Review Tempat Penginapan Murah Di Vietnam Cocok Untuk Backpacker



Tips menukarkan uang USD di Vietnam :

Rate USD di Ha Noi (atau mayoritas kota besar daerah utara) adalah 21.500 VND per 1 USD, sementara di wilayah selatan HCMC dan sekitarnya adalah 21.000 VND per 1 USD. sementara itu harga beli USD di HCMC kalau lagi hoki bisa dapet 1 USD per 20.000 VND. karena ada pengalaman temen nuker 100K VND dapet 5 USD. Lumayan untuk mengakali, tuker USD ke VND di Ha Noi, tuker VND ke USD di HCMC, bagi yg butuh dana secukupnya untuk ke Kamboja, karena Riel gak laku lagi di negara lain, tuker ke THB ato VND sebelum keluar dari perbatasan Kamboja. 

Penginapan di Viet Nam menerima baik USD maupun VND, walaupun ada beberapa yg hanya menerima salah satunya saja. Selalu tanyakan 2 harga, kadang membayar dengan USD lebih murah, tapi tidak jarang, bayar dengan VND justru lebih murah. Bandingkan saja dengan app currency conventer sebelum membayar. Selalu simpan receipt / struk pembayaran dan bareng2 berhitunglah dengan resepsionis. Apalagi kalo ada biaya tambahan semisal, beli minum/makan/laundry, supaya nggak kena tipu / bayar dobel.

Belum ada pengalaman untuk VN Tengah. Yang pernah ke wilayah tengah (Da Nang, Hue, Hoi An, Da Lat dll) silahkan share.

Btw, kalo ada masuk via darat, utamanya Laos. Mata uang Kip masih bisa ditukar di Viet Nam walaupun ratenya kurang bagus. Kalau lupa exchange di perbatasan Laos, tukar saja di kota2 besar di Viet Nam, pasti ada bank, money changer atau travel agent yg mau menerima. Laos dan Viet Nam punya kedekatan ideologi dan banyak warga negara mereka yg saling bekerja atau tinggal di kota besarnya terutama Luang Prabang, Vang Vieng, Vientiane, Hanoi, Vinh, Da Nang dan HCMC. Bisa cek jalur bus internasional Laos - Viet Nam. 

Berikut Review Tempat Penginapan Murah Buat Backpacker : 

1) Hanoi Tony's Hostel 

Lokasi: 56 Ngo Huyen Street (old quarter), Hoan Kiem.

Tipe kamar yg digunakan: 8-bed mixed dorm. padahal mesen yg 6-bed

Harga: 5 USD

Fasilitas: AC, wifi, free breakfast

Booking: Hostelworld

Lama tinggal: 1 hari

Review:

-Ihwan

Saya dan seorang teman memilih hostel ini karena letaknya yang cukup strategis menuju St. Joseph Catedral (teman merayakan paskah 3 hari disini), danau Hoan Kiem, KFC dan pusat travel agent (utamanya The Sinh Tourist yg asli). Kami check in sekitar jam 19.30 dan besok paginya langsung pindah hostel karena kamar dormnya di lantai 4, pakai tangga (hiking), kamarnya bau/lembab, air panasnya mati dan stop kontaknya hanya ada 3 dan letaknya susah dijangkau (untung teman bawa stop kontak extension). Ga sempat meriksa kamar mandi karena positive thinking. Sialnya lagi teman sekamar kami 2 cewek bule, sepertinya dari Jerman, yang cekikikan sampai tengah malam dan jorok (buang sampah sembarangan, tissue-rambut rontok) dll di kamar dan kamar mandi. Malam itu, saya kelaparan dan lagi males cari makan diluar karena pho daerah utara rasanya kurang enak, akhirnya mutusin beli nasgor di hostel ini, sialnya rasa nasgor ga enak dan saya bayar pake USD dikasih kembali ga pas + ada 1 lembar 1 USD yg gak laku. Banh mi breakfast besok paginya juga kurang enak, gula sachetan dari Vietnam Airlines untuk nyeduh kopi/teh ternyata uda kadaluwarsa. Lengkap sudah. Poin positifnya adalah Tony (owner, orang Viet Nam) dan beberapa staff yang ramah serta kasur yang cukup empuk.

Poin: 1.5 / 5

 

2) Green Hanoi Backpackers Hostel

Lokasi: 14 Ngo Huyen Street (old quarter), Hoan Kiem.

Tipe kamar: 10-bed mixed dorm.

Harga: 4 USD

Fasilitas: AC, wifi, free breakfast (banh mi + pisang), laundry 12K VND / kg (normalnya 15K VND, berkawanlah dengan owner dan stafnya, sehari jadi, masukin jam 19, besok jam 9 pagi udah bisa diambil).

