Itinerary Thailand 9 Hari 8 Malam (Bangkok-Chiang Mai-Chiang Rai-Bangkok) Wajib Di Coba 2021



sekedar share - Thailand 9 hari (Bangkok-Chiang Mai-Chiang Rai-Bangkok) 

H1 - Bangkok
Tiba di Don Mueang airport (DMK), naik kereta dari DMK ke Hualamphong. Perjalanan 1 jam dg harga tiket 5 baht per orang. Penginapan di sekitaran stasiun Hualamphong dg rate 700 baht (untuk 3 orang). Untuk cari makanan halal, bisa ke Sevel. 1x makan rate nya 25-50 baht, air mineral 7-15 baht. Naik tuk-tuk (sejenis bajaj) keliling menikmati suasana kota, nego2, deal di 20 baht (untuk 3 orang)

H-2 - Perjalanan Bangkok ke Chiang Mai
perjalanan dari Hualamphong station menggunakan kereta no 109 dg harga 231 baht per orang. Berangkat jam 12.45 sampai Chiang Mai jam 04.45. Untuk detail atau time table dari kereta, bisa menanyakan di bagian informasi saat di Hualamphong station.

H-3,4 - Chiang Mai
Berhubung masih subuh, jalan kaki dari stasiun ke kawasan kota tua (tidak sampai 5 km). Banyak penginapan di kawasan kota tua, untuk dormitory (1 kamar isi 6-10 orang) 100-180 baht, untuk sekamar berdua ratenya 200-400 baht. Dan saya sendiri, ambil yg dormitory (sekamar isi 8 orang dg harga 100 baht. Jangan lupa untuk mengunjungi night market saat di kawasan kota tua. Untuk makan mie goreng di kawasan muslim (50 baht) jus 30 baht.

Keesokan harinya ke Doi Suthep, naik angkot warna merah dari north gate kota tua 200 baht (3 orang). Masuk Doi Suthep, 30 baht (via tangga). Dari Doi Suthep kembali ke penginapan dan berpisah. 2 orang kembali ke Bangkok untuk menikmati Chatuchak Weekend Market dan saya memutuskan untuk ke chiang rai sendirian. Dari north gate kota tua, naik angkot (20 baht) ke Archade Bus Terminal. Naik Green Bus dg harga 144 baht menuju Chiang Rai, lama perjalanan 3 jam tanpa macet a.k.a sepi. Yang perlu diperhatikan, jangan berhenti / turundi Chiang Rai bus station 2, tapi turun lah di Chiang rai bus station 1.

Santai sejenak di sevel depan terminal 1. Berhubung sampai di Chiang Rai sudah jam 20.00, jalan sebentar di sepanjang ruko depan terminal, terdapat penginapan (di atas penginapan, di bawahnya cafe 24 jam). Cek harga, rate 180 baht (kamar bersih, KM di luar). Take it, mandi, istirahat sebentar, lanjut ingin menikmati night market di samping terminal.

H-5,6 Eksplor Chiang Rai (CR)
berdasarkan informasi dan bertanya ke yg punya penginapan, menuju ke White Temple. Berangkat dari terminal jam 06.30 by bus (6.5 Baht). Setelah puas menikmati White Temple (masuknya gratis), kembali ke terminal 1. Naik angkot warna hijau arah mau ke terminal 1 (7 baht). Kalau ingin mencari spot2 untuk foto White Temple, usahakan sudah tiba disana sebelum jam 9. Di atas jam 9, banyak sekali rombongan tour yg berdatangan.

Sampai terminal, perjalanan di lanjutkan ke Golden Triangle(GT). Dg menggunakan minibus (tarif 50 baht), lama perjalanan sekitar 1 jam. Jangan lupa untuk menanyakan jdwal terakhir dari GT ke CR. Berhubung sendiri, mencoba untuk mengajak / menanyakan warga lokal / pelancong yg ingin menaiki perahu untuk mengelilingi GT. Share cost dg warna lokal, 600 baht (untuk 3 orang) naik perahu, lama waktunya 1 jam. Setelah puas menikmati kawasan GT, pulang ke CR menggunakan minibus (tarif sama, 50 baht).

Keesokan hari, merencanakan ke 5 Hilltribe Villages. Naik bis (tarif 6.5) baht) dari terminal depan penginapan. Berangkat jam 7 pagi, lama perjalanan 30-45 menit. Setelah sang kondektur memberi isyarat untuk berhenti, maka dilanjutkan dg jalan kaki sepanjang 2 km untuk tiba di 5 Hilltribe Villages. Bayar tiket masuk 300 baht, kasih tips 20 baht (untuk 2 orang anak kecil yang menemani selama mengelililngi kawasan 5 hilltribe village). Jam 10, kembali ke penginapan. Check out, melnjutkan perjalan ke Bangkok. Tiket bisa dibeli di terminal 1 dengan tarif 630 baht (sudah termasuk snack dan makan malam). Dari terminal 1 naik angkot (tarif 15 baht) ke terminal 2 (45 menit-1 jam perjalanan). Sambil menunggu keberangkatan bus (jam 17.30), menikmati kopi thai di kawasan terminal. 

H-7 Bangkok
Tiba di Bangkok (terminal bis Mochit) jam 06.30. Melanjutkan perjalanan ke Khaosan Road, naik bis (tarif 6.5 baht). Bertemu dengan 2 teman yg sebelumnya berpisah. Check in, tarif kamar 180 baht/mlm. Eksplor grand palace (tiket masuk 500 baht), china town (naik bis, 6.5 baht)
 

H-8 Bangkok
pagi2 memutuskan untuk ke Wat Pho dengan jalan kaki. Puas menikmati Wat Pho (tiket masuk lupa, 100 apa 200 baht, udah termasuk air mineral, akses internet gratis selama 1 jam), menuju ke Wat Arun. Dengan cukup membayar tiket perahu 3.5 baht, menyebrangi sungai Chao Phraya. Tiba di Wat Arun, eksplor dan tidak dikenai tiket masuk a.k.a gratis. Kembali ke penginapan dan malam saatnya menikmati khaosan road.

H-9 
Berangkat dari penginapan pagi menggunakan bis (tarif tetap, 6.5 baht) menuju Hualamphong. Dari Hualamphong menggunakan kereta lanjut ke DMK (tarif 20 baht per orang). Tiba di soetta jam 14.30. Lanjut ke Bandung dan istirahat..

 

NB :

  1. masih banyak kawasan Thai yg belum dikunjungi, terutama thai selatan (pattaya, krabi, phuket, phi phi)..heuehehe, 
  2. jangan takut untuk bertanya, terutama jalur transportasi umum (bis, angkot)
  3. berhubung tidak semua orang Thai bisa menggunakan bahasa Inggris, gunakan lah bahasa tubuh
  4. bagi yang muslim, jangan takut untuk mendapatkan makanan halal. Kalau tidak menemukan kawasan muslim, bisa ke Sevel (dimana-mana, tdp sevel)
  5. total pengeluaran selama 9 hari, bisa dikira-kira sendiri, sedang untuk tiket AA kemarin dapatnya 565.000 PP (tiket promo)
  6. bagi yang ingin akses wifi gratis, di thailand menyediakan spot2 tertentu yang ada free wifi-nya, tentunya kita harus registrasi dulu. Isi phone number sesuka kita a.k.a ngawur gak masalah. Saya lupa, jumlah digit nomor untuk phone number, 7 apa 9. Coba aja. Nanti kalau tidak berhasil, utak-atik aja jumlah digitnya. Selamat mencoba & jangan lupa menyimpan username & passwordnya.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.