memakai daypack supaya di gendong didepan

Musim waktu kunjungan

Yang terbaik summer karena udara tidak terlalu dingin dan juga ada naadam festival.

Tentang winter di ulaan baatar

*matahari terbit jam 10 pagi tenggelam jam 6 sore

*suhu bisa mencapai minimal -15 derajat,pakaian harus benar-benar tertutup.

*Pakaian yang saya gunakan atasan longjohn ,kaos ,sweater,jaket tebal.Bawahan Cuma long john    dan celana jeans plus topi kupluk yg bisa sekalian menutup telinga,syal,sarung tangan,sepatu winter,kaoskaki tebal,masker(penutup mulut)