12 Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Word and Holiday Visa Australia Terbaru


12 Pertanyaan yang Sering Diajukan Tentang Word and Holiday Visa Australia :

1. Gimana sih detailnya tentang work and holiday visa australia ?
menurut gue buka website imigrasi indonesia dan cari bagian rekomendasi visa bekerja dan berlibur. itu syarat dan semua tata caranya jelas banget.
kamu juga bisa baca-baca tulisan bloger Indonesia mengenai itu, kayaknya udah seabreg-abreg deh, bahkan ada beserta drama-dramanya saat berupaya mendapatkan visanya. kaya tulisan-tulisan gue yang alay.
jadi di grup gak usah nanya-nanya lagi hal dasar karena kalau kamu lakukan, artinya kamu adalah orang yang mengulang pertanyaan yang sama untuk kesekian kalinya. itu tuh bikin kurang asik aja bacanya.

2. Dimana tempat tes IELTS paling bagus ?
gue sih bersukur masih bisa pake TOEFL ITP waktu itu, bayarnya 350 rebu. tapi gue ngulang ampe 4 kali cuma buat dapatin 460 (gila sama aja mahal kaya tes Ielts ya). sayangnya sekarang kudu pake IELTS smua lagi. gue bakal galau dan mati berdiri kalau ngejar ielts. bahasa inggris gue banyak lupa. coba cari-cari di google yang lebih efektif mengenai Ielts ya!

3. Kalo gak punya temen atau koneksi di australia itu gimana ya?
tenang bro, setidaknya untuk awal-awal kamu taulah nama hostel yang ada di kota tersebut yang ratenya $25 permalam. kalau kaga tau ya buka dong kaya hostelbooker(Dot)com buat nyari tau harga hostel di seluruh dunia.
sepengalaman gue enaknya mandiri itu kita lebih leluasa, biaya penginapan hostel dengan rumah orang yang disewakan paling bedanya itu $20-50 perminggu. jadi kalau kaga ada kenalan atau gak nemun temen yang mau sekosan bareng. yaudah di hostel dulu aja. lagian berjuang untuk diri sendiri dan ketika itu berhasil, itu lebih enak dan bangga. gak usah takut juga, menurutku semuanya aman dan nyaman.

kalau kamu punya koneksi memang lebih enak, ada tempat awal-awal untuk beradaptasi juga lebih mudah dan nyaman. sekarang kan ada internet yang juga mempermudah, gali-gali informasi lah, seperti kamu mengirim pesan ke temen-temen whv yang udah di ausi dan tanya-tanya, bisa juga seperti itu.

4. Ada kerjaan apa di ausi, gue pengen dong, gue pengenya langsung kerja kalau bisa?
“kamu pikir aku bahagia, kamu pikir aku puas sama kamu mas?” eh salah.. mau ngomong “kamu pikir gue itu agen kerjaan.” hehehehehe ada sih beberapa orang yang berbaik hati memberikan informasi lowongan pekerjaan. tapi kadang ada dilemanya bro kalau kita dibantu orang itu, ya kaya ada lah hutang budi gitu. apalagi kalau kita gak bener kerjanya, kadang mungkin kita melakukan itu karena kurang cocok sama kerjaan, tapi kan orang yang bantuin kita mungkin berpikiran yang lain. jadi kadang mending berupaya sendiri dulu.

Sekalipun kamu gak punya temen yang mau atau bisa kamu andalkan, nyari kerja di ausi, khususnya di Darwin itu susah-susah gampang bro. katanya di beberapa territory lain lebih gampang. ya gimanapun tetep usahakan dulu semaksimal mungkin dari diri sendiri, baru nanti juga kalau udah ketemuan dan saling kenal di lokasi sama temen-temen lain, pasti pada saling kasih tau tentang kerjaan.
kaga usah ribet dan khawatir sebenarnya, asalkan kamu percaya diri sama kemampuan dan siap bekerja keras di bidang casual job, udah deh tinggal cus.

Siapkan CV dan kalau butuh print tinggal ke library. gue tau agak mahal ya selembar bisa 20 cent lah. tapi entar kalau dapat kerjaan segitu kaga mahal lah. karena di cv kan harus masukan nomor telpon australia yang kamu punya. makanya kadang meski kamu print dari indonesia dan mengkosongkan kolom nomor, tetep aja kamu pengen ngeprint ulang pas udah punya nomor telpon biar keliatan rapi di cv. 

Kamu bisa kunjungin restaurant atau toko-toko dan mendrop cv kamu atau mantengin gumtree.com untuk dapat info lowongan kerja, karena gue pun baru dapat kerjaan disitu setelah 10 hari mantengin web itu. info lowongan kadang kaya status facebook, karena biasanya orang-orang nyari pekerja diinfokan disitu. ya macam-macam lah di gumtree itu. ampe panci bekas aja bisa dijual disana.