Booking: Walk in, kenalan sama Michael (owner, orang VN yg juga buka travel di jalan/gang utamanya)

Lama tinggal: 2 hari

Review:

-Ihwan

setelah kesal dengan hostel sebelumnya, kami pindah kesini apalagi ketemu sama member BD Makassar, Ian. walaupun bed lebih banyak tapi harga lebih murah dan sarapannya lebih enak. Free drinks (kopi/teh/air putih) all day (tapi ambil secukupnya), boleh numpang masak juga. Kamar sedikit kotor, tapi karena ada yg tinggal berbulan2 sambil ngajar English dan music perform, 2 bule asal UK kalo ga salah. Kamarnya di lantai 2, air panas nyala, bule2 yang tinggal ramah dan walaupun ga dapet yg paling murah, kami dapet harga 20 USD including kayaking one day tour Ha Long Bay (harga termurah saat ini 19 USD, sekaligus update info dari Bang Teddy) + free dianter ke stasiun untuk ngejar kereta ke Lao Cai. Hampir semua staff ramah, kurangnya cuma 1, kasur agak keras. Female dorm kalo ga salah di lt 3, tapi tangganya pendek kok.

Poin: 4 / 5


3. May De Ville Hostel

Lokasi : No 1 Hai Tuong Lane, Ta Hien Street, Hoan Kiem District Hanoi, Vietnam 1000

Tipe Kamar : Tersedia Dorm $6 (semua tipe harga ada di Hostel Bookers)

Fasilitas : Map, Lift, Breakfast mantap, komputer, ruang tunggu, ruang bercengkrama, kalau gak salah ada bilyard, kamar mandi bagus, and Wifi.

Review :

- Arip Hidayat

Saat itu saya tiba di Hanoi magrib menjelang Isya dari Vientien, Laos selama kurang lebih 26 jam di Sleeper Bus. Saya agak tegang juga karena gak memikirkan akan ke Hanoi. mendekati terminal bus besar di hanoi ada seorang agent yang masuk ke bus dengan menawarkan jasa untuk mengantar turis ke minivan dia, akhirnya saya mengikuti gerombolan backpacker yang kemungkinan kebanyakan eropa. saya masuk minivan dan kami menuju pusat turistik (OLD QUARTER), selama diperjalanan agent itu menjelaskan ini itu.

setelah sampai saya tanya apakah dia menyediakan penginapan murah, ternyata nggak karena udah penuh katanya dan mungkin karena saya keliatan kere bukan keren. makin bingung dong.

akhirnya cari-cari sendiri dan berpamitan sama backpacker asal jepang untuk memisahkan diri. tak jauh dari tempat saya di drop celangak-celinguk dikit saya menemukan tempat itu, agak menjorok ke dalam hostelnya tapi namanya cukup terang meski kecil di papan yang gak begitu besar.

waktu itu cukup lega nemu hostel dulu, langsung malamnya makan Pho, dan pagi-paginya ketika ditanya mengenai sarapan dimana, ternyata ada di lantai atas dan saya segera kesana. ya AMPUN gak nyangka banget, bagi saya sekelas hostel itu luar biasa banget. ternyata memang hostel ini juga mungkin anak perusahaan dari Hotel dengan nama yang sama, karena ada hotel dan hostel dengan nama yang sama, jangan ampe salah booking ya. pasti beda harga lah. (SAYA GO SHOW).

Saya ketemu sama profesor gitu dari Taiwan, dikasih teh Taiwan.

http://www.hostelbookers.com/property/prp/73227/arr/2015-05-04/ngt/1/ppl/1/


4) Sa Pa Hostel 

Lokasi: 01 Hoang Lien Street, Sa Pa.

Tipe kamar: 4-bed mixed dorm.

Harga 5 USD

Fasilitas: Fan (ga perlu, udah dingin banget), wifi di lobby, handuk, toiletris, pemanas kasur (kalo suhu dingin banget boleh request, ud terpasang di kasur).

Booking: walk in, ga nyangka dapet karena sering full-booked.

Lama tinggal: 1 hari

Review:

-Ihwan

ini punya sekeluarga besar, seluruhnya ramah, walaupun yg bahasa Inggrisnya lumayan cuma si ibunya aja, yg sering jaga resepsionis. aslinya dapet teh VN gratis tiap pagi tapi sering kehabisan karena yg nginep banyak dan uda keduluan bule2 yg bangun pagi buat trekking ke Catcat bareng suku asli sana. letak strategis buat kemana2. kami dibolehin early check in dan bisa nitip tas sampe sore untuk besoknya. boleh minta air panas gratis, ada jasa tur dan minivan buat anter ke Lao Cai. kekurangannya cuma di kamar ga dapet pemandangan, ga termasuk sarapan dan wifinya masuk kamar tapi sinyal cuma sebatang dan ilang2an.

