Itinerary Backpackeran 3 Hari Ke Washington DC, Amerika Serikat Terbaru 2021 Bagian 2


Itinerary Hari Kedua

Bawa makanan dan minuman untuk makan siang sejak pagi. Bawa juga koran bekas untuk lesehan nanti. 

9:15 --- Turun di stasiun Smithsonian (jalur biru/oranye/abu). Ambil pintu keluar ke Jefferson Drive Southwest. Jalan ke arah Monas. 

9:30 --- Sampai ke kaki Monas, jalan terus ke 17th Street Northwest untuk ke World War 2 Memorial. 

9:45 --- Keliling World War 2 Memorial. Jika kita berdiri membelakangi Monas, keluar memorial ini ke sisi kanan. 

10:00 --- Menyusuri Lincoln Memorial Reflecting Pool. Jika tidak dibarikade, bisa berjalan di tepi kolam. Jika tepi kolam ditutup, ada jalan khusus di sebelahnya. 

10:15 --- Abraham Lincoln Memorial. Sisi kanan ada Vietnam Veterans Memorial. Sisi kiri ada Korean War Veterans Memorial. Kunjungi ketiganya. Di akhir minggu, biasanya banyak veteran lanjut usia berkunjung untuk menghormati kolega mereka yang gugur di medan perang. 

Jangan lupa berfoto di ujung Reflecting Pool dengan pemandangan Monas tercermin (reflecting) ke kolam. 

Ada toilet di Lincoln Memorial. 

11:15 --- Selesai dari Korean War Veterans Memorial, jalan ke Independence Ave Northwest sampai pertigaan dengan West Basin Drive Southwest letak Martin Luther King Jr Memorial. 

11:30 --- Dari MLK Jr Memorial, kelilingi Tidal Basin untuk mengunjungi Franklin D. Roosevelt (FDR) Memorial, George Mason Memorial, Thomas Jefferson Memorial. Setelah itu, ada pangkalan paddle boat jika mau menyusuri Tidal Basin. Wahana paddle boat ini dikenakan biaya. 

Sekeliling Tidal Basin adalah pusat pohon sakura (Yoshino cherry trees). Puncak berseminya bunga sakura (Cherry Blossom) biasanya pada akhir Maret atau awal April (tergantung cuaca). Saat itu, sekeliling Tidal Basin akan ramai sekali dan tidak memungkinkan untuk naik sepeda karena lalu lalang orang. 

Untuk tempat makan siang, dapat duduk-duduk di bawah pohon sakura (ini gunanya bawa koran bekas, tapi ingat, dilarang menyampah. Kumpulkan dan buang koran di tempat sampah setelah selesai). Atau jika ada bangku di dekat memorial, bisa juga duduk disitu. Kedai makanan (jika buka) terdapat di dekat Jefferson Memorial dan stasiun paddle boat. Toilet (jika buka) terdapat di FDR & Jefferson Memorials. 

13:30 --- Setelah lokasi paddle boat, ada jalan menuju lapangan parkir (Maine Ave Southwest) dan jembatan Kutz (Independence Ave Southwest). Di pertemuan kedua jalan ini ada Floral Library, taman bunga kecil terbuka. 

13:50 --- Selesai dari Floral Library, jalan menjauhi jembatan Kutz, menyusuri Independence Ave Southwest untuk kembali ke stasiun Smithsonian. 

14:10 --- Naik kereta metro dari stasiun Smithsonian (jalur biru/oranye/abu) ke stasiun Farragut West (jalur biru/oranye/abu). Ambil pintu arah 17th Street Northwest untuk keluar ke Farragut Square (taman). 

14:25 --- Jalan melewati Farragut Square menyusuri 17th Street Northwest untuk ke tempat pemberhentian bus DC Circulator (ditandai dengan plang berlogo ini) tepat di depan pintu masuk stasiun Farragut North (jalur merah). Naik bus DC Circulator tujuan Georgetown (terpampang di papan elektronik di kaca depan bus). 

