Itinerary Backpacker 3 Hari Ke Washington DC, Amerika Serikat Terbaru 2021

Itinerary Hari Pertama

9:00 --- Turun subway/metro di Union Station (jalur merah). Gedung stasiun metro menyatu dengan stasiun kereta antarkota Amtrak, tempat parkir bus antarkota, dan pertokoan. Lihat petunjuk arah untuk ke Main Hall. Keluar gedung, ambil pintu arah Massachusetts Ave Northwest. Ada taman di depan stasiun: Columbus Circle. Berfoto disitu. 

9:25 --- Membelakangi patung Columbus, ambil arah sisi kiri patung untuk menyeberang ke First Street Northeast. Susuri jalan ini 2 blok sampai ke Supreme Court (Mahkamah Agung), 1 First Street Northeast. 

9:45 --- Masuk Supreme Court. Gratis. Perhatikan larangan pengambilan foto. Ada kantin, tetapi pada jam makan di hari kerja akan dibuka prioritas untuk karyawan. Terdapat toilet umum. 

10:30 --- Jalan ke Library of Congress, 101 Independence Ave Southeast. 

10:40 --- Masuk Library of Congress. Perpustakaan terbesar di dunia. Arsitektur gedung bersejarah. Tidak ada kantin. Terdapat toilet umum. 



11:30 --- Jalan ke sisi belakang Gedung Capitol. Lalu menyusuri samping gedung untuk ke depan Gedung Capitol. Jika ingin masuk ke dalam Gedung Capitol, butuh waktu antara 1,5 jam hingga setengah hari. 

Silakan google untuk mendaftar online jauh hari sebelumnya dan melihat peraturan barang bawaan. Gratis. 

12:15 --- Jalan ke arah National Mall. Melewati Capitol Reflecting Pool dan Ulysses Grant Memorial. 

12:30 --- Menyusuri National Mall. Bukan shopping center ya, ini adalah lapangan luas terbuka, dimana disisi kanan-kirinya terdapat sekitar 10 museum Smithsonian. Semua gratis. Pilih satu saja untuk dilihat dalam 45 menit dan ke toko suvenirnya 15 menit. Google sebelumnya, termasuk untuk cari tahu mana yang ada kantin atau tidak dan apakah suka menunya, karena akan makan siang disini (45 menit). Semua ada di situs web masing-masing. Terdapat toilet di semua museum. 

- Sisi Jefferson Drive Southwest: US Botanical Garden (bukan dibawah manajemen Smithsonian), National Museum of the American Indian, National Air and Space Museum, Hirshhorn Museum and Sculpture Garden, National Museum of African Art, Smithsonian Institution, S. Dillon Ripley Center/Freer Gallery of Art/Sackler Gallery. 

- Sisi Madison Drive Northwest: National Gallery of Art, National Museum of Natural History, National Museum of American History. 

Jika lapangan tidak ditutup/dipagari, dapat berfoto di tengah lapangan dengan latar belakang Washington/National Monument (Monas). Lapangan ini juga menjadi pusat nonton kembang api pada perayaan Hari Kemerdekaan 4 Juli. 

14:15 --- Jalan ke stasiun Smithsonian (jalur biru/oranye/abu). Naik metro ke stasiun Federal Triangle (1 stop). Alternatif jika tidak naik metro: jalan kaki. 

14:30 --- Keluar stasiun dari 12th Street Northwest, belok kiri ke arah Pennsylvania Ave Northwest, melewati gedung bersejarah Old Post Office Tower (1100 Pennsylvania Ave Northwest) dan ke Freedom Plaza (bukan shopping center juga ya, ini lapangan/taman terbuka). Pada musim semi/panas, banyak acara terbuka digelar disini. Di sekeliling plaza terdapat restoran/kafe, termasuk gerai Starbucks. 

14:45 --- Lanjut jalan ke 15th Street Northwest untuk ke lapangan Ellipse. Disisi kanan kiri lapangan terdapat mobil-toko (moko) yang berjualan suvenir dengan harga lebih murah. Bisa ditawar juga kalau beli banyak dan jika bayar tunai. Tetapi di moko ini tidak menjual suvenir khas museum Smithsonian. Waktu belanja suvenir: 20 menit. 