5. Apa aja yang biasa anak whv alami pas awal-awal?
kayaknya ini hal normal yang banyak gue temui. jadi mendarat di ausi, pertama beli nomor ausi, bukan bank account. terserah deh mau bank apa aja. ngeprint cv dan nyebar cv, bikin tfn.

TFN dan ATM biasanya datang seminggu kemudian. nah kalau kamu beruntung dapat kerjaan di minggu pertama itu ya alhamdulillah. tapi kalau nggak ya jangan berkecil hati karena segala sesuatu yang kamu butuhkan juga paling nggak seminggu. biasanya perusahaan minta nomor akun bank sama TFN. sambil nunggu itu ya nyari-nyari kerjaan lagi deh.

6. Bahasa inggris gue ancur, gimana ya?
kamu pikir bahasa inggris gue bagus gitooooh (gaya anak abege alay). sekalipun inggris kamu payah, kamu bisa tunjukan dengan kualitas bekerja kamu ketika diterima. namun dengan bahasa inggris yang bagus ya kurang banyak bisa membantu. kaya gue inggrisnya berantakan, pasti susah jadi pelayan resto, makanya kerjaan gue itu tukang nyuci piring, nasib-nasib seperti seonggok daging didepan sink. hahahaha tapi kadang jadi lucu aja kalau bagi gue dengan bahasa yang amburadul.

gue kerja di cafe kan ya. lah bos gue demen-demen aja tuh, malah gue diminta balik lagi dan ampe bilang mau disporin (meski itu boongan, at least gue seneng dia puas sama apa yang gue kerjakan). terus gue juga diminta gardening sama manajer tuh cafe, kan lumayan dapat duit juga. padahal bahasa inggris gue payah banget deh.

7. Kerjaan apaan yang udah loe lakuin dan apa enaknya?
kerjaan yang boleh diambil adalah kerjaan casual. menurut gue Australia itu adil ya. anak-anak whv kebanyakan kerjanya ya di resto, farm, cleaning. kalau di supermarket, Mcd, KFC, atau sekelas sama casual lah cukup susah buat dimasukin oleh whv. kebanyakan orang ausinya yang bekerja di sana.

gue udah gardening. paling gue bisa bertahan 3-4 jam kalau cuaca panas. gila kaga nahan dah panasnya. bikin dada sesek dan gak enak aja. enaknya ya gue bisa dapat gaji cash, kaga dipotong pajak karena gue ngerjain rumah manajer gue.

Kitchen hand dari awal ampe sekarang terus-terusan nyuci piring, ngobok-ngobok air yang udah disgusting bentuknya, ngobel-ngobel lubang sink yang tersumbat daging dan kotoran makanan. beda-beda enaknya. kadang loe boleh ambil makanan kadang kaga boleh. kebanyakan kaga boleh makan makanan yang ada di tempat itu. kalau yang boleh bawa makanan, ya paling gue cuma khawatir ada babinya. tapi jelaslah ada, dari tempat penggorengan aja kan masak babi juga. ya namanya lapar dan kaga kuat iman, yaudahlah makan saja.


Sushi maker ini kerjaan gue sekarang kalau pagi ampe siang/sore dan malamnya kadang lanjut ke restoran lain jadi tukang cuci piring 3-4 jam. gue kalau kaga dapat kerjaan sushi ini mungkin gue bisa mati berdiri terus-terusan ngobokin air dan nyuci piring beserta temen-temenya yang sumpah nyebeling banget, bikin pengen gue lempar (kalau lagi kesel dan restoran sangat busy). gue kerja disini kaya berkarya membuat sesuatu,membuat presentasi sushi gue bagus, dan lainya. enaknya ya gue kaga nyentuh babi-babian deh, gajinya juga paling tinggi diantara gaji yang udah gue terima.

Tapi kalau kamu dapat kerja di restoran yang bisa makan atau icip-icip itu juga lumayan. bandingkang misalnya kamu kerja di restoran yang gak boleh icip-icip dapat $23 perjam, sedangkan yang boleh icip-icip ngasih $22 perjam.. kalau kerjanya sehari 7 jam misalnya bedanya cuma $7 sedangkan kalau kamu kerja di resto yang boleh icip-icip minum kue, ambil air minerl botol sama makan kue aja udah lebih dari $7 bro, belum lagi kalau break di dapur suka ngasih loe makan juga. ya tapi kadang orang mending milih duit sih.

Gue juga pernah kerja farm dan itu cuma sehari doang. drama banget dahk. itu gue gak kuat sama panasnya yang saat itu 39 derajat. ini menantang banget menurut gue dan kalau kamu mau coba wajib militer, mungkin kerja di farm bisa dijadikan tempat latihan yang bagus untuk mandiri dan berjuang keras. enaknya jam kerjanya teratur, setiap minggu pasti dapat jam yang sama.