14:45 --- Turun di perempatan Wisconsin Ave Northwest dan M Street Northwest. Saat itinerary ini ditulis, di perempatan ini terdapat the Shops at Georgetown, PNC Bank, dan toko baju Benetton. Kalau ragu, tanya ke supir. Jangan lupa ucapkan terima kasih saat turun bus. 

Keliling M Street Northwest, Georgetown. Sepanjang jalan ini banyak toko-toko dan restoran, termasuk gerai DC Cupcake. Jika mau beli cupcake disini, disarankan pesan online beberapa hari sebelumnya, jadi bisa langsung ambil tanpa antri. Antrian bisa panjang sekali, tidak peduli dalam cuaca apa pun. 

18:00 --- Makan malam di M Street Northwest, Georgetown. 

20:00 --- Keluar kawasan Georgetown dengan bus Circulator ke arah Union Station atau Dupont Circle. Kawasan ini tidak ada stasiun subway/metro. 

Itinerary Hari Ketiga

Hari ketiga ini bisa ke tempat wisata yang berbayar. Seperti Museum Madame Tussauds DC, Newseum, International Spy Museum, Crime Museum, National Building Museum. Silakan google untuk informasi lengkapnya, masing-masing punya situs web sendiri. Letak museum-museum ini dapat dijangkau oleh kereta metro dan masih di sekitaran Utara wilayah National Mall. 

Atau kalau ingin ke kebun binatang, bisa ke National Zoo dengan maskot kebanggaannya: panda. 

Jika belum puas keliling tapi lelah berjalan kaki, dapat juga ikut tur hop-on-hop-off. Yang popular adalah Old Town Trolley dan Big Bus Tours. 

Alternatif lain adalah tur cruise menyusuri Sungai Potomac. 

Waktu yang tepat untuk mengunjungi DC

-- Akhir Maret atau awal April. Masanya Cherry Blossom atau berseminya bunga sakura, mirip seperti di Jepang. Namun, puncak mekarnya tidak dapat dipastikan, tergantung cuaca. Setiap tahun berbeda-beda dan hanya bertahan sekitar 2 minggu. 

-- Mei. Banyak festival atau acara-acara kebudayaan gratis di akhir pekan. Cuaca juga mulai menghangat. 

-- Senin terakhir di bulan Mei. Libur Memorial Day (semacam Hari Pahlawan). Ada pawai di sore hari dekat the National Mall. Banyak toko2 juga memberikan diskon. 

-- 4 Juli. Peringatan Hari Kemerdekaan Amerika Serikat. Pawai di pagi hari dan pesta kembang api setelah matahari terbenam. Hal ini memang ada juga di New York dan kota besar lainnya, tetapi berbeda suasananya karena DC adalah ibukota negara. Namun perlu diketahui, cuaca sekitar 4 Juli sudah mulai tidak enak. Kalau sedang panas, bisa melebihi panasnya Jakarta. 

-- Minggu pertama di bulan September. Libur Labor Day (Hari Buruh). Ada beberapa festival gratis, termasuk Festival Tahunan Buku Nasional. 

Penginapan

Tidak semua kawasan di DC aman. Usahakan untuk tinggal di wilayah Northwest (bisa tahu dari nama jalannya). Google dulu alamat penginapan untuk juga mengetahui apakah letaknya dekat dengan stasiun metro. 

Bagi yang beragama Islam

-- Mesjid tidak mudah dijangkau. 

- Paling dekat adalah Islamic Center di 2551 Massachusetts Ave Northwest, sekitar 20 menit berjalan kaki dari KBRI. 

- Lainnya adalah IMAAM, masjid milik komunitas Indonesia di wilayah DC Metro Area. Lokasinya di 9100 Georgia Ave, Silver Spring. Naik kereta metro ke stasiun Silver Spring (jalur merah), dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. 

-- Untuk makanan halal, bisa ke restoran kebab. Biasanya di pintu masuk sudah bertuliskan ‘halal’. Yang punya beberapa cabang adalah restoran Moby Dick, milik imigran dari Persia (Iran). Mereka jujur, jika menu daging sapi tidak halal, mereka akan bilang. Bagusnya ditanyakan saja supaya yakin. 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.