Di lapangan Ellipse ada Pohon Natal Nasional yang penyalaannya diresmikan Presiden AS setiap awal Desember. Pada saat itu, Pohon Natal Nasional akan dikelilingi pohon-pohon natal kecil dari seluruh negara bagian AS. 

15:10 --- Jalan ke sisi depan (Selatan) Gedung Putih. Jika sedang tidak dibarikade, dapat berfoto di luar pagar. 

Saat itinerary ini dibuat, tur masuk ke Gedung Putih ditiadakan untuk warga negara asing sejak masa Sekretaris Negara/Menteri Luar Negeri Hillary Clinton. 

15:30 --- Kembali ke 15th Street Northwest melewati William Sherman Monument. 

15:35 --- Menyusuri 15th Street Northwest melewati hotel megah bersejarah The Willard (1401 Pennsylvania Ave Northwest) dan Treasury Department (Departemen Keuangan), sampai ke pertigaan dengan New York Ave Northwest. Belok kiri ke Pennsylvania Ave Northwest. 

15:50 --- Sampai di sisi belakang (Utara) Gedung Putih. Jika sedang tidak dibarikade, dapat berfoto di luar pagar. 


16:05 -- Ke Lafayette Square (taman) di seberang Gedung Putih. Di tepi taman ini ada protes anti-nuklir yang berlangsung sejak 1981 oleh Conchita Picciotto. "Gubuk"nya dipindahkan hanya jika ada parade tahunan (yang dihadiri oleh Presiden dan keluarganya) di jalan ini. Membelakangi Gedung Putih, ambil jalan ke kiri taman, ke Connecticut Ave Northwest. 

16:20 --- Melalui Connecticut Ave Northwest, jalan ke Farragut Square (taman). Di sekeliling/dekat taman ini ada restoran/kafe, termasuk gerai Starbucks. 

16:30 --- Masuk stasiun Farragut North (jalur merah), naik metro ke stasiun Dupont Circle (1 stop). Alternatif jika tidak naik metro: berjalan kaki menyusuri Connecticut Ave Northwest, melewati gedung perkantoran dan pertokoan (Nine West, Victoria's Secret, dll) dan banyak restoran/kafe (alias banyak juga kesempatan bisa numpang ke toilet), juga bisa mampir ke Katedral St. Matthews the Apostle di Rhode Islands Ave Northwest. 

16:50 --- Dupont Circle. Jika cuaca baik, taman ini akan ramai dikunjungi di akhir minggu. Jika tadi naik metro ke stasiun Dupont Circle, ambil pintu keluar ke arah Q Street Northwest. 

16:55 --- Jalan ke 20th Street Northwest untuk ke Massachusetts Ave Northwest. Dekat dengan perempatan lampu lalu lintas, KBRI berada di 2020 Massachusetts Ave Northwest. Gedungnya megah dan bersejarah. Di seberangnya terdapat Hotel Embassy Row. 

Sepanjang jalan ini terdapat berbagai kedutaan besar. Setiap 2 kali Sabtu di awal bulan Mei, Pemda DC mengkoordinasi acara open house berbagai kedutaan besar dimana kita bisa ‘embassy-hopping’ seakan ‘berkeliling dunia’. Panitia juga akan menjual ‘paspor’ mainan dan kita bisa meminta cap dari masing- masing kedutaan yang berhasil kita kunjungi. KBRI rutin berpartisipasi dengan menampilkan keunikan budaya Indonesia. 

17:15 --- Selesai dari KBRI, kembali ke stasiun Dupont Circle (jalur merah). Naik kereta metro ke stasiun Gallery Place/Chinatown (3 stop). 

17:30 --- Keliling Chinatown yang kecil (hanya sekitar 2 blok), daerah ramai. Terdapat American Art Museum (dibawah manajemen Smithsonian, bisa juga kesini di pagi hari jika tertarik), toko-toko, restoran/kafe, bioskop, gedung olahraga dan pertunjukan Verizon Center. Pertandingan klub basket NBA Washington Wizards dan konser penyanyi ternama sering diadakan di gedung Verizon Center. 

18:00 --- Makan malam di Chinatown.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.