Tips Dan Cara Traveling ke Iran Menggunakan Visa On Arrival Terbaru Lewat Shiraz

Informasi mengenai visa pada dasarnya simpang siur. Bahkansaya menghubungi 3 travel agen di Iran dan mendapat informasi yang tidak sama.Setelah sampai di Iran pun saya berbincang2 dengan beberapa turis dan umumnyapengalaman tidak sama walaupun kami tiba di hari yang tidak jauh berbeda.

Tata Cara Traveling ke Iran Menggunakan Visa On Arrival :

1.      Pesawat yang saya naiki adalah Qatar Airwaysdari KL via Doha. Saat check in mereka sempat bertanya dan saya tunjukin printout dari kedutaan kalau saya berhak mendapat VOA di bandara Shiraz. Petugaskemudian mencek tanggal departure saya dan karena masih berada dalam tenggangwaktu VOA saya diijinkan check in

2.      Tiba di Shiraz pukul 3 pagi, bandara tidakterlalu besar. Tidak seperti di Tehran yang menggunakan bridge, di sinipenumpang turun dari pesawat kemudian diantar ke terminal dengan bis

3.      Di terminal, counter visa tidak ada tanda karenasign sudah lepas tapi mudah diidentifikasi karena berada di seberang pintudengan jendela. Di pesawat hanya ada saya, 2 orang Oman dan sepasang pemudadari Jerman yang lelakinya keturunan Iran. Saya yang pertama turun.

4.      Di counter tersebut, saya ucapkan salam danmenyerahkan paspor. Saya sudah siapkan file berisi return tiket, konfirmasibooking hotel di Shiraz, asuransi perjalanan yang mencakup Iran (bagian tersebutsaya beri highlight). Petugas langsung mengambil paspor dan file kemudianmemfotokopi paspor dan menyerahkan formulir untuk diisi

5.      Formulir tersebut sederhana saya, hanya memintainformasi nama saya, nama ayah dan kakek, tujuan kedatangan, alamat yang akandidatangi di Shiraz. Ada bagian untuk menempelkan foto tapi saya tidakmenempelkan dan tidak jadi masalah.

6.      Setelah isi formulir di bagian belakang kananvisa counter adalah cashier, saya pergi ke sana untuk bayar. Karena pukul 3 pagi,petugas harus mencari petugas cashier yang masih tidur di bagian lain. Setelahdia datang, langsung bayar. Bisa bayar dengan currency USD, Euro atau Riyal.Tapi saya diminta Euro 20 dan saya memang sudah persiapkan. Informasi darikedutaan Euro 25 sebenarnya.

7.      Petugas kemudian mencap fotocopy paspor dankemudian memberikan receipt dalam bahasa Farsi.

8.      Dari cashier kita kembali ke counter visa. Kalaukita tidak mempunyai asuransi kita akan disuruh membeli asuransi di counter disebelah visa counter. Dua orang Oman dan pasangan Jerman tersebut terpaksa membeliasuransi di sana karena mereka tidak mempunyai asuransi perjalanan. Catatan:untuk pasangan Jerman tidak ada booking hotel dan return tiket tapi merekatetap diberikan visa. Dari informasi yang saya dapatkan dari turis yang masukvia Tehran, mereka semua rata2 susah masuk bila tidak mempunyai return tiketdan bookingan hotel tapi pasangan ini sudah beberapa kali masuk Iran dan bisaberbahasa Farsi, lagipula masuk via Shiraz jadi saya juga tidak yakin dengan alasan mereka masuk karena mereka tidak ramah terhadap saya (tidak mau cerita).

9.      Di counter visa, serahkan visa formulir. Petugasmasuk dan tidak sampai 1 menit, paspor sudah ditempeli stiker visa 15 haridengan batas terakhir adalah hari ke-16 dari tanggal masuk kita

10.  Dari sana, saya langsung masuk ke jalur imigrasiuntuk foreigner

11.  Petugas cek paspor dan kemudian memberikanstempel masuk

Catatan:

1.      Ekstension: saya cek dari foreign office diShiraz yang memberikan ekstension saya hanya tinggal isi formulir dan kemudiandalam waktu satu jam akan diberikan 1 bulan

2.      Tapi saat saya berbincang2 dengan beberapa turisyang saya temui, ternyata ada yang dapat hanya 3 hari ada yang hanya 1 minggu.Tidak ada orang Indonesia dan semuanya warga Eropa Namun ada seorang perempuandari Jerman yang sudah 6 bulan di Iran dan selalu ekstension via Shiraz danselalu dapat. Kami semua bertanya macam2 tapi perempuan ini tidak mau shareinfo jadi tidak terlalu jelas.

3.      Di Shiraz semua setuju hanya membutuhkan 1 jam,di Tehran 3 hari dengan kemungkina 50% ditolak da di Esfahan hampir 100%permintaan selalu ditolak walaupun mengambil masa 3 hari.

4.      Dari pengalaman semua orang, visa dan ekstensionpada akhirnya tidak ada kepastian dan selalu berdasarkan mood petugas.

5.       Bertemu dengan kawan dari Malaysia, woman single traveling alone, yang mengurus visa via kedutaan di KL untuk 1 bulan. Gratis dan 3 hari tanpa perlu mengurus nomor referensi dari travel agent di Iran.

Penting untuk diketahui bahwaQatar Airways mendarat di Shiraz pukul 3 pagi dan money changer belum buka. Siapakanrecehan USD sejak dari kota keberangkatan. Cukup sulit untuk mendapatkan taxiyang mau dibayar USD karena harga dalam riyal hanya 60 ribu riyal ke kota atauUSD2 tapi kalau bayar denga USD mereka minta USD4-6. Saya akhirnya hanyamembayar USD3 karena ada seorang perempuan muda orang Iran yang belajar diManila dan tiba2 ikut campur membantu saya tanpa diminta menawarkan taxi. Dankemudian malah memberikan nomor telepon dia dan juga minta nomor telepon taxiuntuk cek karena dia kuatir melihat saya wanita traveling seorang diri di Iran.