Poin: 4.5 / 5


5) Hue Backpacker Hostel

Lokasi : 10 Pham Ngu Lao, Hue. Ph : 0543826567

Tipe Kamar : Dorm $6

Fasilitas : Wifi, Payung, Breakfast,  Maps dan travel agent.

Review

- Arip Hidayat

Saya beli buku lonely planet di Bangkok jadi saya hanya menemukan penginapan ini yang murah. Dari statsiun Hue saya jalan kaki menuju tempat ini karena tinggal lurus aja. ternyata jauh juga hahahahahha.

Waktu itu agak sedikit hujan karena bulan februari (lah emang hujan nyalahin bulanya ya? heheheh).

breakfast yang disediakan Roti, Pisang, dan Mie, saya pilih mie ehehehehehe. di hostel ini ketemu kakek-kakek dari peru dan ngasih ciput yang kekecilan di kepalaku. HUE AMAZING BANGET

Nath Trang


6) Backpacker House

Lokasi : 54G Nguyen Thien Thuat Street, Nha Trang, Vietnam 0000 Bersebalahan dengan Son & Daughter hostel yang lebih murah.

Tipe kamar : tersedia dorm dengan jumlah yang banyak dalam satu ruangan dan mix

Harga : $7

Fasilitas : Breakfast, Komputer, Wifi.

Review

- Arip Hidayat

saya tiba di kota ini masih pagi sih, tapi kamar full dan si petugas meminta saya menunggu untuk memastikan bahwa 1 orang akan cabut, ternyata setelah beberapa jam iya. saya pun dikasih nomor tempat tidur paling terakhir.aru

jadi 1 ruangan itu ada yang 10 tempat tidur dan ada yang 14.

kebetulan saya di ruangan yang kedua. jadi dalam 1 area itu ada 1 ruangan besar berisi 5 tempat tidur tingkat, ruang kamar mandi gede, lalu ada lagi ruangan dengan 2 tempat tidur tingkat nah saya termasuk ke dalam ruangan kecil yang berisi 2 kasur tingkat. ternyata 3 orang selain aku itu adalah orang england yang baru lulus S2.

Malam hari ada yang ketok kamar, lah kan masing-masing orang punya kunci kenapa ketuk, ternyata seorang dari mereka itu mabok dan bawa cewek. saya bukain kan langsung saya masuk lagi ke selimut.

mereka berbincang di kasur dan makan snack gitu lalu mereka mematikan lampu. lah ini mau ngapain tanyaku dalam hati, saya sudah memperkirakan akan ke arah sana (ML).

diawal-awal mereka tak terdengar ya, masih rapi mainya atau masih start lah. lama kelamaan miakin kenceng dan makin kenceng bener-bener, waduh saya langsung gemetaran.. dan sialnya lagi kenapa saya madep tembok tidurnya, jadi tak melihat kejadian secara langsung cuma berbentuk mp3nya doang nggak yang sama videonya. hahaha loohhhhhh.. nggak pemirsa jadi saya merasa aneh saja diantara mereka. pas menjelang permainan mereka berakhir saya ingin memastikan mereka lagi dalam posisi gimana (hahaha makin ngaco) maksudnya beneran emang lagi gitu-gituan. saya pun menoleh.

sesudah selesai permainan si cewek bilang bahwa saya tadi noleh, si prianya masa bodoh dan berkata biarin dia fuck bantalnya.. sinting.  tapi akhirnya saya juga tertidur beberapa jam, saya bangun dan mereka masih bobo bareng, yang lain pun pada ngejoprak, saya buru-buru chekout.

tadinya mau ke hoi an jadi gak jadi karena bus penuh semua ke sana dan saya ingin buru-buru pindah kota.

sebelum kejadian ML itu si pria yang MLnya itu mau mandi, saya masih dikamar mandi. pas keluar saya tekan tombol di gagang pintunya lalu si bule masuk dan dia menutup pintunya, otomatis ke kunci. ternyata dia gak bisa buka itu pintunya setelah kelar mandi dan dia terkunci selama 4 jaman karena pihak hostel gak punya kunci cadangan. saya benar-benar panik takut dimintai ganti atau apalah, makanya saya tak berani main karena merasa gak enak hati ada kejadian kaya gitu. selama pintu dibenerin saya merasa bener-bener khawatir dan bersalah karena pihak hostel juga kebingungan, sudah mendatangkan tukang pintu, dll. hahahahahahahah

 

7) Saigon Balo Hotel (harusnya hostel) 

Lokasi: 203 Pham Ngu Lao Street, District 1

Tipe kamar: Double bed private dan 6-bed dorm

Harga: double bed 11 USD, 6 USD per awal April naik jadi 7 USD

Fasilitas:

-Dorm: AC, handuk, free breakfast (pilih menu), wifi

-Private: + TV, water heater, (harusnya 2 mineral water), toiletris

Booking: Hostelbookers untuk hari pertama, extend ngomong langsung.