8. Gimana hidup di ausi bareng temen-temen?
kebetulan beberapa bulan terakhir ini gue seneng di Darwin, udah banyak orang dan kita sering hang out. jadi dari awal kan gue kenal sama orang yang sudah menetap di Darwin dan gue tinggal di dia. sekarang pun gue masih tinggal di dia dan ada beberapa temen WHV yang sekosan bareng. ya serulah, setidaknya meski tiap hari ngomongnya indonesia terus dan makan ala indonesia pula ya sangat membantu mengisi kehidupan disaat jauh dari keluarga di tanah air.

Gue ngerasain gimana kita bisa share makanan, kerjaan, pengalaman bahkan ampe share vitamin dan minyak ikan. hahahahaha pokoknya serulah ampe ulang tahun gue yang biasanya cuma “krik-krik” dong alias sepi, menjadi berwarna. 

Pokoknya menurut gue jangan terlalu perhitungan banget lah, rezeki makin bertumpah ruah kalau saling berbagi. padahal kayaknya itu deh yang bikin tabungan gue cekak, kerja banting tulang kok duit gue sedikit. alamak!!!


Yang utama mungkin dari hidup bareng siapapun di ausi. at least bersiin apapun bekas konsumsi kamu atau tanggung jawabmu, biar hidup saling memberi kenyamanan.

10. Mesti kuliah ya buat dapatin whv, gue putus kuliah, inilah, itulah, bla-bla-bla?

“terus itu salah gue, salah temen-temen gue?” kalau kata yang ditivi-tivi. menurut gue gini aja sekarang, sebelum umur kamu 30 tahun kira-kira bisa ngejar 4 semester kuliah gak? abis itu cuti kuliah dulu setahun, nanti abis whvan lanjut lagi kuliah, tapi kayaknya lanjut kuliahnya di ausi deh. hahahahahahahahaha

11. Duit awal-awal ke ausi berapa ya?
gue cuma bawa $700 tapi gue dapat penginapan murah dan gue kerja serabutan juga buat nutupin biaya mingguan. jadi kalau kamu masih bingung mending gini aja. $1000 untuk sebulan kayaknya cukup deh. kan kamu juga bisa coba tuh couchsurfing . com website dimana kamu bisa nyari penginapan gratis di rumah-rumah traveler yang tersebar di seluruh negri. ya pokoknya carilah dengan apapun caranya biar bisa nekan biaya awal. sampe yakin dalam 2 minggu udah dapat kerja.

12. Pergaulan kerja gimana ya di Ausi?
gue ketemu banyak orang dari berbegai negara (tapi sebenarnya temen gue cuma satu, bintang laut berwarna pink yang rumahnya batu). macam-macamlah kebangsaan mereka. kalau gue ketemu orang dari berbagai negera ya gue ngomong semua yang gue tau ampe tektek bengek yang gue tau itu ditanyakan, bahkan ampe kata ini artinya apa ya, ini artinya apa ya? seolah gue keliatan tau banyak hal. apalagi sapa menyapa dalam bahasa mereka mah udah kudu khatam lah (itulah enaknya backpackeran sebelumnya, tau beberapa bahasa menyapa dan dasar-dasar). misalnya gue ketemu orang jepang, semua kartun jepang yang gue tau gue sebutin, bahkan ampe nyanyi soundtracknya, gila kaga. masa gue nyanyi-nyanyi lagu doraemon, pman ampe dragonball.

Giliran ketemu korea, gue malah lebih khatam nama-naman judul drama. “what the fuck are you man, are you boy or girl?” hahahahaha giliran ketemu orang india, udah deh gue ceritain perjalanan gue selama di india. dan banyak lainya.

Serulah biar loe akrab coba kalau tau temenmu dari negara A,B,C,D ya sapa atau kita belajar sedikit bahasa mereka. misal gue sama orang philipin, selamat = thanks, patawad = sorry, pogi = ganteng, kuya = brother, ateu = sister. yah yang begitu-begitulah, biar mereka juga seneng dan ya apalagi kalau lupa nama.

Paling gilanya lagi kalau kerja itu kebanyakan ngomongin sex, apa-apa kadang dikaitkan dengan sex. apalagi otak gue yang dirty kadang membuat gue banyak ngebanyol juga. serulah pokoknya.

segila apapun kerja dimanapun, ya enjoy aja pokoknya. gue seneng bisa dapat pengalaman itu. niat gue belajar, bahkan dari mereka gue melihat dan merasakan gimana bekerja pada posisi itu.


jangan lupa doakan penulisnya mas arip sehat selalu

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.