Ingin Daftar Work and Holiday Visa ? Perhatikan Beberapa Hal Berikut


I am super excited to live abroad. Inilah kesempatan yang begitu ingin aku rasakan, bekerja dan berlibur di Australia selama setahun (saat itu kesempatanya hanya setahun saja). Layaknya berpetualang ke Negara lain, aku tidak terlalu ribet dan khawatir dengan apa yang akan terjadi.
 

  1. Berapa lama proses mendapatkan visanya berapa lama?  
    1. In my case, I needed roughy 3 month.
  2. What are your obstacles? 
    1. Dalam mendapatkan visa aku sempat struggle dengan syarat harus memiliki jaminan bank Rp. 50 juta dan kemampuan Bahasa inggrisku, aku perlu 4 kali tes toefl (saat itu syarat toefl masih boleh) untuk mendapatkan skor yang cukup.
  3. Why did you wanna go to Australia? 
    1. Firstly, I wanna have live abroad experience. Aku pengen belajar banyak secara real dari perkajaan yang nanti aku dapatkan. Tentu saja gaji yang didapat juga sangat tinggi, meski itu bukan alasan utama tapi hal ini cukup jadi pertimbangan yang bagus.
  4. When did you go and where? 
    1. Aku pergi ke Darwin yang berada di Northern Territory Australia pada tanggal 10 Agustus 2015 dan setahun penuh aku habiskan di sana.
  5. Kenapa hanya di Darwin?
    1.  Persainganya tidak terlalu ketat, aku lebih suka kota biasa aja, rate gajinya cukup tinggi, kalau sulit dapat kerjaan bisa ke farm, ya aku pengen aja di Darwin. 
  6. - Bagaimana dengan akomodasi 
    1. Seperti layaknya backpacking ke Negara lain, kamu bisa membuat itinerary atau rencana perjalanan kamu selama di Australia yang mencakup akomodasi dan keperluan lainya. Akomodasi sendiri bisa mengandalkan hostel, apartement, sewa kamar, sewa rumah dan lainya.
    2. Link yang dapat digunakan untuk mencari informasi tersebut bisa di gumtree.com, hostelworld.com, hostelbooker.com, booking.com, airBnB.com dan lainya.
  7. - Apa yang harus diurus terlebih dahulu begitu tiba di Australia 
    1. Pertama. Tabungan Australia, bisa pilih beberapa bank yang menurutmu cocok dihati; commonwealth, NAB, Westpac dan lainya. Tanpa membawa uang sepeserpun bisa kok membuat buku tabungan. Kamu akan diberi sebuah card yang berisi nomor akun dan nomor atau id untuk mengakses tabunganmu melalui internet. Tidak ada buku tabungan seperti pada umumnya kamu dapatkan di Indonesia.
    2. Kedua. Nomor telpon di Ausi. Ada beberpa operator yang bisa digunakan ; Telstra, optus, vodavone, dan lainya. Nomor ini sangat penting, karena orang mudah menghubungi, terutama tentang pekerjaan.
    3. Ketiga. Tax file number atau nomor pajak. Untuk mendapatkan nomor ini kamu harus mendaftarkan diri di ATO (Australian Tax Office) dengan mendatangi kantornya atau websitenya. Nomornya akan dikirim ke rumah/tempat tinggal kita, kurang lebih semingguan.
  8. - Apakah mendapatkan kerja gampang?
    1. Tergantung dari kegigihan, tidak pilih-pilih kerjaan, tidak banyak mengeluh, dan keberuntungan. Umumnya pekerjaan yang banyak menerima para pemegang work and holiday visa adalah pekerjaan casual. Such as; cleaner, dish washer, kitchen hand, housekeeper, gardener, farmer, assistant chef, barista, tukang pijat dan lainya.
    2. Informasi pekerjaan paling update ada di website gumtree.com website ini akan memberikan inforamsi job vacancy yang tersedia di beberapa tempat. Kamu bisa mensetting atau mendapatkan informasi di sekitar area terdekat. 
    3. Cara lain adalah dengan cara mendatangi tempatnya secara langsung, misalnya dengan datang langsung ke restaurant. Selain itu bisa juga meminta informasi pekerjaan dari teman lain sesame pemegang WHV. 
  9. Apa yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan? 
    1. Gak usah ribet bawa semua dokumen yang kamu miliki. Yang perlu dibawa hanyalah selembar kertas yang berisi resume diri kita. Resume pun dibuat singkat, intinya berisi; nama, alamat di Australia, nomor telpon, dan email. Data tambahan lainya; background pendidikan, pengalaman bekerja (bisa asal-asalan), minat dan hobi, availability bekerja.
    2. Resume tersebut disa printed out ataupun berbentuk digital. Misalnya melamar pekerjaan di gumtree bisa dengan upload resume kamu nantinya.
  10. Apa saja yang harus aku bawa dari Indonesia untuk bekerja?
    1. Kalau mengenai pakaian, tempat bekerja akan memberikan baju atau seragam. Kalau tidak kita bisa bawa baju kaos hitam, celana bahan atau jeans. Sebagaian tempat kerja juga meminta pekerja menggunakan sepatu formal.
    2. Kalau aku ketika bekerja di sushi aku akan berdandan bagaikan chef, tidak boleh memakai jeans, kalau sepatu terserah tapi untuk kerja, aku lebih merekomendasikan sepatu sport, lebih nyaman di kaki.
    3. Kalau kerja di café pada siang hari, aku dikasih kaos polo. Sedangkan pekerjaan malam di restoran, karena dibelakang layar, aku bisa mengenakan baju apapun.
  11. How long had you been waiting the job since you arrived in Darwin?
    1. I recon 10 days. I got the kitchen hand job in the city centre at 21 café. That was super awesome place for me. I prayed that I wanna learn a lot and they taught me a lot about the job. Then I worked at some places in the day and night.
  12. Could you tell me?
    1. Pada bulan agustus aku dapat pekerjaan di café dari jam 9 sampai closing atau kadang diminta pulang pada siang hari kalau café sedang sepi, biasanya pada hari rabu atau kamis (gajinya flat). Bulan September aku mendapatkan pekerjaan malam di sebuah resort sebagai kitchen hand juga (I had been working here for almost 11 month). Desember aku resign dari café dan nyoba pergi ke farm, ternyata aku gak bisa kerja sebagai farmer, terlalu panas dan akhirnya aku kabur (Cuma sehari doing kerja). Desember aku mendapatkan kerja sebagai sushi chef, aku bekerja selama 7 bulan. Sejak desember pula aku mendapatkan pekerjaan malam baru, sehingga aku bekerja di dua tempat. Bulan maret bosku yang di café 21 memintaku untuk bekerja lagi, sayangnya aku hanya bisa bekerja saat libur kerja di sushi saja dan dia pun setuju. Akhirnya aku bekerja di 2 tempat untuk siang hari dan 2 tempat untuk malam hari dalam satu minggu.
    2. jangan lupa doakan penulisnya mas arip sehat selalu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.