Lama tinggal: 3 hari, 2 di dorm

Review:

-Ihwan

tulisannya sampai detik ini masih hotel, padahal hostel. lagi2 milik sekeluarga besar dan buka jasa travel di lobby juga (An Phu). 2 orang staff cukup ramah (ibu resepsionis, lupa namanya dan See-U ato siapa gitu, pemuda, biasa jaga pagi). AC di dorm dingin banget, tanpa remote dan ga bisa dimatiin walopun copot central lock, pipa wastafelnya bocor tapi kamar private-nya bagus dan bersih dengan toiletris. ada liftnya, bfast dan air panas gratis pada jam bfast di lantai 5. Bisa tuker duit juga, bahkan temen dapet nuker 100K VND ke USD dapet 5 USD, jadi untung. Deket dengan tempat/agen bus2 ke Kamboja berhenti (seberang taman) dan Sinh Tourist yang asli (cabang HCMC). Ketemu dengan Mas Feri yang saat itu lagi trending topic di BD karena kumisnya, hanya 15 menitan sebelum beliau lanjut ke Kamboja.

Poin: 3 / 5 untuk dorm, 4 / 5 untuk private room.

 

8) Luan Vu Hotel

Lokasi : 35/2 Bui Vien Street

Tipe kamar : Private room single bed (2 person)

Harga : Rp 180.000

Fasilitas : AC, Breakfast, Wifi, TV, handuk, kamar mandi dalam

Booking : Agoda

Lama Tinggal : 1 hari

Review :

-Erwin Avianto

Hostel nih harusnya. Masuk gang dikit, pelayanan bagus. Cek-in jam 9 malam gara2 bingung nyari jalan haha.... Kamar bersih, nggak enaknya kalo pulang malam musti ngebel dulu ntar dibukain pintu. Dapet sarapan roti ama teh/kopi.

Poin: 3 / 5

 

9) Friend tourist

Lokasi : Pham Ngu Lau street

Tipe Kamar : Dorm $3

Fasilitas : lantai dasar travel agent, Wifi di lantai dasar doang, kipas angin 

Review :

- Arip Hidayat

saya 5 harian di HCMC nginap di sini, ada tulisanya jelas kok "ROOM $3 per NIGHT". yah lumayan lah kalau kemarin-kemarin banyak ngabisin duit ya itung-itung menyeimbangkanya ya nginep di tempat murah. banyak juga kok yang milih ini. selain itu kalau di tempat lain itu harganya minimal $6 kalau disini setengahnya, jadi setengahnya bisa buat makan kenyang dengan menu lumayan lah. hahahahahha

di lantai dasar adalah travel agent, jadi kalau pulang malam lebih dari jam 10 udah ditutup dan akses untuk masuk gedor-gedor toko. yang punya cukup ramah sih. lumayan ketemu banyak orang di sini karena yang dorm cuma satu ruangan isi 4 kasur tingkat.

 

10) Nam Hai Hotel

Lokasi : 325B Nguyen Dinh Chieu Street, Ham Tien Ward, Phan Thiet

Tipe kamar : Superior Twin Bed No Breakfast (2 person)

Harga : Rp 194.000

Fasilitas : AC, Wifi, TV, handuk, kamar mandi dalam, pemanas air, kopi, teh

Booking : Agoda

Lama Tinggal : 1 hari

Review :

-Erwin Avianto

Nih baru hotel strategis pas jalan besar pinggir hotel banyak resto ama jual souvenir, view rooftopnya keren top abis ada kolam renangnya. Paket tour bisa pesan ke resepsionis ntar dibantu.Resepsionisnya cakep uey :hammer membantu banget, nggak segan dibantu telpon hotel berikutnya di Saigon ama bus utk jemput. Ada lift untuk naik turun, ada bar di lobbby hotel.

Poin : 5 / 5

 

-Ihwan 

-Erwin 

- Arip 

Jangan lupa doakan kontributor sehat selalu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.